uefau17.com

Doa Niat Wudhu dan Sesudah Wudhu, Ketahui Keutamaannya Berdasar Sabda Rasul - Hot

, Jakarta Bacaan doa niat wudhu dan sesudah wudhu merupakan bacaan yang penting untuk diketahui dan dihafal bagi setiap muslim. Sebab salah satu kewajiban setiap muslim adalah shalat lima waktu, dan salah satu syarat sah shalat adalah suci dari hadas besar dan hadas kecil.

Untuk dapat menghilangkan hadas kecil caranya adalah dengan berwudhu. Sedangkan salah satu rukun wudhu adalah berniat. Sebab niat adalah hal yang membedakan suatu ibadah dengan jenis ibadah lainnya.

Karena itulah, mengetahui dan menghafalkan doa niat wudhu dan sesudah wudhu adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebab meninggalkan salah satu rukun, makan suatu ibadah akan menjadi tidak sah.

Lalu bagaimana bacaan doa niat wudhu dan sesudah wudhu? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Niat Wudhu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengetahui dan menghafalkan doa niat wudhu dan sesudah wudhu adalah penting bagi setiap muslim. Sebab jika kita tidak membaca doa niat wudhu, maka wudhu kita akan menjadi tidak sah, sebab niat merupakan salah satu rukun dari wudhu, termasuk ibadah lainnya.

Niat yang membedakan suatu amal perbuatan dinilai ibadah atau tidak. Niat pula yang membedakan suatu ibadah dengan ibadah lainnya.

Adapun bacaan doa niat wudhu adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat berwudhuuntuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Sesudah Wudhu

Mengetahui bacaan doa niat wudhu dan sesudah wudhu tentu sangat baik bagi setiap muslim. Berbeda dari doa niat wudhu yang wajib dibaca karena merupakan bagian dari rukun wudhu, doa sesudah wudhu merupakan salah satu dari sunnah wudhu. Jadi, meski tidak dibaca, tidak akan membatalkan wudhu atau membuat wudhu menjadi tidak sah.

Akan tetapi, amat disayangkan jika harus melewatkan doa sesudah wudhu. Sebab doa sesudah wudhu memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa.

Sebenarnya ada beberapa macam bacaan doa sesudah wudhu, mulai dari yang panjang dari yang paling pendek. Berikut adalah bacaan doa setelah wudhu dan artinya,

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ

Asyhadu al lâ ilâha illaLlâh wahdahu lâ syarîka lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluhu. Allahumma ij’alni minat tawwâbîna waj’alni minal mutathahhirîn. Subhânaka Allâhumma wa bihamdika asyhadu al lâ ilâha illa Anta astaghfiruka wa atûbu ilaik. Wa shallaLlâhu ‘ala sayyidina Muhammad wa `âli Muhammad.

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Mahasuci engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Engkau, aku meminta ampunan pada-Mu, dan bertaubat pada-Mu. Semoga berkah rahmat Allah senantiasa terlimpahkan pada nabi Muhammad dan keluarganya.”

Selain itu, kita juga bisa membaca doa setelah wudhu dan artinya yang lain, jika doa sebelumnya terasa begitu sulit untuk dihafalkan. Adapun bacaan doa setelah wudhu dan artinya yang lebih singkat adalah sebagai berikut,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluh. Allaahummaj’alnii mina-t-tawwaabiina waj’alnii minal mutathahhiriin

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.

Adapun dalam hadits lain terdapat juga doa sehabis wudhu yang lebih singkat, bacaannya sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluh

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-Nya.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Doa Sesudah Wudhu

Mengetahui doa niat wudhu dan sesudah wudhu memang sangat penting bagi setiap muslim, meski hanya niat wudhu saja yang wajib dilakukan. Sebab doa sesudah wudhu merupakan salah satu sunnah wudhu. Jadi, meski tidak membaca doa sesudah wudhu, wudhu akan tetap sah.

Namun penting untuk dipahami bahwa membaca doa sesudah wudhu merupakan sunnah yang diutamakan. entu bukan tanpa alasan mengapa membaca doa setelah wudhu dan artinya menjadi diutamakan. Sebab, memang doa setelah wudhu memang memiliki keutamaan yang luar biasa.

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu surga yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi; hadits shahih)

Dan hadits lainnya menjelaskan tentang doa habis wudhu yang lebih singkat. Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأَ فَيَسْبِغُ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةَ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya’ kecuali dibukalah delapan pintu surga untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad)

Berdasarkan kedua hadits tersebut, dapat diketahui bahwa keutamaan membaca doa sehabis wudhu adalah dibukakan delapan pintu surga, di mana kita bisa masuk dari mana saja. Maka, meski membaca doa sesudah wudhu tidak wajib, kita sebaiknya tetap membaca doa sesudah wudhu karena keutamaannya yang luar biasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat