uefau17.com

Tempat Lombok Wisata yang Sayang Dilewatkan, Kaya Akan Keindahan Alam - Hot

, Jakarta Lombok wisata bisa menjadi destinasi alternatif yang bisa kamu kunjungi saat sedang penat. Lombok dikenal sebagai salah satu pulau tropis terbaik di Indonesia. Tak heran, Lombok menjadi tempat tujuan terfavorit bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Lombok wisata juga terkenal dengan gugusan pulau-pulau dan bibir pantainya yang menakjubkan. Karena keindahan alamnya ini, Lombok wisata menjadi incaran para traveller. Ada banyak pilihan tempat Lombok wisata yang bisa disambangi.

Tempat Lombok wisata ada beragam mulai dari gili, pantai, hingga pegunungan yang memiliki daya tarik masing-masing. Berlibur ke Lombok wisata bisa menjadi paket lengkap liburan kamy bersama keluarga maupun orang terkasih.

Berikut ini ulas mengenai tempat Lombok wisata yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Lombok Wisata yang Sayang Dilewatkan

1. Gili Air

Tempat Lombok wisata yang pertama adalah Gili Air. Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok. Pengunjung dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya.

2. Gili Asahan

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Gili Asahan. Gili Asahan termasuk dalam daftar gili terindah di Lombok. Tempat Lombok wisata ini terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Glili ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memukau.

3. Gili Meno

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari di Lombok. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara.

4. Gili Trawangan

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam dari pulau lainnya.

5. Gili Sudak

Gili Sudak berada di gugusan gili wilayah selatan berjajar, dengan Gili Nangu dan Gili Tangkong. Gili Sudak memiliki pantai indah yang tenang. Gili Sudak juga sering menjadi tempat snorkeling dengan keindahan bawah laut yang tak akan mengecewakan.

3 dari 7 halaman

Tempat Lombok Wisata yang Sayang Dilewatkan

6. Gili Tangkong

Jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya seperti Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Tangkong memiliki kekhasan tersendiri. Bisa dikatakan bahwa Gili Tangkong merupakan satu-satunya gili yang masih perawan. Keindahan bawah laut gili ini juga masih sangat alami dengan ikan-ikan cantik seperti Clown Fish, Tiger Fish, dan lain sebagainya.

7. Gili Sulat dan Gili Lawang

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Gili Sulat dan Gili Lawang. Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gili Lawang. Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism).

8. Gili Sunut

Gili Sunut termasuk salah satu tempat Lombok wisata yang belum banyak dijamah. Gili Sunut adalah surga tersembunyi di Kabupaten Lombok Timur. Gili ini memiliki keindahan pantai dengan bukit hijau yang asri.

9. Gili Kondo

Gili Kondo atau Gili Bagik merupakan pulau kecil yang sangat terawat. Terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok. Gili ini berdampingan dengan Gili Bidara, dan dekat dengan Gili Lampu dan Gili Kapal.

10. Gili Nanggu

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Gili Nanggu. Gili Nanggu adalah 1 dari 11 gili yang tidak berpenghuni terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat. Gili Nanggu memiliki hamparan pasir putih lembut dan pepohonan rindang yang sejuk. Gili Nanggu cocok dijadikan tempat untuk menenangkan diri.

4 dari 7 halaman

Tempat Lombok Wisata yang Sayang Dilewatkan

11. Pantai Kuta

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Pantai Kuta. Pantai ini terletak di desa Kuta, Lombok Tengah. Kepopuleran pantai ini bahkan sama dengan Pantai Kuta di Bali. Pantai Kuta Lombok berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta.

12. Pantai Mawun

Pantai Mawun dikenal dengan gradasi airnya yang elok. Pantai ini memiliki air laur hijau di tepian dan biru di tengahnya. Pasirnya yang putih dengan adanya perbukitan yang mengelilinginya membuat pantai ini terasa menenangkan. Pantai Mawun dapat ditempuh selama 90 menit perjalanan dari pusat kota Mataram.

13. Pantai Seger

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Pantai Seger. Pantai Seger berjarak sekitar 2 kilometer dari pantai Kuta. Keunikan pantai ini adalah pasir putihnya yang besar dan bulat menyerupai biji merica. Airnya yang biru dan bening sangat indah untuk dinikmati.

14. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah tempat Lombok wisata yang sayang dilewatkan. Pantai ini menawarkan panorama alam perbukitan dengan pasir putih dan garis pantai yang panjang. Pantai Senggigi juga sering digunakan sebagai tempat melaksanakan acara-acara budaya seperti Festival Senggigi.

15. Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan dikenal dengan kegiatan seremonialnya yaitu upacara Bau Nyale oleh suku Sasak. Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Biasanya, acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret. Pusat dari upacara ini berada di Pantai Kuta Lombok dan Pantai Kaliantan.

5 dari 7 halaman

Tempat Lombok Wisata yang Sayang Dilewatkan

16. Pantai Sire

Pantai Sire terletak sekitar 43 Kilometer dari Kota Mataram, di wilayah pesisir Barat Pantai Lombok. Pantai Sire cukup digemari para pengunjung domestik ketika liburan. Pantai yang terletak di Lombok Utara ini menyuguhkan pemandangan indah, termasuk pemandangan sisi Timur Gunung Rinjani.

17. Tanjung Ringgit

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit memiliki pantai pasir putih dan tebing karst putih. Di sini terdapat sebuah gua yang sempat digunakan tentara Jepang di Perang Dunia II. Kawasan di sekitar Tanjung Ringgit merupakan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan Indonesia. Tanjung Ringgit berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

18. Pantai Pink

Pantai Pink memiliki nama lain pantai Tangsi. Tempat Lombok wisata ini terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai Tangsi memiliki pasir pantai berwarna pink. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang berwarna pink.

19. Pantai Tebing

Pantai Tebing memiliki keunikan yang tak ditemukan di pantai lainnya. Pantai ini memiliki tebing yang menjulan sekitar 20-15 meter. Pantai Tebing merupakan bukti dahsyatnya letusan Gunung Rinjani Tua atau Samalas sekitar tahun 1257. Letusan gunung yang besar membuat material gunung membentuk bukit batu di pesisir pantai.

20. Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat di sekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan utara. Tempat Lombok wisata ini memiliki bentuk daratan yang menjorok ke laut dengan batu berlumut menjulang seperti atap rumah. Bagi penduduk sekitar, pemandangan di sini seperti lukisan tiga dimensi yang menakjubkan.

6 dari 7 halaman

Tempat Lombok Wisata yang Sayang Dilewatkan

21. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi tempat Lombok wisata yang sayang dilewatkan. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung Rinjani menjadi favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Di Gunung Rinjani pengunjung dapat menikmati keindahan alam seperti Danau Segara Anak, Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, sumber air panas, serta tempat perkemahan.

22. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan danau vulkanik dari Gunung Rinjani. Sama halnya dengan danau Ranu Kumbolo, danau Segara Anak juga merupakan spot favorit bagi para pendaki untuk bermalam sambil mendirikan tenda. Air di danau ini berwarna biru laut, yang sangat indah dan memanjakan mata.

23. Bukit Merese

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Bukit Merese. Bukit ini berada di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Di kawasan Bukit Merese memiliki pemandangan yang memukau serta spot-spot foto yang menarik. Bukit ini dekat dengan beberapa Gili terkenal di Lombok seperti Gili Air, Meno, bahkan Trawangan. Dari bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan ketiga gili ini dari ketinggian.

24. Bukit Buwun Mas

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Bukit Buwun Mas. Bukit ini berada di Dusun Lemer Tebak Desa, Buwun Mas, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Bukit Buwun Mas menawarkan pemandakan padang rumput, perbukitan, dan laut yang begitu indah.

25. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah tempat Lombok wisata berada di dataran tinggi yang dijadikan sebagai terusan dari Pantai Senggigi. Di sini terdapat pasir putih yang berada disepanjang bukitnya. Wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang indah dan mempesona, serta menyaksikan matahari terbenam pada sore hari yang akan terlihat jelas dari puncak atas.

7 dari 7 halaman

Tempat Lombok Wisata yang Sayang Dilewatkan

26. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air yang mengalir di antara tebing hijau ini tipis dan kecil bak benang kelambu yang menjuntai.

27. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air Terjun Sendang Gile ini menjadi tempat Lombok wisata paling populer, karena pemandangan alamnya yang sangat indah di sekitar Air Terjun Sendang Gile ini.

28. Air Terjun Mangkusakti

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Aliran air terjun ini berasal dari Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani. Air Terjun Mangku Sakti dikelilingi oleh berbagai jenis batuan yang unik dan khas. Tak jauh dari lokasi Air Terjun Mangku Sakti, pengunjung juga dapat menemukan dua air terjun kecil yang tak kalah indah yaitu ir Terjun Mangku Kodek dan Air Terjun Kuda Sembrani.

29. Pantai Nipah

Pantai Nipah berlokasi di Jl. Raya Senggigi, Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pantai Nipah menghadirkan hamparan pasir putih dengan laut tenang yang mendamaikan. Tempat Lombok wisata ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan landai, sehingga membuat pengunjung bebas bermain dan menikmati keindahan pantai.

30. Pantai Batu Payung

Tempat Lombok wisata yang berikutnya adalah Pantai Batu Payung. Tempat Lombok wisata satu ini memiliki lempengan karang yang menyembul di tengah laut dengan batu karang tinggi yang menyerupai sebuah payung. Pantai Batu Payung dikenal sebagai spot cantik untuk menangkap keindahan matahari terbenam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat