uefau17.com

Apa Saja Manfaat yang Akan Kita Rasakan Jika Hidup Rukun? Ini Penjelasan Lengkapnya - Hot

, Jakarta Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun merupakan kalimat yang sering dipertanyakan oleh masyarakat. Hidup rukun artinya saling menghormati dan menyayangi antara sesama manusia.

Hidup rukun sendiri dapat dilakukan di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dengan mengetahui apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun, maka akan meningkatakan kerukunan bersama.

Hidup rukun menjadi hal penting yang perlu dipupuk agar masyarakat Indonesia dapat hidup damai di tengah perbedaan. Selain memberikan kedamaian, hidup rukun juga memiliki beberapa manfaat bagi individu yang melakukannya.

Berikut ulas mengenai apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menghindari Perselisihan

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun yang pertama yakni menghindari perselisihan. Kehidupan yang rukun dalam keluarga dan bermasyarakat akan menghindari perselisihan. Perselisihan pada dasarnya dimulai dari kesalahpahaman antar keluarga maupun masyarakat sehingga nantinya akan menimbulkan komunikasi yang tidak baik, yang menjadi penyebab munculnya perselisihan. Jika ini sudah terjadi, maka nantinya kehidupan pun menjadi kurang rukun sehingga jika terdapat suatu masalah kecil akan menjadi besar. Oleh karena itu, perlumenjaga komunikasi antar sesama supaya tidak adanya perselisihan.

2. Menghargai Perbedaan

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun selanjutnya yakni membuat seseorang lebih menghargai perbedaan. Setiap kehidupan bermasyarakat tentunya akan terlihat adanya perbedaan. Perbedaan tersebut dapat timbul dari banyak sisi, namun apapun perbedaan itu setiap orang harus menghargai adanya perbedaan itu tanpa membeda-bedakan dengan yang lainnya. Hal ini akan menciptakan kedamaian apabila setiap orang memiliki rasa toleransi terhadap sesama.

3. Terciptanya Komunikasi yang Baik

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun berikutnya yakni terciptanya komunikasi yang baik. Kerukunan di dalam suatu keluarga maupun masyarakat sendiri bisa dibangun secara sederhana yaitu dengan komunikasi yang baik, untuk menjaga hubungan kekeluargaan. Komunikasi yang baik akan menghindari adanya pertengkaran.

Oleh sebab itu penting untuk menjaga komunikasi antar masyarakat agar terciptanya saling memahami. Menjaga lisan juga sangat penting agar tidak timbul rasa sakit hati diantara masyarakat. Lisan kerap menjadi salah satu timbulnya perselisihan.

3 dari 5 halaman

4. Mempererat Tali Persatuan

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun selanjutnya yakni mempererat tali persatuan. Hidup rukun yang sudah tercipta tentunya membuat satu dengan yang lainnya merasa saling memiliki. Hal inilah yang kemudian mempererat tali persatuan itu sendiri. Apa manfaat hidup rukun akan memperkokoh hubungan dan juga kesatuan antar masyarakat.

5. Lingkungan yang Lebih Aman

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun selanjutnya yakni terciptanya lingkungan yang lebih aman dan tentram antar masyarakat. Apabila hidup rukun dan saling memahami antar masyarakat sudah tercipta, tentunya akan membuat kondisi menjadi lebih aman dan tentram karena tidak adanya pertengkaran.

6. Kehidupan Lebih Harmonis

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun selanjutnya yakni menciptakan kehidupan yang lebih harmonis. Hidup rukun dalam menjalani kehidupan akan membuat keadaan menjadi lebih harmonis. Hubungan keluarga dan juga masyarakat yang baik tentu saja nantinya akan memberikan hasil yang sangat baik pula, sehingga jika suatu saat menghadapi masalah keluarga akan sangat senang untuk membantunya.

7. Memiliki Banyak Teman

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun berikutnya yakni membuat seseorang akan memiliki banyak teman dan relasi. Teman yang baik tentunya akan membantu anda ketika sedang dalam kesusahan. Hubungan yang damai ini, menciptakan suasana keakraban dengan siapapun, sehingga akan mudah memiliki banyak teman dari segala lini.

4 dari 5 halaman

8. Menciptakan Kemakmuran

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun berikutya yakni dapat menciptakan kemakmuran. Baik itu kemakmuran untuk diri sendiri maupun orang lain. Hal tersebut karena mereka akan fokus pada pembenahan serta juga perbaikan-perbaikan yang akan terus menerus supaya kehidupan ini lebih baik dan juga sejahtera. Tidak terfokus pada kesalahan ataupun kekurangan tanpa memberikan solusi yang menyelesaikan suatu masalah.

9. Menciptakan Suasana yang Nyaman

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun yang lainnya adalah menciptakan suasana yang nyaman bagi semua masyarakat atau orang lain. Rasa nyaman ini akan membuat suasana di lingkungan masyarakat, keluarga, maupun pendidikan menjadi lebih menyenangkan dan terasa damai.

10. Dapat Saling Membantu

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun yang lainnya adalah dapat saling membantu. Hal ini karena dilingkungan masyarakat, keluarga maupun pendidikan tercipta rasa kemakmuran dan adanya tali persatuan yang erat sehingga membuat individu satu dengan yang lainnya secara otomatis terbentuk rasa solidaritas.

11.  Dapat Melaksanaka Ibadah dengan Khusyuk

Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun yang berikutnya adalah dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan tenang. Hal ini dapat dilakukan karena di lingkungan masyarakat tercipta keadaaan aman.

5 dari 5 halaman

Akibat Jika Tidak Ada Kerukunan

Hiup rukun di lingkungan masyarakat dan keluarga menjadi hal yang sangat penting. Diharapkan kerukunan di lingkungan keluarga atau masyarakat akan mencegah semua anggota keluarga dari dampak negatifnya. Berikut akibat yang terjadi bila tidak terjadi kerukunan hidup bermasyarakat, yakni:

  1. Mudah terjadi pertengkaran atau perselisihan.
  2. Kehidupan menjadi tidak tentram.
  3. Mudah terkena hasutan orang lain.
  4. Terjadi perpecahan karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.
  5. Muncul pertikaian dan permusuhan antar warga.
  6. Tidak ada kerja sama yang terjalin di lingkungan masyarakat.
  7. Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.
  8. Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat