uefau17.com

12 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Bantu Obati Asam Urat Hingga Kanker - Hot

, Jakarta Manfaat daun sirsak dipercaya masyarakat Indonesia sebagai pengobatan herbal untuk mengobati sejumlah penyakit. Salah satu manfaat daun sirsak yang paling dikenal yaitu dapat mengobati asam urat dan membunuh sel kanker.

Tanaman dengan nama ilmiah Annona muricata L. ini merupakan jenis tanaman berbunga yang dimanfaatkan buahnya. Akan tetapi, muncul sejumlah penelitian yang melihat potensi daun sirsak untuk pengobatan. Daun sirsak mengandung hampir nol kalori dan memiliki sejumlah vitamin dan mineral seperti yang terdapat dalam buahnya. Karena daunnya memiliki sangat sedikit kalori namun tinggi nutrisi, menjadikan daun sirsak dimanfaatkan untuk mengatasi beragam penyakit.

Selain itu, antioksidan penting lainnya yang ditemukan dalam daun sirsak antara lain pitosterol, tanin, dan flavonoid. Antioksidan berperan dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh. Guna mendapatkan kandungan tersebut, banyak orang mengonsumsi daun sirsak dengan cara merebus daunnya maupun diseduh layaknya teh.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber, Jumat (25/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

1. Meredakan Wasir

Wasir adalah gangguan pelebaran pembuluh darah di area sekitar anus. Biasanya wasir ditandai dengan benjolan dan rasa nyeri. Jika wasir dibiarkan, gejalanya dapat bertambah parah, benjolan semakin besar, dan muncul pendarahan. Kendati sudah banyak obat untuk mengatasi wasir, sebagian orang masih percaya terhadap manfaat daun sirsak untuk mengobati wasir atau ambeien. Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan perdarahan rektum serta membuat otot sekitar dubur lebih rileks. Untuk mengurangi gejalanya, minum air rebusan daun sirsak. Tentu dibarengi dengan perbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayur.

2. Bantu Obati Kolesterol

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mampu membantu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan adanya antioksidan ini, kandungan kolesterol di dalam tubuh dapat lebih terkontrol. Anda bisa mengonsumsi daun sirsak dengan cara merebusnya dengan air dan meminumnya setiap hari.

3. Bantu Obati Sariawan

Manfaat daun sirsak yang lainnya untuk membantu mengobati sariawan. Cara konsumsinya adalah dengan menumbuk daun sirsak secukupnya, kemudian rebus dan minum air rebusannya. Dijamin, sariawan yang Anda derita akan mengecil dan sembuh dengan segera.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

4. Bantu Obati Asam Urat

Daun sirsak juga termasuk dalam salah satu jenis obat herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Daun sirsak diketahui memiliki kandungan yang terbukti efektif untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Ambillah 6 sampai 10 helai daun sirsak dan potong menjadi beberapa bagian. Rebus daun sirsak ini dengan 2 sampai 3 gelas air. Tunggu hingga rebusan air tinggal setengahnya saja. Konsumsilah dalam keadaan hangat atau dingin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Bantu Obati Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan kuat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Di sini, daun sirsak berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Zat antioksidan yang terdapat pada daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah agar berjalan dengan lebih lancar. Cara menggunakannya adalah, rebus 8 helai daun sirsak bersama dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan ini pada pagi dan malam hari, dan minum 3 kali seminggu.

6. Menormalkan Gula Darah

Daun sirsak dapat membantu menormalkan kadar gula darah sehingga berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan lonjakan kadar gula darah. Dampak jangka panjang diabetes meliputi kerusakan arteri dan pembuluh darah besar dalam jantung, gagal jantung, bahkan kerusakan saraf. Kandungan nol kalori dalam daun sirsak dipercaya dapat menstabilkan gula darah dan mempertahankan kadar glukosa dalam kisaran normal. Selain menurunkan kadar glukosa, manfaat daun sirsak juga bisa menyembuhkan luka yang sulit sembuh bagi penderita diabetes sekaligus mencegah infeksi. Bakteri yang menjadi patogen ini dapat menyebabkan infeksi dan penyakit mulut. Meski penyakit mulut dapat dipicu banyak faktor, namun penyebab utamanya melibatkan pertumbuhan bakteri. Air rebusan daun sirsak yang berpotensi untuk menyembuhkan penyakit mulut yang disebabkan bakteri serta meredakan infeksi seperti sariawan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

7. Mengatasi Insomnia

Manfaat daun sirsak dipercaya dapat memberikan efek menenangkan dan dapat rasa kantuk. Efek tubuh yang rileks dan tenang dapat mengatasi masalah tidur seperti insomnia. Konsumsilah secangkir teh daun sirsak setiap malam agar dapat tidur lebih cepat dan nyenyak.

8. Berpotensi Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Berdasarkan penelitian dilaporkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa Acetogenins annonaceous yang memberikan efek sitotoksik terhadap sel kanker payudara, merujuk Medical News Today. Dengan kata lain, para peneliti menemukan bahwa efek sitotoksik pada daun sirsak dapat melawan dan membunuh sel-sel kanker payudara dalam penelitian tabung reaksi. Selain itu, studi laboratorium lain menunjukkan ekstrak daun sirsak juga menghambat pertumbuhan sel kanker lainnya, seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker payudara, kanker darah, dan melanoma.

9. Mengobati Maag

Daun sirsak adalah obat yang sangat baik untuk maag, karena zat dalam daun sirsak mampu mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, daun sirsak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, proses penyembuhan maag yang biasanya lambat bisa dipersingkat karena sistem imun yang aktif.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

10. Baik untuk Kesuburan

Minum teh daun sirsak dikatakan juga baik untuk kesuburan wanita. Hal Itu karena, daun herbal tersebut berkhasiat untuk meningkatkan ovulasi dan juga melancarkan siklus menstruasi. Dengan begitu, daun sirsak bisa membantu meningkatkan kesuburan. Namun, manfaat daun sirsak yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

11. Menurunkan Berat Badan

Bagi para wanita yang ingin menurunkan berat badan, cobalah minum secangkir teh daun sirsak setiap hari. Minuman dengan tambahan daun herbal tersebut bisa membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada daun sirsak juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Dengan begitu, berat badan anda pun bisa berkurang.

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengobati berbagai penyakit, manfaat daun sirsak lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B1, seng, serta selenium, dalam daun sirsak, dapat membuat imun tubuh Anda tetap terjaga untuk mengantisipasi risiko penyakit menyerang di tengah pandemi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat