uefau17.com

5 Fungsi Tulang Paha dan Penjelasannya, Ini Contoh Tulang Pipa - Hot

, Jakarta - Tulang paha atau femur adalah tulang panjang yang terletak di paha bagian atas. Tulang paha manusia merupakan tulang terbesar dan terkuat dalam tubuh. Tulang paha adalah contoh tulang pipa.

Ini jenis tulang panjang yang memiliki bagian tengah yang berongga dan ujung yang lebih besar. Apa fungsi tulang paha manusia ini? Fungsi tulang paha yang dimaksudkan adalah menopang tubuh, gerak tubuh, hingga melindungi organ vital tubuh.

Struktur tulang paha kuat dan fleksibel untuk menjalankan fungsi-fungsi vital bagi tubuh manusia. Korteks tulang pada tulang paha terdiri dari jaringan tulang padat dan tebal yang memberikan kekuatan dan kepadatan pada tulang.

Berikut ulas lebih mendalam tentang fungsi tulang paha dan penjelasannya, Jumat (3/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian dan Struktur Tulang Paha

Tulang paha atau femur adalah tulang panjang yang terletak di paha bagian atas. Tulang paha manusia merupakan tulang terbesar dan terkuat dalam tubuh. Tulang paha adalah contoh tulang pipa.

Ini jenis tulang panjang yang memiliki bagian tengah yang berongga dan ujung yang lebih besar. Struktur ini memberikan kekuatan dan fleksibilitas pada tulang pipa. Strukturnya memiliki bagian tengah yang berongga dan ujung yang lebih besar.

Bagian Tulang Paha

lansir dari berbagai sumber, tulang paha terdiri dari beberapa bagian dan struktur, yaitu:

- Kepala tulang (head of femur)

Bagian kepala tulang merupakan ujung tulang paha yang menghubungkan tulang dengan persendian panggul.

- Leher tulang (neck of femur)

Bagian leher tulang adalah bagian yang menyempit di antara kepala tulang dan badan tulang. Leher tulang sangat rentan terhadap cedera dan patah tulang.

- Badan tulang (shaft of femur)

Bagian badan tulang adalah bagian tulang paha yang berbentuk silinder dan terpanjang. Bagian ini merupakan bagian yang paling kuat dan berfungsi untuk menopang berat tubuh.

- Epikondilus medial dan lateral

Bagian ini merupakan bagian dari tulang paha yang berada di bawah leher tulang. Epikondilus medial dan lateral berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot dan ligamen yang menghubungkan tulang paha dengan tulang kering.

- Kondilus (condyles)

Bagian ini merupakan ujung bawah dari tulang paha yang membentuk persendian dengan tulang kering. Kondilus medial dan lateral membentuk rongga sendi lutut.

Struktur Tulang Paha

Struktur tulang paha adalah sebagai berikut:

- Korteks tulang

Bagian korteks tulang adalah bagian luar yang padat dan tebal dari tulang paha. Korteks tulang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan kepadatan pada tulang.

- Medulla tulang

Bagian medulla tulang adalah bagian dalam tulang yang berisi sumsum tulang. Sumsum tulang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah.

- Ligamen

Ligamen adalah serat-serat jaringan ikat yang menghubungkan tulang paha dengan tulang panggul dan tulang kering. Ligamen berfungsi untuk menjaga stabilitas persendian dan mencegah pergeseran tulang.

- Otot-otot

Tulang paha juga dilengkapi dengan otot-otot yang melekat pada permukaan tulang. Otot-otot ini berfungsi untuk menggerakkan tulang paha dan membantu menopang berat tubuh.

3 dari 3 halaman

Fungsi Tulang Paha dan Penjelasannya

Tulang paha adalah contoh utama dari tulang pipa dalam tubuh manusia, dengan struktur yang kuat dan fleksibel untuk menjalankan fungsi-fungsi vital bagi tubuh manusia. Korteks tulang pada tulang paha terdiri dari jaringan tulang padat dan tebal yang memberikan kekuatan dan kepadatan pada tulang.

Ini penjelasan fungsi tulang paha yang lansir dari berbagai sumber:

- Menopang berat tubuh

Fungsi tulang paha adalah membantu menopang berat tubuh manusia dan mentransfer beban tubuh ke kaki dan kaki kaki ketika berdiri atau berjalan.

Dalam buku berjudul Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 (2020) oleh Christiana Umi, fungsi tulang paha adalah menopang karena tanpa tulang paha maka seseorang tidak akan bisa berdiri atau berjalan.

- Gerakan tubuh

Fungsi tulang paha adalah berperan penting dalam gerakan tubuh. Tulang paha berbentuk seperti silinder dan memiliki kepala tulang yang berputar pada panggul, sehingga memungkinkan manusia untuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik.

- Melindungi organ vital

Fungsi tulang paha adalah membentuk persendian dengan panggul dan membentuk rongga pelvis. Rongga pelvis ini melindungi organ vital seperti rahim, kandung kemih, usus besar dan usus kecil.

- Mempertahankan postur tubuh

Fungsi tulang paha adalah membantu mempertahankan postur tubuh. Pada posisi berdiri, tulang paha bekerja sama dengan otot-otot panggul dan otot-otot kaki untuk mempertahankan keseimbangan dan postur tubuh yang baik.

Christiana Umi menjelaskan ada dua jenis otot di tulang paha, yakni otot origo dan otot insersio. Tulang paha disebut pula sebagai tulang terkuat untuk melakukan transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

- Produksi sel darah

Fungsi tulang paha adalah juga sebagai tempat produksi sel darah merah. Sumsum tulang di dalam tulang paha adalah tempat di mana sel darah merah diproduksi dan dilepaskan ke dalam aliran darah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat