uefau17.com

25 Wisata Purwakarta Terbaru dan Terhits yang Wajib Dikunjungi saat Liburan - Hot

, Jakarta Wisata Purwakarta belakangan mulai ramai dibicarakan. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pensiun ini memiliki suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk khas kota besar. Kini, Purwakarta sudah berubah menjadi kota pariwisata yang tak kalah populer dari tetangganya, yaitu Bandung.

Wisata Purwakarta memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan destinasi wisata baru di kota tersebut. Sebut saja destinasi seperti Giri Tirta Kahuripan, Hidden Valley Hills, Hotel Gantung Gunung Parang, hingga Sky Lodge tertinggi di dunia.

Topografi Purwakarta yang didominasi area perbukitan menghasilkan panorama alam terbuka yang menyejukkan. Tak hanya bertumpu pada wisata alam dan sejarah, wisata Purwakarta juga merambah ke objek wisata buatan yang jumlahnya terus bertambah.

Bagi kamu yang bosan liburan di Bogor dan Bandung, Purwakarta bisa kamu jadikan destinasi alternatif selanjutnya yang bisa kamu jelajahi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut merangkum wisata Purwakarta terbaru dan terhits yang bisa kamu kunjungi saat liburan, Jumat (26/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Purwakarta Terbaru dan Terhits

1. Giri Tirta Kahuripan

Wisata Purwakarta yang berbentuk resort ini berada di Kabupaten Purwakarta. Mempunyai daya tarik berupa skypool (kolam renang) di atas bukit dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dari resort ini pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam Purwakarta dari ketinggian.

Jarak tempuh perjalanan dari pusat kota hanya 20 km dengan kondisi jalan yang sedikit menanjak dan berliku. Selain wahana skypool, resort ini juga dilengkapi dengan wahana lain seperti flying fox, ATV, sepeda air, dan lapangan futsal.

2. Hidden Valley Hills

Wisata Purwakarta yang satu ini merupakan destinasi wisata baru mengingat tempat ini baru saja rampung di bangun. Tempat ini memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan bersama keluarga. Seperti villa, skypool, serta resort.

Meskipun tidak menginap, wisatawan bisa sekedar berkunjung untuk melakukan swafoto. Di sana menyediakan berbagai spot foto yang tentunya menarik. Udara di sana juga masih sangat segar dan tentunya nyaman untuk dijadikan tempat berlibur.

3. Hotel Gantung di Skylodge Padjadjaran Anyar

Hotel ini tergantung di pinggir tebing dengan ketinggian 500m. Dengan berselimut dinding kaca, dari hotel kapsul ini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam nan indah khas Purwakarta 360 derajat. Ngopi pagi sambil menikmati detik-detik terbitnya mentari dari pinggir tebing pasti akan jadi pengalaman baru tak terlupakan.

Walaupun hanya ada satu unit, tapi hotel ini muat hingga 5 orang. Fasilitas di dalamnya dilengkapi dengan kasur, TV, coffee maker, dan toilet portable. Untuk sampai ke hotel ini, pengunjung harus memanjat tangga besi terlebih dulu (ferrata) lalu menyebrang menggunakan tali baja.

4. Desa Wisata Tajur Purwakarta

Melihat dan merasakan langsung kehidupan yang damai di pedesaan bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke Kampung Wisata Tajur. Kekayaan alam dan kearifan lokal menjadi sebuah hal istimewa yang tidak boleh kamu lewatkan di sini.

Kamu bisa tinggal di homestay, lalu ikut dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti berkebun, membajak sawah, beternak dll. Sebuah pengalaman berharga yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

5. Bukit Katumbiri Purwakarta

Katumbiri dalam bahasa Sunda berarti Pelangi, jadi destinasi ini juga bisa disebut bukit Pelangi. Salah satu objek wisata terbaru di Purwakarta yang dibuka sekitar awal tahun 2018. Di atas Bukit Katumbiri, terhampar luas pemandangan cantik, terasering unik hingga area perbukitan hijau.

Dengan udara yang masih sejuk dan menyegarkan, pengunjung bisa berselfie di beberapa spot yang instagramable mengikuti trend wisata kekinian. Seperti gardu pandang, jembatan, dan rumah pohon.

3 dari 6 halaman

Wisata Purwakarta Terbaru dan Terhits

6. Curug Cipurut Purwakarta

Wisata Purwakarta Curug Cipurut berada di tengah-tengah Gunung Burangrang. Suasananya asri, belum sama sekali tersentuh pembangunan apapun. Kawasan ini merupakan cagar alam yang harus dijaga kealamiannya oleh warga sekitar.

Pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari perkampungan sekitar dan melewati area perkebunan teh. Sedikitnya terdapat tiga bagian curug, yaitu curug utama dengan ketinggian 25-30 meter yang terdapat di ujung tebing. Dua curug lainnya, jadi spot bersantai dan berseluncur ria karena bidang lebih landai.

7. Urban Farming Purwakarta

Wisata Purwakarta terbaru ini, pengunjung bisa menikmati atmosfer arsitektur rumah petani ala benua biru Eropa. Warna cat mencolok dengan tanaman gantung di depan pintu dan di bawah jendela seakan membuat kamu berada di benua Eropa bukan di Purwakarta.

Puas menikmati dekorasi rumah ala Eropa, kamu juga bisa merasakan nuansa perkebunan sambil belajar. Bahkan kamu bisa membeli benih bunga, sayuran hingga buah-buahan. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka hunting foto instagramable di Purwakarta.

8. Cikao Park Purwakarta

Cikao Park adalah lokasi indah baru yang sedang hits-hitsnya di Purwakarta. Meskipun baru ngehits beberapa bulan belakangan, daerah ini seperti oase di gurun pasir. Selain panorama alam yang masih asri, objek wisata ini menawarkan aneka permainan yang bernilai edukasi.

Terdapat Waterpark Bernuansa alam dan pantai, taman satwa dengan koleksi yang langka, bird park, minizoo, area bermain, gazebo, hingga lampion garden.

 9. Desa Sejuta Batu Purwakarta

Desa Sajuta Batu merupakan destinasi hits yang menyajikan beragam objek wisata menarik dengan tetap mempertahankan kebudayaan lokal. Mulai dari wahana rekreasi, kuliner, hingga cagar budaya. Dinamakan sejuta batu karena tempat ini memiliki bermacam-macam batuan alam, dari yang terkecil hingga terbesar.

Dulu sebelum hits, desa ini merupakan area populer untuk panjat tebing. Sekarang, bukan hanya rock climbing yang bisa kamu lakukan, tapi kegiatan serupa memancing, berkemah, flying fox, pendakian gunung, hingga olahraga offroad bisa kamu nikmati.

10. Tanjakan Cinta Purwakarta

Objek wisata Purwakarta ini belum banyak diketahui masyarakat, namun menyuguhkan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Destinasi ini terbilang murah meriah. Bahkan, tersedia spot foto kekinian yang bisa kamu nikmati untuk menghasilkan foto instagramable.

4 dari 6 halaman

Wisata Purwakarta Terbaru dan Terhits

11. Gunung Lembu Purwakarta

Tidak sedikit pelancong yang menyebut rute pendakian gunung Lembu sangat menyusahkan, namun semua rasa lelah akan sirna begitu tiba di puncaknya. Di sore hari, kamu bisa menikmati pemandangan cantik area sekitar sembari menanti matahari terbenam.

Lalu di malam hari, kamu bisa menikmati keindahan lampu-lampu yang menyinari desa-desa di Purwakarta. Selain itu, eksotisme Waduk Jatiluhur terlihat jelas dari atas ketinggian 792 mdpl ini, hingga berswafoto di sebuah batu besar di Puncaknya.

12. Gunung Parang Purwakarta

Tidak jauh berbeda dengan gunung Lembu, dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncak Gunung Parang. Bila beruntung, kamu bisa mendapati momen sunset saat sore hari. Gunung ini juga menyediakan spot khusus bagi para pecinta panjat tebing dengan teknik memanjat yang lebih aman.

Biar lebih greget, kamu bisa mencoba momen santai di atas hammock, dan abseiling atau rappeling di atas ketinggian dengan view yang kece di bawahmu.

13. Gunung Bongkok Purwakarta

Gunung Bangkok adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati momen sunrise di Kabupaten Purwakarta. Ketinggian gunung ini tidak sampai 1000 mdpl sehingga relatif mudah untuk didaki. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa di Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk untuk mendapatkan spot kece nan eksotis.

Pilih angle terbaikmu untuk mendapatkan hasil jepretan yang paling keren. Ada gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan untuk berburu spot foto yang instagramable.

14. Mata Air Cijanun Purwakarta

Bermain air di sumber mata air alami akan memberikan efek segar dan rileks yang sesungguhnya. Deretan perbukitan hijau dan bebatuan unik di sisi kolam pun terlihat instagramable. Ditambah dengan area perbukitan yang bisa kamu nikmati sambil bermain air.

15. The Colorville Alam Sari Wates

Berbagai fasilitas dan wahana permainan seru bisa kamu nikmati di sini. Mulai dari kolam renang, rumah pohon, ATV, flying fox, hingga spot foto unik yang instagramable. Selain itu objek wisata ini dilengkapi dengan upside down room yang membuat momen liburanmu semakin tak terlupakan.

5 dari 6 halaman

Wisata Purwakarta Terbaru dan Terhits

16. Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk terbesar di Indonesia ini menyimpan potensi wisata alam yang luarbiasa. Menikmati ketenangan air yang berpadu dengan rindangnya pepohonan dan perbukitan di sekitar waduk memberikan efek rileks yang begitu menenangkan.

Ada banyak pilihan spot foto keren yang bisa kamu abadikan, mulai dari rumah pohon, tangga berputar, ujung perahu hingga balkon yang menjorok di pinggir waduk. Berkeliling waduk dengan menyewa perahu juga bisa menjadi kegiatan seru yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu liburanmu di tempat ini.

17. Jatiluhur Water World Purwakarta

Jatiluhur Water World merupakan objek wisata keluarga dengan beragam wahana permainan air di dalamnya. Terdapat 4 kolam renang dengan berbagai macam ukuran yang bisa untuk berenang, dari kolam anak-anak hingga kolam untuk orang dewasa.

Selain itu, tersedia jua wahana permainan seru yang cukup menantang, seperti Water Slide dengan ketinggian 7-11 meter, seluncuran dengan rute terpanjang 43 meter, lalu permainan Jet Sky bagi kamu yang belum pernah mencoba.

18. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan menyuguhkan ketenangan, keheningan, dan kesegaran luar biasa. Spot wisata dengan suasana hutan pinus yang asri dan teduh menjadi salah satu primadona wisata saat ini, tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta.

Di tempat ini, kamu bisa bersantai, menjelajahi hutan, mengunjungi goa Jepang, hingga mengexplore Curug Pamonanan. Kegiatan seperti camping, trekking dan berburu spot foto keren bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburanmu di tempat ini.

19. Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa adalah danau alam yang berada pada ketinggian 600 Mdpl dengan udara sejuk berlatar panorama Gunung Burangrang. Uniknya terdapat sebuh pulau di tengah danau yang di atasnya dibangun makam RA. Suriawinata, pendiri Purwakarta yang merupakan Bupati Karawang ke-9.

Pemandangan di sekitar danau sangatlah indah. Kamu bisa mengelilingi danau dengan perahu bebek, menikmati aneka permainan air, memancing ikan hingga Jogging.

20. Bukit Panenjoan Purwakarta

Pemandangan alam yang tersaji pun sangat memesona, dengan kombinasi perkebunan, gunung, bukit dan danau Juanda Jatiluhur sebagai latar belakangnya. Terdapat saung-saung khas Sunda untuk dijadikan tempat beristirahat.

Selain itu, dibangunnya jembatan bambu di atas perbukitan membuat Bukit Panenjoan merupakan tempat sempurna yang menggambarkan daerah pedesaan Purwakarta yang notabene masih merawat budaya kesundaannya.

 

6 dari 6 halaman

Wisata Purwakarta Terbaru dan Terhits

21. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman air mancur ini adalah salah satu destinasi murah meriah di Kabupaten Purwakarta yang wajib kamu sambangi saat akhir pekan. Tata cahaya yang keren yang dipadukan dengan teknologi dan atraksi air mancur menjadi suguhan unik yang membuat suasana malam di Purwakarta semakin meriah.

22. Saung Manglid Purwakarta

Saung Manglid adalah salah satu tempat makan di dataran tinggi Purwakarta dengan konsep ruang terbuka di antara sayuran, tanaman hias hingga kolam ikan. Konsep inilah yang membuat saung Manglid selalu hits di perbincangkan di sosial media.

Selain menu murah yang ditawarkan, tempat makan ini didekorasi menggunakan anyaman bambu unik dengan hiasan instagramable di sekitarnya.

23. Sumber Air Panas Ciracas

Satu lagi tempat wisata Purwakarta yang populer, yakni sumber air panas Ciracas. Lokasinya berada sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Di sini terdapat 12 titik sumber air panas, namun beberapa di antaranya terdapat di sekitar pematang sawah milik warga setempat. Sumber air panas Ciracas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kulit, rematik, dan lainnya.

24. Sentra Keramik Plered

Purwakarta dikenal sebagai daerah penghasil keramik berkualitas, bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Nah, sentra keramik Plered menjadi tempat wisata di Purwakarta yang juga populer dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi.

Letaknya di Desa Arjun, Kecamatan Plered, yang berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Purwakarta. Daya tarik tempat wisata ini tentu saja produk-produk kerajinan dari keramik seperti gerabah, porselain, dan terakota.

25. Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Museum Bale Panyawangan Diorama adalah museum di Purwakarta yang terhitung baru. Museum ini menampilkan diorama sejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah, kerajaan-kerajaan awal, perkembangan kerajaan islam, masuknya penjajahan/VOC, dan lain sebagainya.

Keistimewaannya adalah dalam pengemasan materi yang modern, tempat yang nyaman dan menyenangkan, serta digital interaktif yang memanjakan pengunjung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat