uefau17.com

Arti Random adalah Acak, Berikut Contoh Kalimat dan Sinonim - Hot

, Jakarta Banyak orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata random. Kata tersebut sering sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam bahasa Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa kata random merupakan kosakata dari bahasa Inggris. Adapun arti random adalah acak.

Kata random sering digunakan untuk mengacu pada hal-hal yang tidak menentu. Sebagai contoh, ketika seseorang melakukan sesuatu tanpa tujuan yang jelas, maka hal itu bisa disebut sebagai random, karena arti random sendiri adalah acak.

Meski demikian, selain kata random, ada banyak kosa kata dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk merujuk pada hal-hal yang acak dan tidak jelas tujuannya.

Untuk lebih memahami arti random, penting bagi kita untuk memahami maknanya berdasarkan kamus, serta contoh penggunaannya, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Random dalam Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, random merupakan kosakata yang berasal dari bahasa Inggris. Secara sederhana arti random dapat dipahami sebagai sesuatu yang acak. namun untuk memahami lebih dalam mengenai arti random, tentu kita perlu merujuk pada pengertian berdasarkan kamus bahasa Inggris, untuk mengetahui makna yang lebih spesifik dan lebih tepat.

Dikutip dari Vocabulary, random adalah adjective atau kata sifat yang memiliki makna sesuatu yang acak dan tidak ada dalam rencana, tujuan atau urutan. Hal yang random terjadi sepenuhnya karena kebetulan, seperti pengambilan nomor undian secara acak atau tindakan lainnya yang tidak direncanakan.

Menurut Merriam Webster, ada beberapa arti random, di antaranya adalah tidak memiliki rencana, tujuan, atau pola yang pasti; berkaitan dengan, memiliki, atau menjadi elemen atau peristiwa dengan probabilitas kejadian yang pasti; dan menjadi atau berhubungan dengan suatu himpunan atau ke elemen himpunan yang masing-masing elemennya memiliki probabilitas kejadian yang sama.

Sementara itu, berdasarkan Cambridge Dictionary, terdapat beberapa arti random, di antaranya adalah terjadi, dilakukan, atau dipilih secara kebetulan daripada menurut rencana atau pola; terjadi, dilakukan, atau dipilih secara kebetulan daripada mengikuti sistem, rencana, atau aturan; dan tidak diketahui dan tidak terduga dalam situasi tertentu.

Dari serangkaian penjelasan tersebut, arti random dapat dipahami sebagai sesuatu yang acak, tidak sesuai pola atau sistem, tidak dapat diduga, dan sebagainya.

Pada tahun 1980-an, random mulai digunakan dalam bahasa gaul remaja hingga terjadi perkembangan makna. Makna dari kata random dalam bahasa gaul adalah aneh atau tidak pada tempatnya.

Random biasa diucapkan dan diselingi dalam bahasa Indonesia, namun sebenarnya kata random bukan termasuk kata resmi dalam bahasa Indonesia. Dan ternyata kata random sendiri memiliki arti yang berbeda, tergantung dalam penempatannya.

3 dari 5 halaman

Bentuk Kata Random

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, arti random bisa saja berbeda tergantung bentuk dan penempatannya dalam sebuah kalimat. Penempatan ini berfungsi dalam bahasa Inggris. Seperti, penempatan secara adjective atau kata sifat yang menyatakan bahwa random adalah acak, sembarangan, tidak ada tujuan, tidak jelas, tidak teratur. Lalu penempatan secara noun atau kata benda, random adalah ketidaktepatan, keacakan, ketidakjelasan.

Selanjutnya ada pula penempatan random secara adverb atau kata keterangan, yang memiliki arti secara acak, secara kebetulan. Dan yang terakhir yaitu ada penempatan secara frase, bahwa random adalah random number atau nomor acak dan at random atau secara acak. Sehingga dalam bahasa Inggris, random bisa memiliki arti berbeda tergantung penempatannya.

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa berdasarkan fungsinya dalam kalimat, kata random sendiri dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, yakni kata sifat, kata benda, dan kata keterangan.

Random sebagai kata Sifat

Sebagai kata sifat, arti random merujuk pada hal yang terjadi, dilakukan, atau dipilih secara kebetulan daripada menurut rencana, atau sesuatu yang acak, tidak sesuai pola atau sistem, tidak dapat diduga, dan sebagainya.

Random sebagai Kata Benda

Sebagai kata benda, arti random bisa dipahami sebagai ketidaktetapan, ketidakjelasan, keserampangan, keadaan tidak teratur, dan keacakan. Random dalam kata benda juga digunakan dengan bentuk kata “randomness”.

Random sebagai Kata Keterangan

Sedangkan sebagai kata keterangan atau adverb, arti random dapat dipahami sebagai cara sesuatu dipilih atau ditentukan secara acak. Adapun bentuk kata random sebagai adverb biasanya ditulis dengan bentuk "randomly."

4 dari 5 halaman

Sinonim Kata Random

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, arti random adalah esuatu yang acak, tidak sesuai pola atau sistem, tidak dapat diduga, dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris, ada sejumlah kosa kata lain yang juga dapat merujuk pada hal-hal aca, tidak jelas, dan tidak diduga, yang menjadi sinonim dari kata random.

Adapun sinonim dari kata random antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Aimless, artinya tidak memiliki tujuan, maksud, atau arah.
  2. Capricious, artinya impulsif, tidak terduga, atau ditentukan oleh kebetulan.
  3. Arbitrary, artinya sewenang-wenang atau ditentukan secara kebetulan, keinginan, dan dorongan hati, bukan kebutuhan.
  4. Irregular, artinya tidak teratur atau sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan aturan atau tatanan yang ada.
  5. Planless, artinya tanpa rencana.
  6. Fortuitous, artinya terjadi secara kebetulan dan membawa keberuntungan.
  7. Impulsive, artinya bertindak atau berbicara secara cepat dan tanpa perencanaan.
  8. Indiscriminate, artinya sembarangan atau sesuatu yang acak dan dilakukan tanpa pilihan yang cermat.
  9. Accidental, artinya hal yang terjadi secara kebetulan, tidak terduga, dan tidak disengaja.
  10. Unplanned, artinya hal yang tidak dapat direncana.
  11. Unaimed, artinya tanpa tujuan. Kata ini dapat digunakan apabila dalam keadaan tersesat.
  12. Disordered, artinya acak.
5 dari 5 halaman

Contoh Kalimat dengan Menggunakan Kata Random

Untuk lebih memahami arti random, penting bagi kita untuk memahami cara menggunakan kata tersebut dalam kalimat. Berikut adalah sejumlah contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata random:

1. The survey used a random sample of two thousand people across England and Wales. (Survei tersebut menggunakan sampel random dari dua ribu orang di seluruh Inggris dan Wales.)

2. Children's words and actions are often fairly random. (Kata-kata dan tindakan anak-anak seringkali cukup random.)

3. The information is processed in a random order. (Informasi diproses dalam urutan random.)

4. Names were picked at random out of a hat. (Nama-nama diambil secara random dari sebuah topi.)

5. Three people were killed by shots fired at random from a minibus. (Tiga orang tewas akibat tembakan yang ditembakkan secara random dari sebuah minibus.)

6. The bride and groom were in shock when random guests who no one knew showed up at their reception. (Kedua mempelai terkejut ketika tamu random yang tidak dikenali muncul di resepsi mereka.)

7. It seemed that the latest attack was random and the murder had no real reason for choosing his victim. (Tampaknya serangan terakhir itu random dan pembunuhan itu tidak punya alasan kuat untuk memilih korbannya.)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat