uefau17.com

6 Contoh Idzhar Halqi, Pahami Pengertian dan Cara Membacanya - Hot

, Jakarta Saat membaca Al-Quran, penggunaan tajwid merupakan aspek yang sangat penting. Alasannya, Tajwid merupakan suatu ilmu yang mengkaji tentang cara membaca huruf-huruf Al-Quran dengan benar, baik dari segi pelafalan maupun pengucapannya. 

Bagi umat muslim, keberadaan Ilmu Tajwid sangat perlu dan penting untuk dipelajari. Sebab, di dalamnya mengandung “aturan” akan pelafalan berbagai huruf Al-Quran dengan cara yang baik dan benar. Salah satu bagian dari tajwid yang sering ditemui adalah idzhar halqi

Idzhar halqi menjadi bagian penting dari tajwid dalam membaca Al-Quran. Menerapkan idzhar halqi memastikan pelafalan yang tepat, menghindari kesalahan dalam pemahaman makna, dan memberikan keindahan bacaan sehingga semakin baik dalam membaca Al-Quran. 

Sebab itu, penting untuk memahami Idzhar Halqi sebagai salah satu bagian dari ilmu tajwid. Berikut telah merangkum dari berbagai sumber terkait informasi mengenai Idzhar Halqi, Senin (29/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Idzhar Halqi

Setiap huruf dan kata dalam Al-Quran memiliki makna yang mendalam, dan kesalahan dalam pelafalan dapat mengubah makna yang dimaksudkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, menerapkan idzhar halqi dengan benar memastikan membaca Al-Quran menjadi tepat dan dapat memahami makna yang sebenarnya.

Idzhar halqi merupakan salah satu bagian dari hukum idzhar yang terdapat dalam ilmu tajwid. Idzhar memiliki makna terang atau jelas, sementara halqi bermakna kerongkongan atau tenggorokan. Dengan begitu, disebut idzhar halqi karena makhraj dari huruf-huruf tersebut keluarnya dari dalam tenggorokan dan dibaca dengan jelas tanpa dengung.

Dalam kitab Hidayatush Shibyan juga dijelaskan satu nazham (struktur bahasa) izhar, yakni ketika terdapat tanwin dan nun mati bertemu dengan salah satu huruf halaq yang enam, yaitu hamzah (ء), ha (هـ), ha (ح), kha (خ), 'ain (ع), ghain (غ), wajib dibaca Idzhar (إِظْهَار) atau nun mati dan tanwinnya dibaca jelas.

Kesimpulannya, idzhar halqi merupakan salah satu ilmu tajwid yang terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan 6 huruf halaq, yakni  ء هـ ح خ ع غ. Apabila nun mati bertemu dengan keenam huruf tersebut, maka nun mati maupun tanwin wajib dibaca dengan jelas tanpa dengung. 

3 dari 4 halaman

Cara Membaca Idzhar Halqi

Telah disinggung sebelumnya, bahwa cara membaca izhar halqi adalah harus jelas dengan mengucapkan huruf nun sukun dan tanwin sesuai dengan makhraj dan sifat yang dimilikinya, kemudian diiringi dengan huruf izhar juga sesuai dengan makhraj dan sifat yang dimilikinya.

Huruf yang diizharkan pada hukum bacaan idzhar halqi adalah huruf nun mati ( نْ ) dan tanwin ( ـَــًـ , ـِــٍـ ـُــٌـ ). Nun mati (نْ) juga disebut sebagai nun sakinah, yakni nun yang tidak berbaris dan hanya menggunakan harakat sukun saja sehingga tidak dapat dibunyikan, kecuali diawali dengan huruf lainnya. 

Sementara tanwin (ـًـــٍـــٌ) yang dimaksud adalah nun mati yang bertempat di akhir isin (kata benda) yang terlihat, Apabila dibaca maka dapat menjadikannya washal alias sambung dengan kata lain dan hilang ketika ditulis (diwakafkan).

Meskipun huruf nun ( نْ ) tersebut memiliki sifat yang selalu melekat padanya, yaitu ghunnah, Nun mati atau tanwin dibaca jelas bila bertemu dengan huruf halqi (tenggorokan). Ada enam huruf yang masuk kategori ini yaitu gho (غ), 'ain (ع), kho (خ), ha (ح ), ha' (هـ ), dan hamzah (ء). 

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Contoh Idzhar Halqi dalam Bacaan Al Quran

Sebagai umat Muslim, penting untuk menghormati Al-Quran dengan membaca setiap kata di dalammnya dengan tepat. Memahami idzhar halqi dapat membantu menghindari kesalahan dalam pelafalan huruf nun sukun atau tanwin yang dapat mengubah makna dari ayat dalam Al-Quran. 

Sebab itu, setelah memahami pengertian dan cara membaca idzhar halqi, maka berikut adalah beberapa contoh idzhar halqi dalam bacaan Al-Quran:

Contoh idzhar halqi huruf hamzah

Surah Al Baqarah ayat 10 :

فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌۙ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًاۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢ ەۙ بِمَا كَانُوْا يَكْذِبُوْنَ

Contoh idzhar halqi dhammah tanwin bertemu dengan hamzah

Contoh idzhar halqi huruf ha

Surah Al Lahab ayat 2 :

مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ

Contoh Idzhar Halqi nun sukun bertemu dengan Ha

Contoh idzhar halqi huruf 'ain

Surah At Takatsur ayat 8 :

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِ ࣖ

Contoh Idzhar Halqi kasrah tanwin bertemu dengan ‘ain

Contoh idzhar halqi huruf kha

Surah An Naba ayat 36

جَزَاۤءً مِّنْ رَّبِّكَ عَطَاۤءً حِسَابًاۙ

Contoh Idzhar Halqi fathah tanwin bertemu dengan kha

Contoh idzhar halqi huruf ghain

Surah At Tin ayat 6 :

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمْ اَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍۗ

Contoh Idzhar Halqi dhammah tanwin bertemu dengan ghain 

Contoh idzhar halqi huruf Kho

Surah Al Quraisy ayat 4 :

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ

Contoh Idzhar Halqi nun sukun bertemu dengan Kho

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat