uefau17.com

12 Cara Merawat Kulit Agar Tampak Sehat dan Awet Muda - Hot

, Jakarta Sebagai organ terbesar yang ada di tubuh, kulit perlu mendapat perawatan yang baik. Sebagai organ yang berada paling luar, kulit kerap kali diabaikan, padahal kondisi kulit dapat menggambarkan dan mempengaruhi kinerja organ lain yang ada di dalam tubuh. Untuk itu penting untuk mengetahui cara merawat kulit agar tampak sehat dan awet muda. 

Setiap orang dapat memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Cara merawat kulit berminyak pasti berbeda dengan cara merawat kulit kering. Tapi pada dasarnya kulit yang sehat dapat dimiliki dengan mengatur pola makan dan gaya hidup yang sehat serta memberikan nutrisi yang sesuai dengan jenis kulit.

Sekarang ini semakin banyak orang yang sadar pentingnya cara merawat kulit agar tampak sehat dan awet muda. Berikut cara merawat kulit yang sudah rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Kulit: Jaga Pola Makan

Salah satu upaya untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah mengatur pola makan yang sehat. Berikut beberapa asupan yang perlu diperhatikan.

1. Mengkonsumsi Vitamin A, C, E

Vitamin A, C, dan E merupakan jenis antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan yang masuk ke dalam tubuh membantu menangkal radikal bebas dari dalam. Radikal bebas dapat merusak sel termasuk sel kulit. Kerusakan pada sel kulit dapat berakibat pada kanker kulit. 

Ketiga jenis vitamin ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayur, biji-bijian dan buah-buahan. Mengkonsumsi sayur, biji-bijian dan buah-buahan dengan kandungan vitamin A, C, dan E terbukti menjadi cara merawat kulit yang ampuh untuk menjaganya tetap sehat dan awet muda.

2. Konsumsi Cukup Air

Selain vitamin, asupan lain yang perlu diperhatikan adalah air. Menjaga tubuh tetap  terhidrasi penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering yang mudah terkelupas dan terluka. Selain itu kulit yang kering lebih mudah terinfeksi bakteri dari luar.

3. Konsumsi Kolagen

Nutrisi lain yang dapat diperoleh dari makanan yang baik bagi kesehatan kulit adalah kolagen. Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang membantu menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit. Konsumsi asupan kolagen yang rutin dapat mencegah terbentuknya kerutan halus yang menyebabkan kulit tampak lebih tua serta membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Kolagen dapat diperoleh dari makanan, seperti ceker ayam, kaldu tulang, ikan dan jenis makanan lainya. Saat ini suplemen kolagen yang juga sudah banyak dijual di pasaran.

3 dari 4 halaman

Cara Marawat Kulit: Gaya Hidup

Selain menjaga pola makan, gaya hidup sehat juga harus dilakukan pada cara merawat kulit. Sebeb, gaya hidup juga memberi pengaruh pada metabolisme dalam tubuh yang berdampak pada kesehatan kulit. Berikut gaya hidup yang perlu diperhatikan.

4. Kelola Stres

Stres merupakan reaksi alami yang diberikan seseorang secara fisik maupun emosional ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru. Stres adalah hal yang wajar terjadi pada kehidupan sehari-hari, namun jika tidak dikelola dengan baik stres dapat berdampak buruk pada kesehatan termasuk kesehatan kulit. Gangguan kulit yang dapat diakibatkan oleh stres, misalnya jerawat, eksim, psoriasis, dan rosacea.

5. Hindari Rokok

Menghindari kebiasaan merokok menjadi cara merawat kulit agar tetap sehat dan awet muda. Kebiassan merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit. Akibatnya, aliran darah akan menurun dan membuat kulit tampak pucat dan kusam.

Produksi kolagen yang berperan menjaga kekenyalan kulit juga dapat terganggu oleh kebiasaan merokok. Akibatnya, terbentuk kerutan yang membuat kulit tampak lebih tua.

6. Hindari Alkohol

Sama halnya dengan rokok, konsumsi alkohol yang berlebih juga dapat merusak kesehatan kulit karena mengurangi produksi kolagen. Selain itu tubuh yang sering mengkonsumsi alkohol cenderung lebih mudah dehidrasi yang berdampak pada kulit yang menjadi lebih kering.

7. Rutin Olahraga

Olahraga menjadi kunci dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kulit juga dapat merasakan manfaat baik dari olahraga. Rutin berolahraga dapat meningkatkan pasokan oksigen di dalam tubuh, dengan demikian kulit dapat melakukan proses peremajaan diri dengan lebih cepat, dan menjaganya tetap sehat.

8. Tidur Cukup

Waktu istirahat adalah saat di mana sel tubuh bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk sel kulit. Memiliki waktu istirahat yang cukup juga dapat membantu menghindarkan dari stres yang dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Kulit: Beri Perlindungan dan Nutrisi dari Luar

Cara merawat kulit yang terakhir adalah dengan memberi perlindungan dan nutrisi dari luar. Sebagai organ terluar yang melindungi organ lain yang ada di dalam tubuh kulit juga perlu mendapat perlindungan dan nutrisi dari luar.

9. Membersihkan Kulit

Rutin membersihkan kulit setelah seharian beraktivitas menjadi hal yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat. Kulit yang tidak dibersihkan akan meningkatkan resiko infeksi bakteri dan jamur yang menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Pilih pembersih kulit yang sesuai dengan jenis kulit agar proses membersihkan kulit tidak mengiritasi kulit. 

10. Pakai Pelembab

Setelah dibersihkan bantu kulit mengembalikan kelembabannya dengan mengoleskan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini perlu karena pada saat dibersihkan, minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit hilang bersama kotoran-kotoran yang menempel di kulit. Anda juga dapat memilih pelembab dengan nutrisi tambahan seperti vitamin A, C, E, kolagen, dan nutrisi lain agar tampilan kulit semakin sehat.

11. Pakai Sunscreen 

Hal yang tidak kalah penting dalam cara merawat kulit adalah mengaplikasikan Sunscreen atau tabir surya. Sinar UV adalah penyebab utama perubahan tekstur dan warna penyebab penuaan kulit. Untuk melindungi kulit, direkomendasikan untuk selalu menggunakan sunscreen berbasis mineral dengan SPF 30 atau lebih

Sunscreen sangat penting apa lagi untuk orang-orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Sebaiknya aplikasikan sunscreen setiap hari meski tidak beraktivitas di luar ruangan. Sebab, radiasi ultraviolet yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dapat menembus jendela. 

12. Beri Nutrisi Tambahan

Memberi nutrisi dari luar juga perlu dilakukan untuk merawat kulit agar tetap sehat. Memberi nutrisi pada kulit dari luar dapat dilakukan dengan memilih produk pelembab, pembersih, dan produk perawatan kulit lainnya yang mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat