uefau17.com

Contoh Berita Singkat yang Mengandung Unsur 5W+1H Berbagai Topik - Hot

, Jakarta Contoh berita perlu kamu kenali agar lebih memahaminya. Berita atau teks berita adalah teks yang berisi tentang kejadian, peristiwa, atau informasi yang berupa fakta. Teks berita berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya sehingga menambah wawasan pembaca. 

Teks berita berisi kejadian atau peristiwa yang menginformasikan tentang apa berita tersebut, di mana peristiwa itu terjadi, kapan peristiwa itu terjadi, siapa yang yang ada dalam peristiwa tersebut, mengapa peristiwa itu terjadi, dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Unsur teks berita ini disebut juga dengan 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how).

Apa atau what, berkaitan dengan peristiwa apa yang sedang terjadi. Di mana atau where, berkaitan dengan tempat peristiwa itu terjadi. Siapa atau who, berkaitan dengan orang/pihak yang terlibat dalam peristiwa. Mengapa atau why, berkaitan dengan alasan atau latar belakang peristiwa. Bagaimana atau how, berkaitan dengan proses terjadinya peristiwa tersebut.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023) tentang contoh berita.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Contoh 1

Contoh berita bisa kamu lihat di laman dan situs-situs berita lainnya. Contoh berita akan membuat pemahaman kamu tentang teks ini makin bertambah. Berikut salah satu contoh berita yang bisa dijadikan referensi:

 

Pertama di Bogor, Pilkades Gunakan Sistem E-Voting

Desa Babakan di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor membuat sejarah baru. Sebab, desa ini menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) dengan menggunakan sistem e-voting dan e-verifikasi atau sistem komputer.

Warga terlihat antusias mengikuti pilkades dengan sistem e-voting ini. Sejak Minggu pagi, warga mengantre memenuhi tempat pemungutan suara (TPS). Silih berganti para pemilih mendatangi TPS yang telah disediakan panitia. Meskipun baru pertama kali, masyarakat mengaku tidak kesulitan memberikan hak pilihnya dengan menggunakan sistem elektronik atau komputer. Apalagi sebelum pemungutan suara dengan menggunakan e-voting, petugas melakukan verifikasi elektronik e-KTP.

Camat Ciseeng Eddy Muslihat mengatakan, sebelum pelaksanaan e-voting pilkades, panitia maupun aparatur desa sudah melakukan sosialisasi sejak jauh hari kepada para pemilih. Ini dilakukan agar warga yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkades tidak mengalami kesulitan saat memberikan hak suaranya.

"Jadi, saat pelaksanaan tidak ada kendala. Awalnya warga sempat bingung dengan sistem ini. Tapi akhirnya mereka paham setelah rutin disosialisasikan," terang Eddy di Desa Babakan, Minggu (12/3/2017).

Pelaksanaan pilkades menggunakan sistem e-voting, lebih cepat, transparan, dan meminimalkan kecurangan serta lebih akuntabel. Kepala Program E-Pemilu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Andrari Grahitandaru menjelaskan, Desa Babakan menjadi percontohan pemilihan kepala desa dengan sistem e-voting di Kabupaten Bogor. Namun untuk di wilayah lain, lanjut Andrari, BPPT sudah menerapkan sistem e-voting di 526 pilkades di 9 kabupaten di Indonesia. Pilkades menggunakan sistem e-voting ini hasilnya lebih akurat. Sebanyak 36 desa dari 26 kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor melaksanakan pemilihan kepala desa gelombang pertama secara serentak. Dari 39 desa, hanya satu desa yakni di Desa Babakan yang melakukan pilkades menggunakan sistem e-voting. Desa-desa lainnya masih menggunakan sistem manual.

3 dari 4 halaman

Contoh 2

Contoh berita olahraga menjadi salah satu topik yang selalu hangat dibicarakan. Berikut contoh berita selanjutnya, melansir laman Bola.com:

 

Rio Haryanto Resmi Jadi Pembalap F1

Rio Haryanto, pembalap muda asal Indonesia, boleh tersenyum bangga. Halangan yang sempat merintang akhirnya secara bertahap bisa disingkirkan. Impiannya menjadi pembalap di Formula One(F1) terwujud.

Tim asal Inggris, Manor Racing, telah mengumumkan, Kamis (18/2), untuk menjadikan Rio sebagai pembalap kedua. Kesempatan itu membuat Rio akan bersaing dengan pembalap beken dunia, seperti Louis Hamilton, Fernando Alonso, dan Kimi Raikonnen, pada seri balapan F1 2016.

Bagaimana pembalap kelahiran Solo itu merintis kariernya di dunia balapan? Karier itu ia mulai ketika tampil pada balapan tingkat Asia. Ia memperkuat Asia Racing Team pada 2008.

Pada seri ini, Rio ikut untuk tiga seri, yaitu Asian Formula Renault Challenge, Formula Asia 2.0, dan Formula BMW Pacific. Pembalap kelahiran 22 Januari 1993 itu meraih prestasi perdannya di pentas Formula Asia 2.0. Di situ, ia meraih juara tiga usai memenangkan dua balapan.

Terpicu dengan pencapaian pada tahun perdana, Rio kian semangat. Ia terus memperlihatkan kebolehannya di balik kemudi roda empat. Pada 2009, ia mengikuti Australian Drivers Championship dan Asian Formula Renault Challenge Formula BMW Pacific.

Saat itu Rio memprioritaskan ajang Formula BMW Pasific. Alasannya, ajang itu sangat bagus untuk loncatan kariernya. Pada seri ini, ia memperkuat Questnet Team Qi-Meritus. Hasilnya fantastis. Rio memenangkan 11 dari 15 kali balapan. Hasil itu membuat Rio menjadi juara dengan raihan 250 poin pada klasemen akhir.

4 dari 4 halaman

Contoh 3

Contoh berita bisa membuat kamu lebih memahami jenis teks ini. Berikut contoh berita selanjutnya, melansir Sumber Belajar Kemdikbud:

 

Nadiem Makarim Mendirikan GoJek

Banyak entrepreneur di Indonesia yang mulai bermunculan, satu di antaranya Nadiem Makarim. Harus diakui, Indonesia belum memiliki entrepreneur yang memiliki bisnis sekelas Mark Zuckerberg pendiri Facebook atau Drew Houston pendiri DropBox. Satu hal yang harus diapresiasi, entrepreneur di Indonesia sudah mulai tumbuh dan bisnis modelnya menjadi sangat kreatif.

PT GoJek Indonesia merupakan penyedia jasa transportasi ojek di Indonesia yang berkembang pesat setelah meluncurkan aplikasi di ponsel pada awal 2015. Pada awalnya, Nadiem Makarim adalah seorang pengguna jasa ojek. Ia melihat permasalahan utama tukang ojek adalah waktu tidak produktif yang besar, seperti mangkal dan menunggu penumpang. Saat di pangkalan ojek, pengemudi ojek harus bergiliran dengan pengemudi ojek lainnya. Di sisi lain, para pengguna ojek juga merasa malas untuk berjalan mencari pangkalan ojek.

Berdasarkan riset tersebut, Nadiem mendapatkan ide awal untuk melakukan inovasi bagaimana cara menghubungkan pengendara ojek dengan calon pembelinya. Satu di antara solusinya adalah dengan menggunakan ponsel. GoJek dirintis pada 2011 dengan menggunakan sistem yang masih sederhana, yaitu calon penumpang menghubungi melalui telepon, atau kirim sms.

Saat ini Nadiem telah membuktikan prestasi yang luar biasa, setidaknya ada lebih 10 ribu sopir ojek yang tergabung dalam GoJek. Satu di antara sumber peningkatan yang drastis karena adanya aplikasi berbasiskan Android.

Model bisnis yang diterapkan GoJek adalah skema bagi hasil dengan sopir ojek. GoJek hanya mengambil bagian 20 persen dan sisianya 80 persen adalah bagian pengendara ojek. GoJek memberikan fasilitas kepada sopir berupa jaket, helm, dan HP Android. Terakhir terdapat pemberitaan GoJek juga memberikan perlindungan asuransi kesehatan dan kecelakaan kepada supir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat