uefau17.com

15 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak, Ketahui yang Boleh dan Tidak Boleh Dicoba - Hot

, Jakarta Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa bulu ketiak itu mengganggu. Mereka beranggapan bahwa penampilan akan kurang menarik dengan adanya bulu ketiak. Meskipun sudah banyak tren untuk tetap menumbuhkan bulu ketiak karena dianggap sebuah kecantikan tidak terbatas akan tumbuhnya bulu ketiak, nyatanya juga masih banyak orang yang tidak menyangkal hari removal. Cara menghilangkan bulu ketiak dapat dilakukan secara alami atau melalui berbagai produk modern yang bisa mudah ditemukan di pasaran.

Sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan bulu ketiak, terdapat beberapa fungsi atau manfaat bulu ketiak yang perlu diketahui. Beberapa fungsi bulu ketiak, seperti sebagai pelindung kulit ketiak dari zat-zat kimia, melindungi kulit ketiak dari racun dan bakteri, melindungi ketiak dari gesekan serta melindungi payudara karena kelenjar pada ketiak yang terhubung langsung pada payudara untuk melindungi dari zat-zat berbahaya atau racun yang masuk ke dalam kelenjar tersebut.

Setelah mengetahui fungsi bulu ketiak tersebut, kamu dapat mempertimbangkan apakah akan tetap menghilangkannya atau menumbuhkan dan merawatnya dengan baik. Berikut rangkum tentang berbagai cara menghilangkan bulu ketiak yang aman dari berbagai sumber untuk kamu yang ingin mencobanya, Kamis (17/11/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Alami yang Boleh Dilakukan untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

1. Madu dan Lemon

Dilansir dari Stylecraze, kamu dapat menggunakan madu untuk menghilangkan bulu ketiak. Kamu bisa mencampurkan madu dengan lemon untuk hasil yang lebih baik. Kelebihan cara yang satu ini karena mungkin tidak merusak kulit dan mampu mengurangi tingkat pertumbuhan dan kepadatan rambut. Akan tetapi, kekurangannya, termasuk tidak menunjukkan hasil secara langsung, tidak menghilangkan rambut sepenuhnya dan bisa membuat rambut tipis. Berikut cara menghilangkan bulu ketiak dengan madu dan lemon :

a. Campurkan tiga sendok makan madu dengan satu sendok teh jus lemon hingga membentuk pasta

b. Bersihkan ketiak dan keringkan dengan handuk.

c. Oleskan pasta pada ketiak  dan biarkan selama 15 menit.

d. Bersihkan ketiak dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.

e. Kamu bisa melakukan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu pada malam hari.

2. Kunyit

Kunyit mengandung minyak volatile yang dapat bekerja sebagai anti-inflamasi dan kurkumin yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas. Kunyit juga memiliki manfaat lain, yaitu mungkin mencerahkan kulit ketiak. Berikut cara menghilangkan bulu ketiak dengan kunyit :

a. Haluskan 2 ruas jari kunyit atau dengan menggunakan 2 sendok teh bubuk kunyit.

b. Campurkan kunyit dengan air dan aduk hingga membentuk pasta.

c. Oleskan pada ketiak yang telah dibersihkan lalu diamkan selama 30 menit.

d. Bersihkan kembali ketiak dengan menggunakan air hangat. 

3 dari 7 halaman

Cara Alami yang Boleh Dilakukan untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

3. Kapur Sirih

Kandungan kavinol, karkavol, kadinen dan zat samak yang ada dalam kapur sirih bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak, kapur sirih juga dapat mengurangi atau merontokkan bulu ketiak. Akan tetapi penggunaan pada pemilik kulit sensitif tidak disarankan karena zat-zat pada kapur sirih bersifat panas atau kamu bisa membicarakannya terlebih dahulu kepada dokter atau tenaga ahli lainnya jika ingin mencobanya. Berikut cara menghilangkan bulu ketiak dengan kapur sirih :

a. Campurkan 1 sendok makan kapur sirih dan jus lemon dan aduk hingga membentuk pasta.

b. Oleskan pada ketiak yang telah dibersihkan dan biarkan selama 30 menit.

c. Bersihkan kembali ketiak dengan air hangat.

4. Pepaya Muda, Kunyit dan Lidah Buaya

Pepaya mengandung papain dalam pepaya dapat mencegah pertumbuhan rambut. Selain itu, pepaya juga bisa menjadi pemutih ketiak alami. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif cara menghilangkan bulu ketiak dengan pepaya ini bisa kamu coba. Kemudian kamu bisa mencampur pepaya dengan kunyit sebagai anti bakteri dan lidah buaya dnegan kandungan aloesin untuk mencegah kulit ketiak menjadi gelap. Berikut cara menghilangkan bulu ketiak dengan pepaya, kunyit dan lidah buaya :

a. Haluskan 1/2 buah pepaya muda tanpa dicampur air.

b. Campurkan pepaya muda yang telah dihaluskan dengan kunyit bubuk, gel lidah buaya dan minyak atsiri.

c. Oleskan pada ketiak yang telah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit.

d. Bersihkan kembali ketiak dengan menggunakan handuk atau kain dan air hangat. Bersihkan ketiak daengan arah yang berlawanan dari tumbuhnya bulu.

e. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

5. Jintan Putih dan Kapur Barus

Jintan putih yang biasa kamu temui di dapur ternyata juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bulu ketiak. Ini mungkin bekerja dengan menghambat pertumbuhan rambut. Kamu bisa memadukannya dengan kapur barus. Berikut langkah-langkahnya :

a. Campurkan 50 gram jintan putih yang telah dihaluskan dengan 2 sendok teh kapur barus halus yang juga telah dihaluskan.

b. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 15 menit.

c. Bersihkan ketiak dengan air bersih.

4 dari 7 halaman

Cara Alami yang Boleh Dilakukan untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

6. Lemon dan Mentimun

Masih menggunakan lemon, kamu juga bisa memadukannya dengan mentimun untuk menghilangkan bulu ketiak. Ini karena sifat mentimun yang bisa mendinginkan dan mungkin tidak akan membuat kulit teriritasi. Berikut cara menghilangkan bulu ketiak dengan lemon dan mentimun :

a. Campurkan parutan timun dengan jus lemon.

b. Oleskan pada ketiak secara merata dan diamkan selama 15 menit.

c. Bersihkan ketiak dengan air hangat.

7. Lemon, Gula dan Madu

Campuran bahan alami lainnya bisa kamu coba untuk menghilangkan bulu ketiak adalah lemon, madu dan gula. Berikut langkah-langkahnya :

a. Campurkan 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh madu dan satu sendok makan jus lemon.

b. Oleskan campuran tersebut pada ketiak yang telah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit.

c. Bersihkan dengan kain atau handuk hangat dan bersihkan kembali dengan air dingin.

 

8. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bulu ketiak. Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membelah jeruk nipis menjadi dua bagian dan menggosokkan potongan jeruk nipis tersebut pada areal kulit ketiak.

9. Sugaring

Sugaring merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bulu ketiak yang serupa dengan waxing. Akan tetapi, cara yang satu ini dianggap lebih aman daripada waxing karena mengandalkan bahan-bahan alami. Kamu hanya membutuhkan jus lemon, gula dan air. Dilansir dari Vogue UK, sugaring cocok bagi semua warna dan jenis kulit. Sugaring tidak hanya akan segera menghilangkan rambut, tetapi juga dapat mengurangi pertumbuhan rambut kembali.

Sugaring disebut sebagai cara paling lembut untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Kamu hanya membutuhkan 1/8 cangkir jus lemon, 1 cangkir gula putih dan 1/8 cangkir air hangat. Kemudian campur bahan-bahan tersebut dan oleskan pada ketiak yang telah dibersihkan dan jaga jarak penggunaan empat hingga lima minggu.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Menggunakan Alat dan Cara yang Lebih Modern

10. Pisau Cukur

Salah satu cara yang populer dan digunakan oleh banyak orang untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan mencukurnya. bulu ketiak adalah dengan mencukur. Kamu perlu menggunakan alat cukur yang sesuai dan rutin melakukannya karena pada dasarnya mencukur tidak akan menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan alami, seperti jus mentimun atau minyak kelapa setelah bercukur untuk melembabkan kulit ketiak.

Cara yang satu ini terhitung murah dan mudah, tetapi nyatanya rambut akan mudah tumbuh kembali serta dapat membuat buli ketiak tumbuh ke dalam dan ketiak menjadi gelap. Dilansir dari Stylecraze, berikut cara menghilangkan bulu ketiak dengan pisau cukur :

a. Bersihkan ketiak dengan air hangat.

b. Keringkan ketiak dengan handuk.

c. Oleskan krim cukur sebagai pelumas.

d. Hindari mencukur melawan arah bulu ketiak tumbuh jika kamu memiliki kulit sensitif.

e. Bilas ketiak atau mandi dengan air dingin untuk membantu menutup pori-pori dan mencegah infeksi.

f. Tepuk-tepuk ketiak hingga kering dengan handuk

g. Oleskan jus mentimun atau minyak kelapa sebagai pelembab.

h. Kamu bisa melakukan ini sebanyak 2- 3 hari dan beri jeda istirahat selama seminggu sekali.

11. Laser

Jika kamu terlalu malas untuk menghilangkan bulu ketiak di rumah, kamu juga bisa mengunjungi dokter atau klinik kecantikan yang terpercaya untuk melakukan laser. Akan tetapi, cara yang satu ini tergolong mahal serta masih jarang tersedia di Indonesia. Cara ini bekerja dengan mematikan folikel pada akar rambut agar rambut tidak tumbuh kembali. 

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Menggunakan Alat dan Cara yang Lebih Modern

12. Perawatan ZAP atau Treatment ZAP

Perawatan ZAP merupakan perawatan dengan cahaya untuk menghambat dan merontokkan bulu ketiak. Cara ini bahkan bisa menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Cahaya tersebut digunakan untuk menghentikan pertumbuhan folikel  pada akar rambut. Kamu dapat memerolehnya melalui dokter atau klinik kecantikan yang terpercaya. Karena perawatan ZAP tergolong cara instan untuk menghilangkan bulu ketiak, maka harga yang dipatok juga tidak murah. Kamu memerlukan biaya lebih dari Rp200.000 untuk perawatan yang satu ini.

13. Krim Perontok atau Depilatory Cream

Dilansir dari Vogue UK, krim perontokan merupakan salah satu metode hair removal yang sederhana dan hemat biaya. Kamu juga bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan bulu ketiak. Akan tetapi, baca label terlebih dahulu dan sebaiknya tidak menggunakan cara ini jika bahan yang digunakan merupakan bahan kimia yang mungkin menyebabkan efek samping, seperti iritasi. Kelebihan menggunakan depilatory cream adalah penggunaannya yang tidak menyakitkan dan mungkin tidak akan ada darah yang mengalir karena cara untuk menghilangkan bulu ketiak yang satu ini.

Lebih lanjut Vogue UK menyebutkan bahwa cara ini sebenarnya cocok bagi mereka yang baru mulai menghilangkan rambut tubuh. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti petunjuk yang tertera dan bersihkan ketiak segera setelah selesai penggunaan. Pastikan kamu formula krim juga tidak menyebabkan kamu alergi dengan melakukan tes terlebih dahulu.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak yang Tidak Boleh Dilakukan

14. Waxing

Waxing mungkin sebenarnya menjadi salah satu praktik mengilangkan rambut kulit yang cukup populer. Akan tetapi menggunakan waxing pada ketiak dapat menyebabkan kanker payudara. Ini karena ketika proses waxing dapat mengendapkan racun-racun dan zat-zat berbahaya lainnya pada kulit ketiak.

15. Mencabut Bulu Ketiak

Mencabut bulu ketiak juga merupakan cara yang paling sederhana yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Jika kamu sering mencabuti bulu ketiak, maka lebih baik untuk segera menghentikannya. Ini karena mencabuti bulu ketiak dapat memperbesar pori-pori dan mempermudah masuknya zat-zat berbahaya bagi tubuh.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat