uefau17.com

SINTESA adalah Aplikasi Berbasis Web, Ketahui Bedanya dengan SIMONAS - Hot

, Jakarta SINTESA adalah aplikasi berbasis web, yang dapat mendukung kinerja dan tupoksi satuan kerja. Perlu dipahami bahwa aplikasi web adalah salah satu wadah, yang mengunakan teknologi browser, untuk menjalankan aplikasi dan diakses melalui jaringan komputer. Menurut (Rouse, 2011) seorang komposer terkenal di Amerika, aplikasi web adalah sebuah program yang disimpan di Server dan dikirim melalui internet dan diakses melalui antarmuka browser. 

SINTESA adalah Aplikasi berbasis web yang kerap digunakan oleh Pusbang Profesi dan Sertifikasi, untuk mendukung kinerja dan tupoksi satuan kerja. Adapun aplikasi web ini, dimanfaatkan oleh seluruh sivitas satuan kerja ketika mengelola pekerjaan sehari-hari, terkait pengembangan SDM seperti sertifikasi kompetensi dan pelatihan TIK untuk masyarakat.

Melansir dari laman Balitbang SDM Kominfo, SINTESA adalah aplikasi web yang memungkinkan seluruh sivitas dapat melakukan pekerjaan kapan dan di mana saja secara online. Dengan cara ini, akan meningkatkan seluruh produktifitas dan efektifitas kinerja Pusbang Proserti. Aplikasi SINTESA juga mengintegrasikan seluruh aspek dan sektor kerja, mulai dari modul layanan e-office internal, pendaftaran peserta pelatihan secara online, database dan dokumentasi, hingga report dan statistik.

Berikut ini modul aplikasi SINTESA yang rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Aplikasi Berbasis Web

SINTESA adalah aplikasi berbasis web, yang memiliki sejumlah modul panduan yang perlu untuk dipahami. Namun sebelum mengetahui apa saja modulnya, maka Anda perlu mengetahui seperti apa aplikasi berbasis web.

Aplikasi berbasis web merupakan salah satu wadah, yang kemudian dikembangkan menggunakan bahasa HTML, PHP, CSS, JS, yang membutuhkan web server dan browser untuk menjalankan fungsi dan kinerjanya. Adapun web server yang dibutuhkan seperti Chrome, Firefox atau Opera. Aplikasi Web umumnya akan berjalan pada jaringan internet maupun intranet (Jaringan LAN), di mana data akan terpusat dan pengguna mengalami kemudahan dalam akses.

Aplikasi Web lebih banyak diminati dan lebih mudah diimplementasikan pada berbagai bidang kehidupan, dan aplikasi ini juga dibuat dalam bahasa markup. Aplikasi berbasis web mulai populer seiring dengan jumlah pengguna internet yang aktif, serta bisa diakses melalui perangkat tanpa sumber daya yang besar dari sisi perangkat keras atau lunak. 

3 dari 5 halaman

Modul Aplikasi SINTESA

Aplikasi SINTESA terdiri dari beberapa modul utama, yang perlu untuk diketahui. Adapun modul yang dimiliki oleh SINTESA adalah sebagai berikut: 

- Dashboard

Melansir dari laman Balitbang SDM Kominfo, dashboard adalah salah satu modul yang berfungsi untuk melihat summary dari report pelaksanaan kegiatan sertifikasi dan pelatihan, yang telah dilaksanakan disetiap daerah. Pelaksanaan ini meliputi jumlah kelulusan dan presentase output dan target

- Database Kegiatan & Persuratan Online

Modul utama dari aplikasi SINTESA memungkinkan setiap sivitas dapat membuat rencana kegiatan dan surat kegiatan secara online. Adapun surat yang telah dibuat, akan di Approved secara online oleh Kapusbang Proserti, sehingga dapat meminimalisir penggunaan kertas. 

 

- Database Narasumber

Modul SINTESA ini berisi database narasumbe,  yang meliputi informasi personal baik itu kontak, email, NPWP, KTP dari masing-masing Narasumber kegiatan. 

- Database Pemerintah Daerah

Adapun modul yang dimiliki SINTESA ini, berisi database panitia daerah yang pernah berkoordinasi dengan Pusbang Proserti, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan koordinasi dikemudian hari.

- File sharing

Modul ini akan digunakan oleh masing-masing sivitas, untuk saling berbagi dan mengunduh file maupun dokumen yang meliputi notulensi, paparan, dokumentasi kegiatan, dll.

- Publikasi

Modul yang digunakan SINTESA berguna untuk mempublish dokumen, dalam bentuk informasi publik berupa peraturan, acuan-standar, maupun kajian yang dilakukan oleh Pusbang Proserti.

- Report

Modul ini umumnya akan digunakan untuk menampilkan statistik dan smart report, terkait sertifikasi dan pelatihan yang telah dilakukan, report ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kegiatan. 

- Database Peserta Pelatihan

Modul ini biasanya berisi data peserta, yang telah mengikuti sertifikasi dan pelatihan yang telah dilaksanakan oleh Pusbang Proserti. Dalam database peserta, biasanya data yang digunakan berisi informasi personal, kontak, dan informasi pelatihan yang diikuti. 

4 dari 5 halaman

SIMONAS (Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi)

SIMONAS atau Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi, adalah platform berbasis web untuk membantu mempertemukan para alumni sertifikasi dan pelatihan yang telah dinyatakan kompeten. Umumnya para alumni ini  akan memiliki sertfikat kompetensi, dengan perusahaan dan industri sehingga dapat mempercepat dan memudahkan mereka dalam mendapatkan pekerjaan.

Alumni yang telah memiliki sertifikat, akan diberikan account untuk mengakses aplikasi SIMONAS dan melamar pekerjaan yang tersedia sesuai dengan minat dan kompetensi mereka. Aplikasi Simonas telah bermitra dengan 20 perusahaan dan startup baik lokal maupun nasional. Aplikasi Simonas juga telah digunakan dalam penerimaan dan seleksi tenaga honorer Digital Talent Scholarship 2019 yang diminati lebih dari 3.000 pencari kerja.

Aplikasi ini memiliki kelebihan antara lain:

- Para pencari kerja adalah alumni peserta pelatihan yang telah tersertifikasi.

- Perusahaan dapat menentukan jenis sertifikasi yang dibutuhkan pada lowongan pekerjaan, sehingga sistem yang digunakan juga akan otomatis memfilter hanya peserta bersertifikat relevan. 

5 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Website juga memiliki kekurangan dan kelebihan, berikut merupakan penjelasan mengenai kedua hal tersebut.

Kelebihan

- Dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti perangkat mobile, desktop, dan tablet. 

- Tidak membutuhkan spesifikasi yang besar, ketika ingin menjalankan sebuah website.

- Tidak memerlukan lisensi terkait dengan penggunaan website.

- Dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi (OS) seperti Windows, Linux, Mac, dll.

- Bisa ditampilkan dan dilihat kapanpun dan dimanapun, asalkan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Kelemahan

- Membutuhkan jaringan internet yang baik dan stabil agar website yang digunakan dapat terkoneksi dan ditampilkan dengan baik.

- Membutuhkan suatu sistem keamanan dengan jaringan yang baik, dari sisi server, browser, dan client. 

- Aplikasi berbasis website sangat rentan diserang berbagai virus, trash, malware yang berasal dari internet.  

- Ketika tidak memiliki keamanan sistem yang baik, maka mudah diserang hacker. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat