uefau17.com

Arti True serta Perbedaannya dengan Right dan Correct - Hot

, Jakarta Arti true adalah benar, kata ini mencakup aspek kebenaran, kejujuran, dan konsistensi. Secara umum, arti true adalah  sesuatu yang benar, valid, atau sesuai dengan kenyataan. True adalah kebalikan dari yang palsu atau tidak benar. 

Arti true juga bisa digunakan untuk menggambarkan kekonsistenan dan keandalan suatu hal. Misalnya, jika seseorang memiliki reputasi yang baik dan dapat diandalkan, orang tersebut mendapat sebutan "true character" atau "true friend." Artinya, orang tersebut dapat diandalkan dan dapat diharapkan untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai dan komitmennya. 

Dalam beberapa konteks, arti true  juga dapat merujuk pada kesetiaan atau kesetiaan terhadap sesuatu. Berikut arti true yang rangkum dari berbagai sumber Rabu (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti True

Dalam Oxford Dictionary of English, arti true adalah sesuai dengan fakta atau kenyataan. Kata true juga dapat diartikan sebagai akurat, loyal, atau sesuai. Hal yang sama juga dijelaskan dalam Kamus Merriam Webster yang menyebutkan true artinya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Selain itu, kata true juga dapat berarti sepenuhnya terealisasi atau terpenuhi.

Sementara dalam Cambridge Dictionary, true adalah kata sifat yang berarti tidak salah, terutama fakta atau pernyataan dan benar. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia arti true adalah “benar”. Selain kata "benar", true juga dapat diartikan sebagai sebenarnya, betul, sejati, asli, tulen, nyata, sesungguhnya, dan sebagainya. Sebab pengalihan bahasa perlu melihat konteks kalimatnya terlebih dahulu. Berikut contoh konteks penerjemahan true.

1. Come True

Come true berarti "menjadi kenyataan". 

Contoh:

I'd always dreamed of owning my own house, but I never thought it would come true.

Artinya: Aku selalu bermimpi memiliki rumah sendiri, tapi aku tidak pernah menyangka itu akan menjadi kenyataan.

2. Be True to Yourself

Be true to yourself adalah ungkapan agar kamu berperilaku sesuai dengan keyakinan dan melakukan apa yang benar. Biasanya kalimat ini digunakan untuk memotivasi seseorang.

3. True to Form/Type

True to form/type artinya seseorang yang melakukan sesuatu yang sudah diprediksi orang-orang berdasarkan perilaku atau kebiasaannya dulu. Idiom ini juga dapat diartikan sebagai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Contoh: True to form, when it came to his turn to buy the drinks, he said he'd left his wallet at home.

Artinya: Seperti sebelum-sebelumnya, ketika tiba gilirannya untuk membeli minuman, dia mengatakan dompetnya tertinggal di rumah.

4. Out of True 

Out of true artinya tidak semestinya atau posisi yang salah

Contoh: Take care not to pull the frame out of true

Artinya: Hati-hati agar tidak menarik bingkai dengan posisi yang salah

5. True love 

True love artinya cinta sejati atau cinta yang sesungguhnya.

Contoh: True love comes quietly, without any banner or flashing lights.

Artinya: True Love comes quietly, without banners or flashing lights.

6. True Colors 

Jika diterjemahkan secara harfiah, arti true color adalah warna asli namun sebenarnya true color merujuk pada sifat asli atau karakter seseorang.

Contoh: I see your true colors shining through

Artinya: Dan aku melihat dirimu bersinar

3 dari 3 halaman

Perbedaan True, Right, dan Correct

Arti true adalah benar, namun, dalam Bahasa Inggris, ada dua kata lagi yang dipakai untuk mengungkapkan “benar", yaitu right dan correct. Ketiga kata ini memang sinomim yang memiliki nuansa makna serupa namun memiliki konteks pemakaian yang berbeda. Berikut perbedaan antara true, right, dan correct.

1. True

Kata true mengungkapkan kebenaran sesuatu yang benar-benar terjadi, atau sesuatu yang didasarkan pada fakta dan tidak dibuat-buat.

Contoh penggunaan true adalah sebagai berikut:

The statement is true - Pernyataan itu benar (dalam arti yang didasarkan pada fakta, tidak dibuat-buat).

2. Correct

Kata correct berarti bebas dari kesalahan. Benarnya bersifat mutlak dan pasti, bukan sekadar kebenaran subjektif. Makanya, correct lebih sering digunakan dalam akademis.

Contoh penggunaan correct seperti dalam menjawab soal Matematika, 2 + 2, jawabannya 4. Itu fakta dan pasti, tidak ada kesalahannya. Contohnya dalam kalimat:

The answer is correct-Jawaban itu benar (benar secara mutlak dan pasti).

Kata right berarti "benar", tetapi benar yang dapat bersifat subjektif, benar dalam konteks tertentu, benar yang mengisyaratkan opini.

Berikut contoh penggunaan right dalam kalimat.

It was the right thing to do to help the children by giving them some money - Membantu anak-anak (jalanan) dengan memberi sejumlah uang adalah hal (tindakan) yang benar (ini adalah benar dalam bentuk opini).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat