uefau17.com

Fungsi Fakta dalam Berita adalah untuk Menguatkan Kebenaran Informasi, Ini Penjelasannya - Hot

, Jakarta Fungsi fakta dalam berita adalah suatu hal yang perlu dipahami setiap orang. Berita merupakan suatu teks yang berisi informasi penting dan layak atau ingin diketahui oleh masyarakat umum. Berita adalah laporan berisi informasi yang aktual, terkini, dan berdasarkan fakta.

Berita adalah teks berisi informasi yang baru atau sedang terjadi. Berdasarkan cara penyampaiannya, berita dibagi menjadi dua jenis, yakni berita disampaikan secara lisan dan secara tertulis (tulisan). Penyampaian berita secara lisan sering kamu dengar dan lihat di televisi. Sementara, berita yang disampaikan secara tulisan banyak dijumpai di media cetak atau online.

Fungsi fakta dalam berita adalah untuk menguatkan kebenaran informasi yang ada dalam berita tersebut. Sebagai salah satu komponen berita, fakta sangat penting untuk membuat berita menjadi terpercaya, akurat, dan bermanfaat sebagai informasi ke masyarakat.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/12/2022) tentang fungsi fakta dalam berita.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Berita

Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Sebelum mengenali fungsi fakta dalam berita adalah untuk menguatkan kebenaran, kamu perlu memahami ciri-ciri teks berita terlebih dahulu. Melansir Bola.com, berikut beberapa ciri-ciri teks berita yang perlu kamu pahami:

- Aktual dan faktual. Aktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat kekinian atau baru. Dalam teks berita harus mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Kemudian, bisa juga merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi. Sementara, faktual berarti suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian itu terjadi saat ini, atau di masa lalu.

- Penting. Penting tidaknya sebuah berita tidak ditentukan oleh besar kecilnya atau panjang pendeknya berita, tetapi ditentukan sejauh mana masyarakat membutuhkan. Kebutuhan ini tidak hanya sekadar kebutuhan informasi, melainkan juga menyangkut hajat orang banyak.

- Objektif. Objektif adalah bersifat objek. Objek adalah hal, perkara, atau orang yang menjadi pokok pembicaraan. Jadi, objektif dalam hal pemberitaan adalah berita yang disampaikan benar-benar merupakan hal, perkara, atau pokok pembicaraan yang sebenarnya, tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi.

- Memuat unsur 5W+1H. Teks berita memuat unsur 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how). Penyampaian mengenai waktu, tempat, dan sumber berita harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

- Kejadian luar biasa. Hal-hal yang jarang terjadi akan menarik jika menjadi berita. Biasanya berita merupakan kejadian-kejadian unik dan menarik. Maka, hal-hal yang biasa tejadi tidak terlalu menarik untuk dibaca. Ada dua kejadian yang biasanya dijadikan teks berita, yaitu yang pertama adalah peristiwa tidak terduga. Peristiwa yang tidak terduga dan menyangkut hidup orang banyak. Contohnya kejadian bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, dan lain-lain. Kejadian yang kedua adalah yang tidak pernah ada sebelumnya. Sesuatu dianggap luar biasa karena tidak pernah atau jarang ada sebelumnya. Hal ini biasanya peristiwa-peristiwa yang muncul atau terjadi pada umumnya, seperti seorang perempuan yang melahirkan lima orang anak kembar sekaligus, dan lain sebagainya.

- Konflik. Berita-berita biasanya mengandung pertentangan antara pihak-pihak dalam berita tersebut. Berita ini dianggap menarik bagi masyarakat untuk membacanya. Tetapi, tentunya bukan hanya pertentangan saja yang ditampilkan. Melainkan harus ditunjukkan juga sebab akibat yang ditimbulkan dan diambil dari kedua pihak yang bertentangan. Jangan sampai sebuah berita berat sebelah. Sebuah berita harus tetap memegang kaidah cover both side, dengan memberi porsi yang sama kepada kedua pihak yang bersengketa.

- Human interest. Segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia selalu menarik untuk diikuti. Dalam sebuah teks berita, tidak ada satu pun yang lepas dari unsur human interest karena melibatkan perasaan manusia sebagai sumber berita. Setiap kali kamu membaca berita, ada unsur kemanusiaan di dalamnya yang membuat perasaan seseorang tersentuh.

3 dari 4 halaman

Definisi Fakta

Fungsi fakta dalam berita adalah sutu hal yang sangat penting dipahami. Sebelum itu, kamu tentu perlu memahami definisi fakta terlebih dahulu. Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan. Fakta dapat ditunjukkan benar atau salah tanpa keraguan, biasanya melalui beberapa bukti yang tak terbantahkan, seperti pengukuran atau pengamatan. Fakta adalah pengamatan yang tak terbantahkan dari fenomena alam atau sosial.

Fakta pada dasarnya adalah sesuatu yang ada, atau hadir dalam kenyataan. Fakta merupakan informasi yang tak bisa didebat lagi. Untuk dapat mengetahui sebuah informasi adalah fakta atau bukan yaitu dengan apakah hal itu dapat dibuktikan sesuai dengan pengalaman.

Fakta adalah hal-hal yang dapat dilihat secara visual, dan ini adalah hal-hal yang benar-benar dapat diverifikasi. Fakta merupakan hal-hal yang objektif daripada yang subjektif. Ini bukan hanya sesuatu yang diyakini, tetapi ini lebih atau kurang adalah hal-hal yang dapat diamati secara empiris, atau oleh indra. Jadi, fakta dapat dilihat dan didengar, serta dibuktikan dengan indera lainnya.

4 dari 4 halaman

Fungsi Fakta dalam Berita

Fungsi fakta dalam berita adalah penentu kualitas dari berita tersebut. Paling utama, fungsi fakta dalam berita adalah untuk menguatkan kebenaran informasi dalam berita tersebut. Infromasi yang menguatkan ini biasanya berupa data dan fakta. Jadi, penulis berita harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum menyiarkan berita. Hal ini agar berita tersebut dapat dipertanggung jawabkan kebanarannya.

Fungsi fakta dalam berita adalah untuk menyampaikan informasi secara apa adanya tanpa dikurangi atau ditambahi. Hal ini tentunya juga dilakukan agar pembaca percaya dengan informasi tersebut. Fungsi fakta dalam berita adalah untuk mendapatkan kepercayaan pembaca. Berita yang memuat fakta adalah berita yang memiliki banyak data yang valid dan akurat. Dengan adanya fakta, masyarakat akan mudah mempercayai sebuah berita. Sebaliknya, jika didasarkan pada opini semata, artinya berita tersebut perlu dipertanyakan keakuratannya.

Selin itu, fungsi fakta dalam berita adalah suatu hal yang dapat meyakinkan pembaca bahwa berita tersebut tidak memihak.ebrita harus bersifat objektif tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat