uefau17.com

8 Makanan yang Dapat Mempertajam Pendengaran, Perhatikan Nutrisi - Hot

, Jakarta Makanan yang dapat mempertajam pendengaran dapat kamu konsumsi untuk mendukung kesehatan telinga. Berbagai buah-buahan, sayur-sayruan, hingga beberapa jenis makanan yang baik untuk pendengaran bisa kamu konsumsi secara rutin.

Berkurangnya pendengaran disini bukanlah tuli, melainkan ketajaman pendengaran yang sedikit demi sedikit akan melemah fungsinya seiring berkembangnya usia. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengunsumsi beberapa makanan yang dapat mempertajam pendengaran.

Makanan yang dapat mempertajam pendengaran dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Berbagai kandungan seperti kalium, folat, magnesium, zinc, mangan, vitamin D, vitamin B12, hingga omega-3 dapat meningkatkan fungsi pendengaran.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020) tentang makanan yang dapat mempertajam pendengaran.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ikan Salmon dan Brokoli

Ikan Salmon

Makanan yang dapat mempertajam pendengaran terdiri dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya, salah satunya adalah ikan salmon. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon dapat memperkuat aliran darah yang ada di sistem sensor pendengaran.

Selain itu, ikan salmon juga dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran karena bertambahnya usia. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi ikan dua kali seminggu, peluang pendengarannya terganggu akan lebih rendah 42 persen.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan yang dapat mempertajam pendengaran. Brokoli bisa membantu mempertajam pendengaran karena mengandung Antioksidan yang berbentuk Asam Folat, mengonsumsi brokoli bisa mengurangi resiko pendengaran hingga 20 persen.

Seseorang yang kekurangan asupan asam folat dalam darah akan lebih berpeluang mengalami presbycusis, yaitu gangguan pendengaran karena faktor usia. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk penguraian homocysteine, komponen penyebab inflamasi yang menghambat sirkulasi. Sirkulasi yang baik sangat penting untuk menjaga sel-sel rambut telinga bagian dalam agar sehat dan berfungsi dengan baik.

 

3 dari 5 halaman

Pisang dan Jeruk

Pisang

Makanan yang dapat mempertajam pendengaran selanjutnya adalah pisang. Hal ini berkaitan dengan kandungan kalium dalam pisang yang melimpah. Kalium berperan dalam mengatur jumlah cairan dalam darah dan jaringan tubuh, salah satunya pada telinga bagian dalam. Senyawa ini dibutuhkan untuk memproses suara menjadi impuls saraf yang dikirim ke otak.

Kadar kalium dalam telinga turun seiring bertambahnya usia, sehingga dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Dengan mengonsumsi pisang, dapat membantu menjaga persediaan dan keseimbangan kalium di telinga bagian dalam, membuat pendengaran tetap tajam.

Selain itu, pisang juga mempunyai kandungan Magnesium yang dapat memberikan perlindungan untuk melindungi sel sel halus pada telinga dalam, berkat perlindungan tersebut mengonsumsi buah pisang juga bisa melawan efek radikal bebas yang dipancarkan dari suara keras.

Jeruk

Jeruk merupakan makanan yang dapat mempertajam pendengaran yang juga menyehatkan tubuh. Vitamin C dan E pada buah ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan ekstrem, selain itu jeruk juga bisa menjaga telinga dari infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan kandungan vitamin C dan E, jeruk akan memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan risiko infeksi telinga. Sebuah uji kasus yang diterapkan pada hewan menunjukkan, memberikan asupan vitamin A, C, dan E sebelum terpapar suara kencang dapat membantu mencegah kerusakan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

4 dari 5 halaman

Dark Chocolate dan Kacang Mede

Dark Chocolate

Dark Chocolate adalah salah satu makanan yang dapat mempertajam pendengaran. Dark chocolate meurpakan sumber makanan kaya zinc, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan membantu melawan infeksi telinga.

Kacang Mede

Masih berkaitan dengan kandungan zinc, kacang mede termasuk ke dalam makanan yang dapat mempertajam pendengaran. Asupan zinc pada kacang mede dapat mengatasi kuman dan virus yang menyebabkan infeksi telinga. Kacang satu ini mengandung zinc sebesar 28 gram per ons, dan dapat memenuhi 15 persen dari kebutuhan harian tubuh.

 

5 dari 5 halaman

Jamur dan Kentang

Jamur

Tanpa asupan vitamin D yang cukup, tulang telinga dapat melunak dan melemah, sehingga mempengaruhi ketajaman pendengaran. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang dapat mempertajam pendengaran, salah satunya jamur yang memiliki kandungan vitamin D. Jamur adalah satu-satunya tanaman yang menjadi sumber vitamin D. Beberapa jenis jamur, seperti jamur maitake, dapat memenuhi 300 persen kebutuhan vitamin D harian.

Kentang

Kentang merupakan makanan yang dapat mempertajam pendengaran karena kandungan magnesiumnya. Orang-orang yang rutin mengonsumsi magnesium akan terlindungi dari gangguan pendengaran.

Senyawa ini dipercaya dapat melawan efek radikal bebas yang disebabkan oleh suara keras pada telinga bagian dalam. Dengan mengonsumsi kentang secara rutin, aliran darah akan terhindar dari penyusutan akibat kekurangan oksigen.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat