uefau17.com

Cara Membuat Henna Bubuk Alami dan Penggunaannya yang Aman - Hot

, Jakarta Cara membuat henna bubuk bisa dilakukan sendiri di rumah. Henna merupakan sejenis tato tidak permanen yang terbuat dari bahan alami. Cara membuat henna bubuk telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu oleh orang India hingga Timur Tengah.

Henna biasa digunakan untuk melukis bagian tubuh seperti tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Henna juga digunakan untuk mewarnai kuku dan rambut. Cara membuat henna bubuk dilakukan dengan mengolah daun inai atau Lawsonia Inermis yang banyak tumbuh di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Australia.

Daun inai atau daun pacar dikeringkan dan dihaluskan hingga membentuk bubuk. Bubuk ini nantinya dicampur dengan air atau minyak agar dapat membentuk pasta. Kini bubuk henna dapat dengan mudah ditemukan. Kamu tak perlu memikirkan bagaimana cara membuat henna bubuk sendiri.

Namun, bagi kamu yang ingin tahu cara membuat henna bubuk sendiri, kamu bisa mencobanya di rumah. Cara membuat henna bubuk juga bisa menghindari penggunaan henna dengan tambahan zat kimia yang merugikan. Berikut cara membuat henna bubuk yang berhasil rangkum dari berbagai sumber, Kamis(13/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Memilih daun inai

Cara membuat henna bubuk yang pertama adalah memilih daun inai yang baik. Pilihlah daun inai yang masih segar. Kamu bisa menanam daun inai atau daun pacar di rumah agar lebih mudah mendapatkannya. Tanaman henna merupakan tanaman semak yang memiliki tinggi 1,8 hingga 7,6 m.

Sekilas tanaman inai mirip dengan kemuning. Jadi pastikan tidak salah memilih bibit tumbuhan ini. Pilihlah daun inai yang benar-benar segar dan petiklah dengan hati-hati.

3 dari 7 halaman

Cara membuat henna bubuk

Pisahkan batang dan daun

Setelah memetik daun inai yang segar, tempatkan pada wadah kering. Pisahkan daun inai dari batangnya. Bagian yang dikeringkan nantinya hanya bagian daun inai.

Keringkan daun inai

Setelah daun terpisah dari batang, cara membuat henna bubuk adalah mengeringkannya. Tempatkan daun inai pada wadah melebar, lalu jemur pada sinar matahari hingga kering. Tanda daun inai yang benar-benar kering adalah daun akan bertekstur renyah dan mudah hancur.

Pisahkan daun dari tulang daun

Setelah benar-benar kering, pisahkan daun dari tulangnya. Ini berguna agar proses penghalusan menjadi lebih mudah. Pisahkan dengan cara meremas daun hingga menyisakan tulangnya.

4 dari 7 halaman

Cara membuat henna bubuk

Menghaluskan daun

Ada beberapa cara untuk menghaluskan daun inai menjadi bubuk. Kamu bisa menggunakan cara tradisonal dengan menguleknya dengan cobek. Pastikan daun dan alat menumbuk benar-benar kering. Masukkan daun sedikit demi sedikit lalu tumbuk hingga halus. Cara ini mungkin tidak bisa menghasilkan bubuk henna yang benar-benar halus.

Cara lainnya untuk menghasilkan bubuk henna yang lebih halus adalah dengan menggunakan mesin. Kamu bisa menggunakan blender khusus bumbu kering untuk menghaluskannya. Atau kamu bisa menggunakan mesin penghalus yang biasa digunakan untuk selep bubuk.

Mengayak daun

Setelah menghaluskan daun, kamu masih perlu mengayaknya lagi untuk mendapatkan bubuk yang benar-benar halus. Ini membuat bubuk henna menjadi mudah dibentuk pasta dan digunakan untuk melukis atau mewarnai tubuh.

Kamu bisa mengayak bubuk henna ini menggunakan saringa atau kain berpori. Setelah didapat bubuk halus, henna siap digunakan.

5 dari 7 halaman

Cara menggunakan henna alami

Henna dengan air lemon

Cara Membuat :

1. Siapkan bubuk henna

2. Beri sedikit perasan lemon atau jeruk nipis

3. Aduk kedua bahan tersebut sampai lembut

4. Masukkan gula pasir sebanyak 1,5 sendok teh

5. Diamkan sebentar lalu siap di gunakan

Henna dengan Cengkeh

Bahan :

Bubuk henna

Air lemon

1/4 cangkir cengkeh

1 sdm gula pasir

Cara Membuat :

1. Masukkan air lemon dan cengkeh kemudian masak sampai mendidih

2. Setelah itu, dinginkan dan tambahkan bubuk henna serta gula

3. Setelah dingin henna sudah siap di pakai

6 dari 7 halaman

Cara menggunakan henna alami

Henna dengan minyak esensial

Minyak esensial berfungsi sebagai pelarut dalam pasta dan membantu molekul pewarna lebih melekat pada keratin di kulit. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah minyak lavender, Tea Tree, dan Eucalyptus. Berikut caranya:

1. Masukkan 1 sendok makan bubuk henna pada wadah bersih.

2. Tambahkan minyak esensial secukupnya hingga henna berbentuk pasta.

3. Diamkan kurang lebih 6 jam hingga henna siap digunakan.

Henna dengan bubuk gula

Bahan :

500 gr bubuk henna

2 sdt bubuk gula

Air lemon

Cara Membuat :

1. Campur bubuk henna dan gula halus ke dalam mangkuk

2. Campurkan air lemon secara bertahan sampai menjadi adonan kental

3. Diamkan selama kurang lebih 2 jam baru bisa di gunakan

7 dari 7 halaman

Cara menggunakan henna untuk rambut

Bahan:

1/2 cangkir bubuk henna

1/4 gelas air hangat

Sarung tangan

Minyak kelapa

Sikat aplikator

Shower cap

Cara menggunakan:

1. Campur bubuk henna dan air dalam mangkuk kaca sampai mendapatkan konsistensi yang kental, halus, dan menyebar.

2. Sisihkan selama 12 jam agar warnanya berkembang. Jika tidak ingin warnanya berkembang, kamu bisa mulai mengoleskan campuran tersebut ke rambut.

3. Oleskan sedikit minyak kelapa ke garis rambut, telinga, dan leher agar terlindung dari warna.

4. Gunakan sarung tangan dan mulai oleskan campuran ke rambut dengan sikat aplikator. Mulailah dari akar hingga ujung rambut.

5. Setelah semua rambut tertutup dalam campuran henna, tutupi kepala dengan shower cap dan tunggu selama beberapa jam.

6. Bilas pacar dari rambut dengan sampo. Lewati kondisioner dan biarkan rambut mengering.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat