uefau17.com

Firasat Orang akan Meninggal Dunia Menurut Islam, Pahami Penjelasannya dalam Al-Quran - Hot

, Jakarta Firasat orang akan meninggal dunia perlu kamu pahami. Dalam Islam, kematian merupakan suatu hal yang sudah pasti akan terjadi. Saat takdir Allah SWT telah ditetapkan, seorang hamba tidak dapat lari dari situasi tersebut. Kematian tetap akan datang.

Seperti disebutkan dalam QS. Al-Imran: 185:

“Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Dan sesungguhnya akan disempurnakan pahala kalian pada hari kiamat. Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka ia benar-benar telah beruntung. Dan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya."

Firasat orang akan meninggal dunia dibagi berdasarkan waktunya. Firasat ini ada yang muncul 100 hari menjelang kematian, 40 hari, 7 hari, 3 hari, hingga sehari saja. Namun, perihal kematian ini hanya Allah SWT saja yang tahu, bukanlah seorang manusia.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/4/2023) tentang firasat orang akan meninggal dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Firasat Orang akan Meninggal Dunia Menurut Islam

Firasat orang akan meninggal dunia tidak terdapat di dalam Al-Quran maupun hadis. Jadi, kamu tidak boleh percaya begitu saja terkait firasat orang akan meninggal dunia ini. Dalam Al-Quran memang terdapat banyak pembahasan tentang kematian. Seperti pada QS. Luqman ayat 34, yang artinya:

“Tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengetahui dengan detail.”

Dari penjelasan tersebut, dijelaskan bahwa hanya Allah SWT yang mengetahui secara detail kapan dan di mana seseorang akan meninggal. Dalam ayat ini dijelaskan bahwa tidak ada siapapun manusia di bumi yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari. Dan tidak ada seorangpun yang tahu di mana ia akan mati.

Sementara itu pada surat lainnya, yaitu QS An Nisa’ ayat 78,  juga disebutkan bahwa:

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” QS An Nisa’ 78.

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah SWT hanya menjelaskan bahwa kematian tidak dapat dihindari oleh siapapun. Kematian dapat terjadi dalam keadaan apapun bahkan tanpa tanda-tanda sekalipun, karena kematian hanyalah berada di tangan Allah SWT.

Hal ini dapat menjadi pengingat kepada semua manusia agar selalu mengingat Allah SWT dengan terus beribadah. Dengan mengingat kematian maka manusia akan selalu meningkatkan keimanan, ketakwaan, terus memperbaiki diri, dan memohon ampunan pada Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Firasat Orang akan Meninggal Dunia Berdasarkan Waktunya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, firasat orang akan meninggal dunia dapat dibagi berdasarkan waktunya. Namun, tidak semua orang dapat merasakan firasat-firasat ini. Berikut beberapa firasat orang akan meninggal dunia berdasarkan waktunya:

100 Hari Sebelum Kematian

Firasat orang akan meninggal dunia yang pertama yaitu bisa muncul 100 hari sebelum kematian.Tandanya yaitu setelah masuk waktu Ashar seluruh tubuh terasa menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Tanda ini akan terasa nikmat bagi orang dengan keimanan yang tinggi, langsung dapat menerima bahwa ini isyarat dari Allah tentang ajal sudah dekat. Sementara, hal ini berbanding terbalik dengan orang-orang yang tingkat keimanannya rendah.

40 Hari Sebelum Kematian

Firasat orang akan meninggal dunia selanjutnya bisa muncul 40 hari sebelum kematian. Tandanya juga muncul setelah masuk waktu ashar, di mana bagian pusat dari tubuh kamu akan berdenyut. Ini merupakan pertanda bahwa daun yang tertulis nama kamu dari pohon yang terletak di Arshy Allah SWT telah gugur. Lalu malaikat maut mengambil daun tersebut dan segera membuat persiapan, di antaranya mulai mengawasi kamu setiap saat.

7 Hari Sebelum Kematian

Firasat orang akan meninggal dunia juga bisa muncul 7 hari sebelum kematian. Biasanya, tanda ini hanya diberikan Allah SWT terhadap orang yang diuji dengan penyakit. Dalam hal ini tandanya yaitu biasanya orang yang sedang sakit tak berselera makan, tiba-tiba ingin makan. Ini merupakan isyarat dari Allah bahwa kematian memang benar-benar sudah dekat.

3 Hari Sebelum Kematian

3 hari sebelum kematian biasanya kamu akan merasakan denyutan di tengah dahi, yaitu antara dahi kanan dan dahi kiri. Pada firasat orang akan meninggal dunia ini kamu dianjurkan untuk berpuasa. Hal ini supaya perut tak mengandung banyak najis dan akan memudahkan orang lain memandikan jasad kamu.

Tanda-tanda fisiknya yaitu mata hitam kamu tak bersinar lagi, bagi orang yang sakit hidungnya perlahan akan masuk ke dalam, telinga akan layu dan berangsur-angsur masuk ke dalam, dan tapak kaki tegak yang berangsur-angsur lurus ke depan dan sukar untuk ditegakkan lagi.

1 Hari Sebelum Kematian

Firasat orang akan meninggal dunia yang terakhir yaitu yang muncul 1 hari sebelum kematian.Tanda-tanda kematian ini juga terjadi setelah waktu ashar, di mana kamu akan merasakan denyutan di bagian ubun-ubun. Ini menandakan kamu sudah tak sempat lagi melihat waktu ashar keesokan harinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat