uefau17.com

Pengertian Demografi adalah Ilmu Tentang Kependudukan, Begini Penjelasan Para Ahli - Hot

, Jakarta Pengertian demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk. Memahami demografi adalah bagian dari ilmu geografi. Fenomena demografi adalah dipengaruhi kelahiran, kematian, dan migrasi.

Dalam buku berjudul Elements de Statistique Humaine, ou Demographie Comparee oleh Achille Guilard, secara etimologi istilah demografi berasal dari kata “demos” yang berarti penduduk dan “grafein” yang berarti gambaran.

Hal yang sama dipaparkan dalam modul berjudul Pengantar Demografi oleh Sonny Harry B. Harmadi., Ph.D, mengutip dari Daivid V. Glass pengertian demografi adalah terbatas pada studi penduduk sebagai akibat pengaruh dari proses demografi yaitu fertilitas, mortalitas, dan migrasi.

“Pengertian demografi adalah studi tentang penduduk yang dilihat dari ukuran (jumlah), struktur atau komposisi,” dijelaskan.

Berikut ulas lebih mendalam tentang demografi, pengertian demografi menurut para ahli, tujuan, dan manfaatnya, Selasa (8/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Demografi

Memahami demografi adalah bagian dari ilmu geografi. Multilingual Demographic Dictionary 1982 menjelaskan pengertian demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk (suatu wilayah) terutama mengenai jumlah, struktur (komposisi penduduk) dan perkembangannya (perubahannya).

Dalam buku berjudul Elements de Statistique Humaine, ou Demographie Comparee oleh Achille Guilard, secara etimologi istilah demografi berasal dari kata “demos” yang berarti penduduk dan “grafein” yang berarti gambaran.

“Jadi pengertian demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk atau manusia terutama tentang kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk yang terjadi,” dijelaskan.

Pemerintah Kota Banda Aceh dalam keterangan tertulis yang dilansir dari laman website resminya, menjelaskan demografi adalah nama lain dari kependudukan. Pengertian demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia, merujuk pada masyarakat secara keseluruhan.

“Demografi adalah meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan,” dijelaskan.

Memahami demografi adalah ilmu tentang kependudukan yang perubahannya dipengaruhi kelahiran, kematian, dan migrasi. Dalam modul berjudul Pengantar Demografi oleh Sonny Harry B. Harmadi., Ph.D, mengutip dari Daivid V. Glass pengertian demografi adalah terbatas pada studi penduduk sebagai akibat pengaruh dari proses demografi yaitu fertilitas, mortalitas, dan migrasi.

“Pengertian demografi adalah studi tentang penduduk yang dilihat dari ukuran (jumlah), struktur atau komposisi, persebaran ke ruangan serta faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah, struktur dan persebaran penduduk yaitu fertilitas, mortalitas, dan migrasi di suatu wilayah tertentu,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Demografi Menurut Philip M Hauser dan Duddley Duncan

Pengertian demografi adalah ilmu pengerathuan yang menjelaskan tentang ukuran penduduk, struktur penduduk, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap hari-harinya akibat adanya kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.

2. Pengertian Demografi Menurut Johan Susczmilch

Pengertian demografi adalah sistem ilmu pengetahuan yang senantisa menjelasan terkait dengan perubahan sosial yang mencangkup kematian dan kelahiran. Sehingga atas dasar inilah setidaknya spesifikasi pengetahuan ini dikenal dengan hukum ilahi.

3. Pengertian Demografi Menurut United Nations Multilingual Demographic

Pengertian demografi adalah studi ilmiah keilmuan yang menjelaskan tentang sistem kependudukan, terutama yang terkait dengan jumlah penduduk, struktur, serta perkembangannya dalam suatu wilayah tertentu. Yang mencangkup angkatan kerja, jumlah pengangguran, dan lainnya.

4. Pengertian Demografi Menurut George W. Barclay

Pengertian demografi adalah suatu cabang ilmu yang menggambarkan penduduk di suatu daerah dalam bentuk statistika. Selain itu, demografi juga mempelajari bagaimana tingkah laku penduduk secara keseluruhan.

5. Pengertian Demografi Menurut Achille Guillard

Pengertian demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan dan sikap manusia yang dapat diukur, yaitu meliputi perubahan secara umum, fisiknya, peradabannya, intelektualitasnya, dan kondisi moralnya.

6. Pengertian Demografi Menurut David V. Glass

Pengertian demografi adalah suatu studi penduduk sebagai akibat pengaruh dari proses demografi, yaitu fertilitas, mortalitas, dan migrasi.

7. Pengertian Demografi Menurut Hawthorn

Pengertian demografi adalah studi tentang interaksi tingkat perkembangan dari 3 komponen (kelahiran, kematian dan migrasi) dan studi tentang dampak dari perubahan komposisi dan perkembangan dari penduduk.

8. Pengertian Demografi Menurut Boque

Pengertian demografi adalah ilmu statistik dan matematika yang mempelajari ukuran, komposisi dan persebaran penduduk serta perubahannya pada suatu kurun waktu melalui proses fertilitas, mortalitas, perkawinan, migrasi serta perubahan penduduk

9. Pengertian Demografi Menurut Donald J. Boague 

Pengertian demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistik dan matematik tentang besaran, komposisi dan distribusi penduduk dan perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya lima komponen demografi yaitu kelahiran, kematian, perkawinan, migrasi, dan mobilitas sosial.

10. Pengertian Demografi Menurut PBB 1958

Pengertian demografi adalah studi ilmiah terhadap populasi manusia, terutama terhadap jumlah, struktur, dan perkembangannya. Masalah demografi lebih ditekankan pada perubahan dinamika kependudukan karena pengaruh perubahan fertilitas, mortalitas dan migrasi.

11. Pengertian Demografi Menurut Pressat

Pengertian demografi adalah studi tentang populasi manusia dalam hubungannya dengan perubahan yang terjadi akibat kelahiran, kematian, dan migrasi.

4 dari 4 halaman

Tujuan dan Manfaat Demografi

Demografi adalah ilmu yang mempelajari struktur (jumlah, penyebaran, dan komposisi) dan proses penduduk di sutu wilayah.

Dalam arti yang lebih luas dijelaskan dalam modul berjudul Konsep Dasar Demografi yang dipublikasikan Universitas Sebelas Maret, pengertian demografi adalah sifat-sifat dari kelompok etnik, kelompok sosial, sifat-sifat ekonomi penduduk atau kelompok masyarakat.

“Demografi bukan lagi single theoretical discipline, tetapi lebih menyerupai interdisciplinary scince,” dijelaskan.

Dijelaskan lebih lanjut, berikut ini penjelasan tujuan dan manfaat demografi.

Tujuan Demografi:

1. Mempelajari kuantitas & distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.

2. Menjelaskan pertumbuhan masa lampau, penurunan dan persebaran dengan sebaik-baiknya dengan data yang tersedia.

3. Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial.

4. Meramalkan pertumbuhan penduduk di masa datang dan kemungkinan konsekuensinya.

Manfaat Demografi:

Berperanan penting dalam perencanaan pembangunan, makin lengkap dan akurat data kependudukan yang tersedia makin mudah dan tepat rencana pembangunan dibuat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat