uefau17.com

Profil PT Tigaraksa Satria, Sejarah Berdiri dan Unit Bisnisnya - Hot

, Jakarta PT Tigaraksa Satria merupakan perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang penjualan dan distribusi. Berlokasi di Jalan H.R. Rasuna Said Kav. B-9, Setiabudi, Jakarta, PT Tigaraksa Satria didirikan pertama kali pada tanggal 17 November 1986. 

Terus berinovasi dan berkembang, PT Tigaraksa Satria tidak hanya berkecimpung di sektor distribusi dan penjualan, namun juga turut berinvestasi di beberapa perusahaan, seperti  Crystal Dentist, Blue Gaz, Always Ahead dan Tira S&D System.

Telah dikenal secara luas dan menjadi mitra banyak perusahaan besar lainnya, PT Tigaraksa Satria lima unit bisnis untuk memenuhi kebutuhan para mitranya. Mulai dari penjualan dan distribusi consumer product hingga produk smart family.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Tigaraksa Satria yang rangkum dari laman resmi perusahaan di tigaraksa.co.id pada Selasa (27/12/2022). Profil PT Tigaraksa Satria, sejarah berdirinya PT Tigaraksa Satria dan unit bisnis PT Tigaraksa Satria.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Tigaraksa Satria

Profil PT Tigaraksa Satria

PT Tigaraksa Satria Tbk Merupakan perusahaan publik yang bergerak di bidang distribusi. Bermarkas di Jakarta, Indonesia, dan didirikan pada 17 November 1988. PT Tigaraksa Satria Tbk adalah perusahaan penjualan dan distribusi yang berbasis di Indonesia. Perseroan juga melakukan investasi pada beberapa perusahaan. 

PT Tigaraksa Satria juga memiliki merek dagang Crystal Dentist, Blue Gaz, Always Ahead dan Tira S&D System. Perusahaan beroperasi melalui tiga segmen. Segmen produk makanan dan konsumen bergerak di bidang distribusi produk makanan dan konsumen. 

Segmen Gas (LPG) dan peralatan dapur lainnya bergerak di bidang manufaktur dan distribusi kompor gas, layanan isi ulang gas, pendistribusian blender dan penanak nasi.  Segmen buku bergerak di bidang pendistribusian buku-buku pendidikan dan ilmu pengetahuan. 

Unit bisnisnya meliputi Consumer Products (CP), Smart Family, LPG Refills & Kitchen Appliances, Manufacturing Services, dan S&D Digital Platform. Unit bisnis CP menawarkan produk nutrisi bayi dan anak, produk makanan, produk non makanan dan produk rantai dingin. Unit Keluarga Cerdasnya menyediakan produk pendidikan, peralatan rumah tangga hingga barang-barang kesehatan dan perawatan pribadi.

Visi : Menunjukkan keberhasilan dan keunggulan sebagai perusahaan Penjualan & Distribusi yang berorientasi pada pasar.

Misi : Memberikan keuntungan (value) kepada Stakeholder

Nilai Utama :

1. Integritas : Untuk memastikan kami memenuhi janji kami

2. Kemerdekaan : Untuk memastikan perawatan yang tidak bias

3. Inovasi : Untuk memastikan kami selalu tetap terkini dan relevan

Kompetensi Utama :

1. Mengetahui Pelanggan Anda

Kemampuan untuk mengenal customer dan kebutuhannya, serta berkomitmen untuk menghasilkan produk dan pelayanan yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan customer. Ini berlaku baik untuk customer internal maupun eksternal.

2. Manajemen Hubungan 

Kemampuan untuk membagun kredibilitas diri melalui penumbuhan empati, kesediaan untuk memberi dan menerima umpan balik, keterbukaan dalam berkomunikasi serta membina hubungan baik dengan orang lain.

3. Manajemen Rantai Persediaan

Kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, menganalisa dan mengawasi arus produk, dana dan informasi sehingga menghasilkan output yang bermutu dan memuaskan customer.

4. Inovasi 

Kemampuan dalam berpikir kreatif yang mampu menghasilkan ide-ide baru untuk menghasilkan output atau solusi baru yang bermanfaat bagi customer.

5. Manajemen Pengetahuan 

Kemampuan untuk melakukan kreasi, utilisasi dan distribusi pengetahuan sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan output yang bermanfaat bagi konsumen.

Alamat : Menara Duta Lantai 4, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. B-9, Setiabudi, Jakarta 12910

Phone : (021) 252 7300, 252 7276 (hunting)

Email : corporate@tigaraksa.co.id

3 dari 5 halaman

Sejarah Singkat PT Tigaraksa Satria

Sejarah Singkat PT Tigaraksa Satria

PT. Tigaraksa Satria, Tbk didirikan pada tahun 1988 dan terdaftar di BEI sejak tahun 1990. Perusahaan bergerak dalam bidang penjualan dan distribusi berskala nasional. Saat ini, kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan melalui unit bisnis dan anak perusahaannya adalah Produk Konsumen, Penjualan Langsung Produk Edukasi, Peralatan & Isi Ulang Gas, dan pembuatan susu kering. 

Sehingga setiap orang Indonesia memiliki akses terhadap kebutuhan hidup. Saat ini, kami menyediakan jalan untuk berkembang bagi saluran perdagangan dan prinsipal kami. Di antara prinsipal kami adalah PT. Sari Husada, PT. Nutricia Indonesia Sejahtera, PT. Wyeth Indonesia, PT. Mars Symbioscience Indonesia, PT. Colgate-Palmolive Indonesia, PT. Yupi Indo Jelly Gum, dll. 

Saat ini PT Tigaraksa Satria telah mempekerjakan 1700 orang dan mencakup 33 cabang di seluruh Indonesia dan berhasil mencatatkan pendapatan penjualan sebesar Rp 9.505 T (2015). Berikut ini lini masa berdiri dan berkembangnya PT Tigaraksa Satria. 

1919 : Berdirinya N.V. Handel Bouwen Cultuur Maatschappij Soen Lie, Perusahaan Perkebunan dan perdagangan Karet keluarga Widjaja. 

1959 : Perubahan nama N.V. Handel Bouwen Cultuur Maatschappij Soen Lie menjadi PT Tigaraksa (dan mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik  Indonesia melalui keputusan No. J.A.5/30/6 tanggal 2 Maret 1960)

1967 : Generasi kedua mengambil alih dan mendirikan perusahaan induk. Dan selanjutnya memisahkan bisnis Penjualan dan Distribusi menjadi PT Tigaraksa Satria (Perseroan) pada tahun 1986.

1988 : Perseroan mulai beroperasi pada bulan Januari 1988 dengan mengambil-alih unit usaha distribusi dari PT Tigaraksa (Holding) dan merupakan pemilik 100% saham Perseroan

1990 : Perseroan mencatatkan sahamnya pada tanggal 21 April 1990 di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya

2005 : Perluasan aktivitas perusahaan yang relevan dengan menyediakan jasa manufacturing. Membuka Manufacturing Services di Sleman, Jogjakarta

2010 : Peluncuran identitas korporasi yang baru, menjadi contoh keunggulan dalam memberikan layanan melalui fokus dan keahlian yang dimiliki perseroan

2019 : 100 tahun usia PT Tigaraksa Satria, Tbk, dan  terus mengoptimalkan Pertumbuhan

4 dari 5 halaman

Unit Bisnis PT Tigaraksa Satria

Unit Bisnis PT Tigaraksa Satria

1. Penjualan dan Distribusi Consumer Products

Unit Bisnis Consumer Products (CP) telah menjadi bisnis inti kami sejak beroperasi pada tahun 1988, Bergerak di bidang jasa Penjualan & Distribusi barang-barang konsumsi yang disalurkan langsung atau melalui sub-distributor kepada outlet tradisional dan outlet modern yang menjadi target pasar.

2. Penjualan Produk Smart Family

Unit Smart Family ditujukan untuk menyediakan pilihan cerdas bagi keluarga modern dengan menyediakan produk pendidikan, peralatan rumah tangga, produk kesehatan dan perawatan pribadi. Penjualan dan distribusi produk-produk edukasi di pasarkan secara langsung dan efisien dalam menyediakan layanan informatif kepada pengguna akhir.

3. Penjualan dan Distribusi dari Jasa Pengisian Ulang Gas & Produk Kebutuhan Rumah Tangga.

PT Tigaraksa Satria memiliki dan mengoperasikan dua pusat pengisian ulang yang berlokasi di Jakarta dan Gresik. Tabung gas silinder isi ulang dapat diperoleh melalui agen dan distributor kami yang tersebar luas

4. Layanan Produksi & Pengemasan Produk Bubuk 

Unit Bisnis Manufacturing Services (MS) kami yang berada di Sleman, Yogyakarta. Dilengkapi dengan mesin modern dan laboratorium canggih yang memiliki kualifikasi FSSC 22000 (Food Safety System Certification), ISO 9001:2015, HAS 23000 (Halal Assurance System) dan akreditasi laboratorium SNI IS0 IEC 17025:2017. Fasilitas manufaktur PT Tigaraksa Satria mampu menghasilkan 11.000 ton per tahun. PT Tigaraksa Satria menyediakan maklun, minuman serbuk, bumbu-kondimen bubuk, tepung gula, produksi dan pengemasan susu bubuk khusus untuk Pihak Ketiga.

5. Penjualan dan Distribusi Consumer Products melalui Platform Digital

Unit Bisnis Platform Digital S&D melayani kebutuhan pelanggan PT Tigaraksa Satria dalam e-Commerce dengan penjualan online dan menyediakan pengiriman tepat waktu dan di tempat.

5 dari 5 halaman

Karir di PT Tigaraksa Satria

Karir di PT Tigaraksa Satria

Untuk menghindari adanya modus penipuan terkait rekrutmen dan seleksi calon pekerja yang mengatasnamakan dan/atau menggunakan identitas PT Tigaraksa Satria, Tbk. oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dengan ini PT Tigaraksa Satria mengumumkan.

1. PT Tigaraksa Satria, Tbk. hanya mengiklankan pembukaan lowongan kerja yang berhubungan dengan bisnis Perusahaan

2. Informasi resmi mengenai lowongan kerja PT Tigaraksa Satria, Tbk. dapat dilihat di Halaman Job Vacancy, termasuk di situs pencari kerja online seperti www.jobstreet.com  yang saat ini telah bekerja sama dengan PT Tigaraksa Satria, Tbk.

3. Dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi, PT Tigaraksa Satria, Tbk. tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar.

4. PT Tigaraksa Satria, Tbk. tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan sehubungan dengan adanya penipuan yang mengatasnamakan PT Tigaraksa Satria, Tbk.

5. Apabila membutuhkan penjelasan lebih lanjut terkait proses rekrutmen dan seleksi PT Tigaraksa Satria, Tbk. dapat menghubungi Tim Rekrutmen di No. Telepon 021-2527300.

PT Tigaraksa Satria menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada jika sewaktu-waktu terjadi modus penipuan dalam proses penerimaan calon pekerja yang mengatasnamakan PT Tigaraksa Satria, Tbk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat