uefau17.com

Apa itu Spoiler? Pahami Pengertiannya Beserta Istilah Gaul Bahasa Inggris Lainnya - Hot

, Jakarta Apa itu spoiler mungkin sudah tidak jarang kamu dengar sekarang ini. Istilah dari bahasa Inggris ini sudah umum dipakai oleh orang Indonesia, tertuama oleh anak muda di media sosial. Namun, sebagian orang mungkin masih belum memahami istilah satu ini.

Kata spoiler biasanya muncul setelah seseorang menonton film ataupun membaca buku. Kamu tentunya tidak jarang mendengarkan kalimat “jangan spoiler!”, setelah menonton film yang baru tayang atau novel yang baru terbit.

Apa itu spoiler kerap dikaitkan dengan beberan atau bocoran. Maksudnya, orang, tulisan, ataupun video menceritakan tentang jalan cerita dari film maupun bacaan kepada seseorang yang belum menonton atau membacanya.

Untuk memahami apa itu spoiler hingga dampaknya, kamu bisa mempelajarinya dari penjelasan di bawah ini. Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/1/2022) tentang apa itu spoiler.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu Spoiler?

Apa itu spoiler menjadi perhatian banyak orang sekarang ini. Apalagi dengan penggunaan media dan internet yang semakin meluas dan sudah menjadi kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Apa itu spoiler menjadi semakin penting untuk dipahami.

Spoiler adalah kata dalam bahasa Inggris yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna beberan atau bocoran. Apa itu spoiler dikenal juga sebagai tulisan atau keterangan mengenai suatu cerita, yang membeberkan jalan cerita tersebut. Sederhananya, kamu mungkin memahami apa itu spoiler dengan makna membeberkan isi cerita (film, novel, dan lain-lain) kepada orang lain (terutama pada orang yang belum tahu isi cerita tersebut).

Apa itu spoiler dikenal juga sebagai label yang diberikan kepada orang yang suka membocorkan jalan cerita dari sebuah film, buku, musik, atau serial tv yang baru muncul dan banyak dinantikan publik. Cara spoiler tidak hanya dengan menceritakan secara lisan saja, namun juga dapat berupa rekaman video hingga dalam tulisan.

Membaca spoiler atau beberan dari suatu cerita dapat menyebabkan berkurangnya kesenangan membaca cerita itu nantinya, karena kesenangan membaca sebuah cerita biasanya tergantung kepada dramatisasi atau ketegangan yang ditimbulkan oleh cerita tersebut. Biasanya dalam media massa maupun Internet, apa itu spoiler disembunyikan dengan cara tertentu, sehingga hanya terbaca oleh yang ingin melihat spoiler tersebut.

Apa itu spoiler biasanya tidak disukai karena dianggap merusak rasa penasaran penonton atau pembaca. Namun, ada juga sebagian orang yang tidak masalah dengan adanya spoiler sebelum menonton film ataupun dan membaca buku.

3 dari 4 halaman

Istilah Gaul Bahasa Inggris Lainnya

- CMIIW. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

- IDK. IDK adalah singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

- High-key dan Low-key. Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

- Simp. Simp artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila.

- IKR. singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

- IMO. singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

- IYKWIM. singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

XOXO: singkatan dari Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.

- TGIF: singkatan dari Thanks God it’s Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

- YMMD: You made my Day. Artinya kamu telah membuat hariku menjadi lebih baik.

- Ghosting. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

4 dari 4 halaman

Istilah Gaul Bahasa Inggris Lainnya

- FYI. FYI Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

- BTW. Btw merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

- COD. COD Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

- ASAP. ASAP adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

- GWS. GWS singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

- Hypebeast. Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. Hal populer yang dimaksud biasanya berupa barang-barang mahal yang dikenakan.

- BRB: Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

- LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

- OOT: Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

- OOTD: Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

- OTW: On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

- PAP: Post a Picture. Digunakan untuk meminta seseorang mengirim foto terkininya.

- ROTFL: singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

- SYS: singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.

- WTH: What the Hell / What the Heck artinya apa apaan.

 - Cancel Culture. Cancel culture adalah salah satu istilah bahasa gaul yang kerap digunakan di media sosial. Hal ini merujuk pada seseorang dikeluarkan dari lingkaran sosial atau profesional baik secara daring di media sosial, di dunia nyata, atau keduanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat