uefau17.com

20 Makanan Khas Bandung Paling Populer, Jadi Pilihan Wisata Kuliner - Hot

, Jakarta Makanan khas Bandung merupakan salah satu daya tarik wisata yang tidak kalah dengan wisata lainnya. Seperti yang telah diketahui, Bandung memang memiliki berbagai wisata alam, wisata kota, dan budaya yang mengagumkan. Apalagi, ditambah dengan udara yang sejuk.

Namun, tidak lengkap rasanya berlibur ke Bandung kalau tidak menikmati sajian kuliner khas yang menggugah selera. Kamu mungkin sudah mengenali berbagai macam makanan khas Bandung seperti, Seblak, Cilok, Batagor, hingga Surabi. 

Makanan khas Bandung menjadi destinasi wisata kuliner favorit banyak orang. Meskipun makanan-makanan ini sudah banyak dijual di daerah-daerah lain di seluruh nusantara, namun mencoba makanan khas Bandung langsung dari tempat asalnya tentu akan lebih memuaskan.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/1/2021) tentang makanan khas Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Khas Bandung

Seblak

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang tak boleh dilewatkan. Meski makanan ini bisa ditemukan di daerah mana saja, rasanya belum lengkap jika tak mencicipi langsung seblak di Bandung. Seblak terbuat dari kerupuk basah dengan isian lezat lain seperti sayur, daging dan telur.

Cuanki

Cuanki merupakan makanan khas Bandung yang mirip dengan sajian bakso Malang atau bakwan Kawi. Satu porsi cuanki terdiri dari aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng serta kuah kaldu panas yang segar. Cuanki biasa disajikan bersama taburan seledri dan daun bawang.

Mie Kocok

Mie kocok dibuat dengan mengocok-ngocok mi dalam wadah sambil dicelup ke dalam air panas. Makanan khas Bandung ini berisi mi kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan hidangan khas Sunda yang dibuat dari beras bagolo atau beras merah campuran yang dimasak dengan bungkus daun pisang. Nasi ini biasanya ditemani daging atau ikan, tahu, tempe serta sambal dan lalapan.

3 dari 6 halaman

Makanan Khas Bandung

Cimol

Cimol merupakan makanan khas Bandung singkatan dari aci digemol. Cimol punya dua varian, yakni cimol basah dan cimol kering. Cimol basah menggunakan saus cair untuk bumbunya, sedangkan cimol kering hanya menggunakan bubuk cabai kering yang pedas. Biasanya cimol dijajakan dengan jenis cimol kering, karena hanya perlu menaburkan bubuk cabai.

Cireng

Sama seperti seblak, cireng merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sangat populer. Cireng merupakan kependekan dari ‘aci digoreng’. Adonan aci dipadukan dengan tepung terigu, merica bubuk, bawang putih, daun bawang, kedelai, garam, dan air. Adonan ini dibentuk dan digoreng untuk kemudian disajikan.

Cilok

Bandung juga merupakan tempat asal dari cilok atau aci dicolok. Cilok dibuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat, lalu ditusuk satu persatu seperti sate, lalu dikonsumsi dengan saus atau bumbu kacang.

4 dari 6 halaman

Makanan Khas Bandung

Batagor

Batagor mungkin merupakan salah satu makanan khas Bandung yang pasti sudah tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Olahan bakso dan tahu yang digoreng ini hampir bisa ditemukan di mana saja. Batagor dibuat dari adonan tepung tapioka yang dimasukkan ke dalam kulit pangsit sebelum akhirnya digoreng. Batagor dihidangkan bersama tambahan bumbu kacang yang pedas dan gurih.

Karedok

Karedok sekilas mirip dengan lotek atau gado-gado dengan siraman bumbu kacang. Bedanya, sayuran pada karedok disajikan dalam keadaan mentah. Biasanya sayur untuk dijadikan karedok adalah tauge, kol, kemangi, kacang panjang, terong, dan mentimun.

Ulukutek Leunca

Makanan khas Bandung berikutnya adalah Ulukutek Leunca. Ulukutek Leunca merupakan oleahan leunca (ranti) yang dimasak bersama dengan sambal oncom. Ada rasa pedas sekaligus pahit, serta terasa gurih dan renyah di mulut.

Rujak Cuka

Rujak cuka merupakan olahan rujak sayur hingga buah dengan cita rasa asam, pedas, dan manis. Rujak cuka menggunakan kuah yang lebih cair dari rujak pada umumnya. Kuah asam yang digunakan untuk membumbuinya dibuat dari bumbu halus dengan rempah cabai merah, cabai keriting merah, terasi, garam, dan ebi kering.

5 dari 6 halaman

Makanan Khas Bandung

Surabi

Surabi adalah makanan khas Bandung berupa olahan adonan tepung beras yang dimasak dengan tungku. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Peuyeum

Peuyeum merupakan kuliner Bandung yang begitu legendaris. Di tempat lain Peuyeum dikenal dengan tape. Peuyeum merupakan tape dengan kadar air yang jauh lebih sedikit, yang membuatnya bisa bertahan jauh lebih lama.

Colenak

Colenak merupakan olahan peuyeum bakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Makanan ini termasuk makanan khas Bandung yang sangat legendaris.

Bandros

Bandros merupakan kue dari campuran tepung beras dan santan yang berbentuk seperti pukis dengan rasa gurih. Taburan gula pasir untuk menambah cita rasa membuatnya digemari banyak orang. Bahkan, sekarang banyak varian bandros kekinian yang menggugah selera dan wajib kamu coba.

Pisang Bollen

Pisang Bollen adalah oleh-oleh camilan dari Bandung yang sering kali dibawa pulang wisatawan. Menyediakan berbagai varian rasa seperti kacang hijau, peuyeum, coklat, ataupun keju, kamu bisa memilih sesuai selera.

 

6 dari 6 halaman

Makanan Khas Bandung

Ambokueh

Ambokueh merupakan makanan khas Bandung hasil alkulturasi budaya Tiongkok. Ambokueh terdiri dari telur, tahu goreng, lapicong atau sosis daging babi, dan bawang putih yang disiram dengan kuah berbahan tepung tapioka. Ambokueh juga bisa terdiri dari sosis daging sapi atau ayam.

Baso tahu

Baso tahu adalah tahu yang berisi daging ikan giling. Dalam satu porsi baso tahu akan merujuk pada makanan berupa tahu isi daging, siomay, dan bumbu kacang sebagai bumbunya. Dalam satu porsinya juga kerap ada tambahan lain berupa telur rebus, kentang rebus, kol, dan pare. Hidangan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang pedas.

Gehu

Gehu merupakan singkatan dari toge tahu. Makanan khas Bandung ini mirip seperti tahu isi dengan isi toge di dalamnya. Tahu kemudian digoreng dengan lapisan tepung krispi. Gehu yang sangat terkenal di Bandung adalah Gehu Jeletot.

Tahu Susu Lembang

Jika berkunjung ke Lembang, jangan lupa membeli Tahu Susu Lembang. Tahu susu hampir mirip dengan tahu normal, yakni dibuat dengan kacang kedelai, namun diberi tambahan susu segar. Apabila dibandingkan dengan tahu biasa, isian dari tahu susu lembang juga terasa lebih padat. Kehadiran susu dalam adonannya membuat makanan satu ini memiliki rasa yang lebih lembut serta gurih.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat