uefau17.com

8 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Hasilkan Foto Jernih - Hot

, Jakarta Saat ini penggunaan HP sudah menjadi hal lumrah. Salah satu fitur yang paling umum ada pada HP saat ini adalah kamera. Rasanya, kamera yang ada di HP sudah jadi fitur wajib. Pasalnya, banyak momen yang ingin diabadikan dan langsung diunggah ke media sosial.

Tapi sayangnya, tidak jarang kamera bisa berembun dan hasilnya terganggu. Tidak perlu panik jika sudah begitu. Cara menghilangkan embun di kamera HP bisa dilakukan dengan mudah. Bisa dengan bantuan beberapa bahan yang ada di rumah.

Penasaran bagaimana cara menghilangkan embun di kamera HP yang mudah? Berikut rangkum dari berbagai sumber, cara menghilangkan embun di kamera HP tersebut, Selasa (2/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

1. Beras

Cara menghilangkan embun di kamera HP bisa dengan beras. Selain mudah ditemukan, beras akan menyerap embun yang ada di kamera HP. Caranya, pertama-tama siapkan wadah seperti toples. Kemudian, masukkan beras hingga seperempat wadah, dan masukkan HP. Lalu, isi lagi toples dengan beras hingga HP tertimbun.

Tutup toples rapat-rapat. Tunggu hingga semalaman dan buka di esok harinya. Jika belum terlihar hasilnya, maka bisa lakukan cara tersebut lagi.

 

2. Silica Gel

Jika memungkinkan, cara menghilangkan embun di kamera HP bisa juga dengan silica gel. Biasanya, silica gel bisa ditemukan pada kotak sepatu baru atau di beberapa makanan kemasan. Fungsi dari silica gel sendiri untuk menyerap lembap. Tapi, silica gel juga mudah ditemukan dan banyak dijual di toko-toko perlengkapan interior rumah. Harganya juga relatif sangat terjangkau.

Untuk menggunakan silica gel, pertama-tama lepas baterai HP apabila bisa dilepas. Jika tidak bisa, maka cukup letakan HP ke sebuah wadah. Selanjutnya taburkan silica gel di sekitar HP. Jangan lupa untuk tutup rapat wadah tersebut dan biarkan HP semalam hingga embun pada kamera HP hilang.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

3. Lampu

Menggunakan lampu ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP yang patut dicoba. Selain tidak butuh bantuan bahan-bahan atau alat tertentu, cara menghilangkan embun di kamera HP dengan lampu juga cukup efektif dilakukan.

Langkah pertama bisa dengan mematikan HP terlebih dahulu. Kemudian, letakan HP di atas alas yang datar. Selanjutnya arahkan lensa kamera HP ke atas atau letakan lensa kamera HP di bagian atas dengan tengkurapkan HP. Jika sudah, sorot lampu tersebut ke arah kamera HP hingga embun pada kamera hilang.

 

4. Sinar Matahari

Mungkin banyak yang kurang merekomendasikan cara menghilangkan embun di kamera HP ini. Namun, cara menghilangkan embun di kamera HP ini bisa berhasil dan aman jika langkahnya tepat.  Pertama-tama, tempatkan terlebih dahulu HP ke wadah yang dapat menahan paparan sinar matahari langsung.

Mengapa butuh wadah tersebut? Sebab jika HP terkena sinar matahari langsung, akan menyebabkan kerusakan kamera HP. Langkah selanjutnya, letakan wadah berisi HP pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Jemur hingga embun di kamera HP menguap.

Yang perlu diperhatikan, jangan terlalu lama menjemur HP di bawah paparan sinar matahari, sekali pun sudah dimasukan ke dalam wadah. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan kamera HP jadi buram dan kotor.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

5. Air Panas

Tenang, tidak perlu mencelupkan HP ke dalam air panas. Maksud dari cara menghilangkan embun di kamera HP ini dengan meletakan HP di atas wadah yang sudah berisi air panas. Tapi pastikan jika wadah tersebut tidak terbuat dari bahan yang keras dan kasar, seperti besi dan sejenisnya. Hal ini berisiko akan membuat HP jadi tergores dan justru merusaknya.

 

6. Hair Dryer

Kemudian, menggunakan alat pengering rambut ini juga jadi salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP yang cukup efektif dan banyak dilakukan. Caranya juga cukup mudah, pertama-tama nyalakan hair dryer dan arahkan hair dryer ke kamera HP yang berembun. Tapi jangan lupa untuk matikan HP terlebih dahulu.

Namun, pastikan suhu dari hair dryer tidak kelewat panas. Ditakutkan suhu dari hair dryer tersebut justru memengaruhi kaca dari kamera HP tersebut.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

7. Kipas Laptop

Tidak ada hair dryer? Jangan khawatir, cara menghilangkan embun di kamera HP ini juga bisa dilakukan. Konsepnya hampir sama dengan penggunaan hair dryer. Pasalnya, beberapa kipas laptop memiliki suhu yang cukup hangat layaknya hair dryer dan bisa menghilangkan embun tersebut.

Caranya dengan meletakkan kamera HP yang berembun tersebut tepat di depan dari kipas laptop tersebut. Diamkan beberapa saat sembari dicek sudah hilang atau belum embun tersebut.

Sayangnya, kelemahan dari cara menghilangkan embun di kamera HP ini adalah risiko kipas laptop yang bisa menghembuskan debu serta kotoran dari mesin laptop.

 

8. Bawa ke Teknisi

Jika berbagai cara menghilangkan embun di kamera HP di atas masih belum juga dirasa berhasil, maka cara menghilangkan embun di kamera HP yang terakhir yaitu dengan membawa ke teknisi. Wajar saja, jika dibawa ke teknisi, terutama jika hubungannya dengan waktu di mana tidak semua orang sempat mempraktikkan cara menghilangkan embun di kamera HP di atas.

6 dari 6 halaman

Penyebab Kamera HP Berembun

Tapi, apa sebenarnya penyebab kamera HP berembun? Ini bisa disebabkan beberapa faktor, seperti:

- Kehujanan.

- Layar utama berembun.

- Ruangan lembap.

- Body HP tidak rapat.

- Tersiram air.

- Masalah pada kaca kamera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat