uefau17.com

Dropshot Adalah Salah Satu Teknik Pukulan dalam Bulu Tangkis, Begini Cara Melakukannya - Hot

, Jakarta Dropshot adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pukulan dalam olahraga bulu tangkis. Bulu tangkis merupakan olahraga yang olahraga dengan menggunakan raket yang dimainkan oleh dua orang untuk tunggal dan empat orang untuk partai ganda.

Dropshot adalah pukulan dalam beberapa olahraga raket di mana bola dipukul dengan relatif lembut, kadang-kadang dengan topspin atau backspin, sehingga mendarat tepat di atas dan dekat net.

Fungsi dari pukulan dropshot adalah untuk mengecoh permainan lawan dengan tingkat keberhasilan cukup besar dalam menghasilkan point atau angka. Padahal pukulannya mengarah ke sudur bawah jaring.

Untuk lebih paham, berikut ini ulas mengenai pengertian dropshot dan cara melakukannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (26/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Dropshot

Dropshot adalah salah satu jenis pukulan dalam olahraga bulu tangkis yang diarahkan agar bola jatuh tepat dimuka jaring. Dengan kata lain, dropshot adalah  pukulan yang dilakukan seperti smash. Perbedaannya dengan smash hanya pada posisi raket pada saat akan melakukan pukulan. Jika smash di lakukan dengan kekuatan penuh, maka pukulan dropshot hanya dipukul dengan dorongan atau sentuhan yang halus. Dropshot yang baik dilakukan jika jatuhnya shuttlecock dekat dengan net dan tidak melebihi garis ganda.

Pukulan dropshot memiliki karakterisktik yang unik. Jatuhnya shuttlecock selalu di dekat jaring di daerah lawan. Bagi pemula penting untuk mengetahui ini, faktor posisi tubuh, pegangan raket, gerak kaki dan perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul menjadi faktor yang amat menentukan. Dropshot akan semakin mematikan jika dipadukan dengan gerak tipu.

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan menempatkan shuttlecocksedekat mungkin dengan net dan secepat mungkin pada lapangan lawan.

Tujuan dari pukulan dropshot adalah untuk menggocek pemain lawan ketika pemain lawan sudah siap menerima pukulan smash di wilayah permainannya. Padahal ketika melakukan pukulan dropshot, shuttlecock akan jatuh pada bagian depan area permainan lawan tepat di bawah net.

Posisi jatuhnya shuttlecock akibat pukulan dropshot diperkirakan sangat sulit diraih oleh pemain lawan karena shuttlecock akan jatuh dengan posisi menukik di bagian depan. Maka tak jarang pukulan ini disebut sebagai pukulan tipuan. Dengan menggunakan pukulan dropshot maka pemain akan memenangkan menghasilkan point atau angka tambahan.

3 dari 5 halaman

Jenis Teknik Dropshot

Terdapat dua jenis teknik dropshot yang bisa dilakukan oleh pemain bulu tangkis, adalah

1. Slow dropshot

Slow dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan tenaga sambaran yang halus dan pelan hingga kok benar-benar jatuh di dekat net lawan.

2. Fast dropshot

Sedangkan fast dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan tenaga sambaran yang halus tetapi agak bertenaga hingga kok meluncur cepat namun tidak kuat.

4 dari 5 halaman

Aturan saat Melakukan Pukulan Dropshot

Perlu untuk diperhatikan bagi pemula yang ingin menggunakan pukulan dropshot dalam pertandingan bulu tangkis, berikut ini terdapat beberapa aturan melakukan teknik dropshot dalam olahraga bulu tangkis, yakni:

1. Aturan yang pertama adalah dengan menggunakan pegangan raket forehand dengan posisinya di samping bahu.

2. Posisi badan yang menyamping atau vertikal dengan arah net, posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri. Pada saat memukul suttlecock, harus terjadi perpindahan beban tubuh dari kaki kanan ke kaki kiri.

3. Posisi tubuh selalu diupayakan berada di belakang shuttlecock.

4. Pada saat perkenanaan shuttlecock, tangan harus lurus untuk menjangkau kok dan dorong dengan sentuhan yang halus.

5. Untuk arah forehand lawan, pukul bagian lengkungan kok sebelah kanan dan lengkung kiri untuk tujuan backhand.

6. Aturan yang lainnya adalah memposisi raket dengan mengikuti arah shuttlecock dan biasakan untuk bergerak cepat mengambil posisi pukul yang tepat di belakang shuttlecock.

7. Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat maupun setelah memukul shuttlecock.

8. Shuttlecock harus dipukul dengan sikap lengan lurus dan hanya menggunakan tenaga kecil. Lalu, pukulan potong ini mengandung aspek kehalusan gerak dan juga gerak tipu.

5 dari 5 halaman

Cara Melakukan Teknik Dropshot pada Bulu Tangkis yang Benar

Usai mengetahui aturan melakukan teknik dropshot dalam olahraga bulu tangkis, anda bisa melakukannya dengan cara ini:

1. Cara melakukan teknik dropshot dalam olahraga bulu tangkis yang pertama adalah dengan memposisikan tangan dengan pegangan forehand.

2. Peganglah raket dengan posisi menyamping badan.

3. Peganglah raket dengan rileks.

4. Bergeraklah dengan cepat agar posisi badan berada di belakang bola atau shuttlecock.

5. Pukul raket dengan posisi tangan lurus serta dorong atau sentuh bola atau shuttlecock dengan halus.

6. Arah bola atau shuttlecock melengkung ke arah kanan apabila akan memberikan pukulan dropshot ke arah forehand serta arahkan shuttlecock melengkung ke arah kiri jika ingin melakukan pukulan backhand.

7. Arahkan raket secara cepat ke arah shuttlecock.

8. Saat hampir mengenai shuttlecock, perlambat gerakannya supaya posisi jatuh tidak terlalu jauh. 

9. Posisi raket mengikuti arah shuttlecock atau bola.

10. Cara melakukan teknik dropshot dalam olahraga bulu tangkis yang terakhir adalah pukulan shuttlecock harus mengarah ke bawah dengan posisi menukik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat