uefau17.com

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja, Perhatikan Unsur-Unsurnya - Hot

, Jakarta Cara mengisi daftar riwayat hidup sangat penting diketahui oleh pelamar yang akan melamar pekerjaan. Daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen penting yang berisi data pribadi disertai berbagai uraian tentang pengalaman kita.

Dengan mengetahui cara mengisi daftar riwayat hidup, maka pelamar akan membuatnya lebih menarik dan lengkap supaya dapat dilirik oleh HRD. Cara mengisi daftar riwayat hidup biasanya dapat dilakukan dengan beberapa langkah yakni dengan tulis tangan dan tamplate dari perusahaan.

Daftar riwayat hidup berisikan beberapa unsur-unsur seperti nama dan tanggal lahir, kemudian riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan, keahlian yang dimiliki, serta informasi lain yang berkaitan dengan diri pelamar maupun pekerjaan yang dilamar.

Berikut ini ulas mengenai cara mengisi daftar riwayat hidup untuk melamar kerja dan unsur-unsurnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Daftar Riwayat Hidup

Adapun beberapa unsur-unsur daftar riwayat hidup yang perlu anda ketahui, antara lain:

1. Nama lengkap

2. Jenis kelamin

3. Tanggal lahir

4. Kondisi kesehatan

5. Pengalaman kerja atau organisasi

Apabila telah mengikuti berbagai pendidikan atau pelatihan dan pengalaman serta memperoleh sertifikat atau ijazah dari setiap pendidikan atau pelatihan yang telah diikuti, sebaiknya dicantumkan seluruhnya dalam daftar riwayat sendiri.

6. Riwayat pendidikan

Untuk urutan penulisan pendidikan dan pengalaman dalam daftar riwayat hidup sebaiknya sesuai dengan urutan tahun diperolehnya ijazah atau sertifikat yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pihak perusahaan menilai kemajuan-kemajuan yang diraih di pelamar sebelumnya.

7. Keahlian yang dimiliki

8. Foto diri

Jika diminta, lampirkan foto dalam keadaan berpakaian rapi atau berjas lengkap dengan dasi. Kalaupun tidak diminta, tidak ada salahnya melampirkan foto diri sebanyak dua lembar dengan ukuran 4x6 di dalam berkas surat lamaran.

Dalam menulis daftar riwayat hidup berilah gambaran citra diri yang baik dengan memberikan hal-hal yang positif (tetapi didukung dengan kebenaran) mengenai diri si pelamar. Hal negatif atau kurang berkenan sebaiknya tidak perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup.

3 dari 5 halaman

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup dengan Microsoft Word

Berikut ini cara mengisi daftar riwayat hidup dengan Microsoft Word, yakni:

1. Pilih template yang telah tersedia

Cara mengisi daftar riwayat hidup dengan menggunakan Microsoft Word yakni Anda tinggal mengklik menu FILE, lalu pilih NEW. Saat itu, berbagai template yang telah tersedia akan ditampilkan. Pilih template yang Anda inginkan.

2. Unduh template secara online

Anda bisa memilih template dengan mengunduhnya secara online sebagai salah satu cara mengisi daftar riwayat hidup yang menarik di Word. Setelah itu, buka dokumen baru dan carilah “resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh template secara online tanpa membuka Microsof Word terlebih dahulu dengan menggunakan Office Online. Kunjungi situs web resminya di https://templates.office.com/ dan klik segmen resume dan surat pengantar. Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label “Browse by Category”.

3. Selesaikan CV

Setelah itu, anda hanya akan menunggu tamplate yang diunduh. Setelah selesai, maka anda sudah bisa mengisi biodata diri dalam daftar riwayat hidup. Untuk mendapatkan hasil yang baik, anda harus teliti dalam cara mengisi daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang menarik di Word ini.

4 dari 5 halaman

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup dengan Tulisan Tangan

Biasanya format dari daftar riwayat hidup sudah disediakan oleh tiap masing-masing perusahaan, Anda hanya perlu mengunduh dan mencetaknya. Setelah itu, anda bisa mengisinya dengan teliti dan cermat. Namun, jika perusahaan anda yang ingin anda lamar tidak memiliki format daftar riwayat hidup, anda dapat membuat sendiri. Berikut cara mengisi daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan, antara lain:

1. Siapkan kertas yang akan digunakan untuk membuat daftar riwayat hidup, disarankan untuk menggunakan kertas folio bergaris agar tulisan lebih rapi.

2. Tulis dengan tulisan tangan anda sendiri dan usahakan tulisan tangan anda tidak berantakan dan hindari coretan yang berlebih.

3. Buat daftar riwayat hidup secara berurutan dengan format:

a. Identitas Diri

b. Riwayat Pendidikan berurutan

c. Pengalaman Bekerja

d. Keahlian

e. Informasi tambahan

4. Di bagian akhir sertakan kalimat penutup seperti “Demikian daftar riwayat ini saya buat sebenar-benarnya” untuk menunjukan bahwa daftar riwayat yang dibuat adalah benar dan asli.

5 dari 5 halaman

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut ini terdapat contoh dari daftar riwayat hidup yang bisa anda jadikan referensi, yakni:

Daftar Riwayat Hidup

Biodata

- Nama: Yohanna Arisandi

- Tanggal Lahir: 11 Agustus 1997

- Jenis Kelamin: Perempuan

- Status Pernikahan: Lajang

- Alamat: Jalan Cemara I, Caturtunggal, Ngetsiharjo, Bantul

- Telp: 082134532132

- Email: yohanna11@gmail.com

Detail Pendidikan

- 2013 – 2016 SMA Nusa Bangsa, Yogyakarta

- 2016 – 2020 Sastra Inggris, Universitas Duta Bangsa (IPK 3.92/4.00)

- 2020 – 2022 Sastra Inggris - Program Pascasarjana, Massachusetts Institute of Technology

Pengalaman Kerja

- 2017 – 2020 Guru private Bahasa Inggris

- 2020 – 2022 Translator Lepas

Keterampilan

- Microsoft Office dan SPSS

- Bahasa Inggris (IELTS: 7.5)

Demikian daftar riwayat hidup saya buat dengan sebenarnya.

 

Yogyakarta, 14 Februari 2021

 

Yohanna Arisandi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat