uefau17.com

7 Ciri-Ciri Penyakit Maag Kronis, Ketahui Tips Meredakannya - Hot

, Jakarta Mulai kenali ciri-ciri penyakit maag kronis agar penanganan tepat bisa segera dilakukan. Penyakit maag kronis muncul karena peradangan pada lapisan lambung yang terjadi menahun. Tak hanya lansia, kondisi ini bisa terjadi pada berbagai kalangan usia.

Ciri-ciri penyakit maag kronis ini bagi beberapa orang mungkin akan sulit dikenali. Mulai dari cepat kenyang, kembung, nafsu makan menurun, sering bersendawa, dan masih banyak lagi lainnya. Membiarkannya terlalu lama tentu akan membawa petaka.

Untuk itu perhatikan ciri-ciri penyakit maag kronis. Jika dirasa mengalami, mulai lakukan pemeriksaan dan hindari pemicunya. Hindari konsumsi makanan pedas, asam, dan minuman berkarbonasi. Terapkan juga pola hidup sehat sebagai penunjangnya.

Berikut ulas ciri-ciri penyakit maag kronis dari berbagai sumber, Senin (2/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mudah Kenyang dan Nafsu Makan Menurun

Mudah Kenyang

Jangan disepelekan, mudah kenyang bukan pertanda baik meski bisa mencegah makan berlebihan. Mudah kenyang adalah ciri-ciri penyakit maag kronis. Maag kronis yang satu ini biasanya disebabkan penyakit gastritis yang semakin parah.

Perasaan kenyang yang muncul bukan karena makanan yang dikonsumsi. Melainkan dari asam lambung yang terus naik dan membuat lambung terasa penuh. Jika hal ini terus terjadi, berat badan bisa turun drastis dan bikin penderitanya kekurangan nutrisi.

Nafsu Makan Menurun

Ciri-ciri penyakit maag kronis selanjutnya adalah nafsu makan yang menurun. Nafsu makan yang menurun biasanya timbul karena perut terasa begah. Lalu asam lambung yang naik dan menyebabkan lambung terasa penuh.

Pada kondisi seperti ini, makan banyak rasanya akan sulit dilakukan. Meski sebenarnya perut belum benar-benar merasa kenyang. Alhasil berat badan akan turun dan nutrisi tubuh terus berkurang.

3 dari 7 halaman

Sakit Perut Bagian Atas

Mengalami sakit perut bagian atas adalah salah satu ciri-ciri penyakit maag kronis. Sakitanya benar-benar hanya pada bagian atas dan tidak menyebar pada seluruh bagian perut. Sakitnya akan lebih terasa ketika ditekan.

Sakit perut bagian atas terjadi karena lambung sedang meradang. Ketika ditekan, perasaan begah akan muncul. Pemeriksaan dengan menekan bagian atas dilakukan karena lambung berada di sana. Beberapa penderita ada yang merasakannya sampai ulu hati.

4 dari 7 halaman

Mual dan Muntah

Mengalami perut yang terasa mual dan muntah harus diwaspadai. Kondisi perut yang seperti ini adalah ciri-ciri penyakit maag kronis. Tentu saja harus segera ditangani agar komplikasi tidak terjadi.

Mual dan muntah adalah salah satu tanda masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. perasaan seperti ini akan muncul setelah makan, terlalu lama berdiri, minuman karbonasi, makan asam, dan pedas.

Untuk mengatasi mual dan muntah yang terjadi berulang, perhatikan teknik makannya juga. Jangan terlalu cepat dan terlalu banyak sampai kekenyangan. Selain itu, lakukan juga pemeriksaan untuk mendapat penanganan lebih tepat.

5 dari 7 halaman

Nyeri Perut Setelah Makan

Tak hanya merasa lebih cepat kenyang. Ciri-ciri penyakit maag kronis timbulkan nyeri perut setelah makan. Mirip dengan nyeri perut yang muncul secara tiba-tiba. Biasanya terletak dibagian atas perut di posisi lambung.

Kondisi seperti ini berkaitan dengan masalah asam lambung yang naik. Asam lambung akan membuat lambung terasa penuh. Biasanya makan sedikit saja akan membuat perut kekenyangan dan timbullah perasaan nyeri setelahnya.

Untuk bisa mengatasi, pastikan tidak terlambat makan. Porsinya juga secukupnya saja. Lebih baik sedikit demi sedikit daripada langsung banyak. Agar asam lambung tidak naik, hindari makanan dan minuman pemicunya.

6 dari 7 halaman

Perut Kembung dan Sering Sendawa

Perut Kembung

Perut akan lebih sering terasa kembung ketika seseorang mengalami maag kronis. Kondisi ini terjadi karena ada penumpukan gas di lambung dan perut. Pemicu awalnya adalah gastritis.

Ciri-ciri penyakit maag kronis akan dirasakan bagi penderita gastritis. Gas muncul karena peningkatan asam lambung yang terus terjadi karenanya. Untuk menghindari terjadinya penumpukan gas, hindari pemicu asam lambung naik.

Mulai biasakan menerapkan gaya hidup sehat. Konsumsi makanan sehat dan bergizi. Lakukan olahraga sesekali. Perbanyak minum air putih dan batasi konsumsi makanan pemicu asam lambung naik. Lakukan pemeriksaan jika perlu.

Sering Bersendawa

Bersendawa memang lumrah dialami ketika merasa kenyang. Berbeda kondisi ketika sendawa sering terjadi meski tidak merasa kenyang. Ciri-ciri penyakit maag kronis ini muncul karena perut kebanyakan gas dan kembung.

Sendawa dan kentut adalah cara tubuh mengeluarkan gas yang menumpuk di perut. Bisa bersendawa memang cukup melegakan, tetapi jika harus terus terjadi sudah pasti bikin enggak nyaman.

Hindari pemicu pembentukan gas dalam perut agar sendawa tidak terus terjadi. Misalnya saja seperti konsumsi minuman berkarbonasi. Lalu makanan pedas dan asam yang bisa menyebabkan asam lambung naik.

7 dari 7 halaman

Buah Pereda Maag Kronis

Pisang

Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya yang lembut. Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan ph di dalam lambung. Kandungan potasium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stress. Tapi ada beberapa kasus justru dapat memperburuk, karena tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati oleh pisang. Jika sudah mencoba dan ternyata gagal sebaiknya segera dihentikan.

Pepaya

Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang meningkatkan sistem pencernaan. Walaupun rasanya asam, namun buah ini sangat bersahabat dengan penderita maag. Itu karena kandungan asam asetat dan asam askorbatnya yang bisa berfungsi sebagai obat penyakit lambung.

Mangga

Selain mempunyai rasa yang enak dan manis, mangga juga merupakan buah sehat yang kaya akan nutrisi dan juga merupakan anti oksidan dan anti inflamasi/peradangan alami. Mengonsumsi buah mangga menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.

Kelapa

Air kelapa terdiri dari banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroxidase, dan RNA polimerase. Secara keseluruhan enzim ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Air kelapa merupakan obat alami yang efektif untuk mengendalikan intensitas refluks asam yang bisa memicu penyakit maag. Minum air kelapa secara rutin bisa mencegah masalah pada lambung yang memicu tarjadinya sakit maag

Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini banyak mengandung citrulline asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Anomia berguna dalam menjaga tingkat asam dalam tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat