uefau17.com

Amar Rayhan Brkic, Anak Dokter Keturunan Kebumen-Jerman yang Perkuat Timnas Indonesia U-17 - Health

, Jakarta - Amar Rayhan Brkic atau Amar Brkic masuk dalam susunan pasukan yang memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Nama remaja 16 tahun tersebut masuk daftar dalam rombongan pelatih Bima Sakti.

Pada Rabu, 1 November 2023 siang, daftar nama pemain yang tampil dalam ajang sepak bola muda bergengsi dunia itu keluar. Selaras dengan pernyataan Bima Sakti sebelumnya, Amar Brkic dan Welber Jardim yang merupakan pemain diaspora masuk dalam susunan tim.

Amar Brkic masuk dalam susunan pemain tengah di skuad Timnas Indonesia U-17. Pemain yang kini membela tim junior Hoffenheim di Jerman berada di posisi tengah bersama dengan Achmad Zidan, Mokhamad Hanif, Figo Dennis dan kawan-kawan. 

Demi membela Indonesia di ajang Piala Dunia U-17 2023, Amar terbang belasan jam dari Jerman ke Indonesia. Ia juga meminta izin klub untuk tidak bermain dua pertandingan demi membela Garuda Asia. 

"Ya, dia izin ada dua pertandingan (bersama klub)," kata Bima Sakti saat ditanyai awak media usai latihan pada Senin, 30 Oktober pagi.

Bergabungnya Amar membela Indonesia lantaran remaja tersebut memang punya darah Indonesia dari sang ibu. Ibu Amar Brkic adalah seorang dokter spesialis anak yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah bernama Diyah Nahdiyati. Berhubung kini tinggal di Jerman, maka Diyah membuka praktik dokter di Frankfurt, Jerman.

Diyah kini juga tengah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jerman seperti mengutip laman Muhammadiyah, Kamis (2/11/2023).

Lalu, ayah Amar Brkic yang berdarah Jerman - Bosnia juga berprofesi sebagai dokter.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontribusi Amar Brkic Saat Laga Uji Coba Bareng Timnas Indonesia U-17

Dalam persiapan menuju Piala Dunii U-17, Amar Brkic sudah membuktikan ke pelatih Bima Sakti lewat kontribusi penting saat laga uji coba melawan SV Meppen di Lapangan SV Hemsen, Meppen, Jerman pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Dalam pertandingan itu dengan hasil akhir 1-1 itu, Amar Rayhan Brkic menjadi sosok penting yang mencegah kekalahan Timnas Indonesia U-17. Amar mencetak gol penyeimbang mendekati pengujung laga.

Amar yang perdana menyumbangkan gol bagi Garuda Asia pun tak bisa menyembunyikan kegembiraannya selepas laga. Ia mengaku merasa sangat emosional lantaran bisa mencetak angka yang membantu Timnas Indonesia U-17 selamat dari kekalahan dalam pertandingan Selasa (17/10/2023) malam.

"Sangat senang perasaan saya seusai cetak gol perdana bagi Indonesia, sangat emosional bagi saya, saya tidak bisa kontrol perasaan saya. (Rasanya) biasa sekali untuk saya" ujar Amar, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

3 dari 4 halaman

Penyisihan Grup Piala Dunia U-17

Amar Brkic dan skuad Garuda Asia terus mempersiapkan diri untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang segera bergulir dalam hitungan hari.

Timnas Indonesia U-17 akan mulai bertanding melawan Ekuador pada laga pembuka di Gelora Bung Tomo Surabaya, 10 November mendatang. 

Tergabung di Grup A berikut jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-17, seperti dikutip dari Bola : 

Jumat, 10 November 2023

19.00 WIB: Indonesia vs Ekuador (Gelora Bung Tomo)

Senin, 13 November 2023

19.00 WIB: Indonesia vs Panama (Gelora Bung Tomo)

Kamis, 16 November 2023

19.00 WIB: Maroko vs Indonesia (Gelora Bung Tomo)

 

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas U-17 2023

Daftar lengkap skuad Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023:

Kiper

1. Ikram Algiffari - PPLP Sumbar

2. Andrika Fathir - Borneo FC

3. Rifky Tofani - PPOP DKI Jakarta

 

Belakang

4. Rizdjar Nurviat - Borneo FC

5. Tonci Ramandei - PPLP Papua

6. Mohamad Andre - Bali United

7. Welberlieskott Jardim - Sao Paulo

8. Sultan Zaky - PSM Makassar

9. Habil Abdillah - PPLP Jateng

10. M Iqbal Gwijangge - Barito Putera

 

Tengah

11. Achmad Zidan - PSS Sleman

12. Mokhamad Hanif - Cipta Cendekia

13. Figo Dennis - Persija Jakarta

14. Muhammad Kafiatur - Dewa United

15. Ji Da Bin - ASIOP

16. Amar Brkic - TSG 1899 Hoffenheim

17. M. Riski Afrisal - Madura United

18. M. Nabil Asyura - Persija Jakarta

19. Jehan Pahlevi - Persija Jakarta

 

Depan

20. Arkhan Kaka - Persis Solo

21. M. Aulia Rahman - Persita Tangeran

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat