uefau17.com

Cocok untuk Melegakan Tenggorokan, ini 4 Khasiat Daun Mint Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui - Health

, Jakarta Daun mint merupakan tanaman herbal yang dapat ditemukan di berbagai negara, kecuali benua Antartika. Selain dimanfaatkan sebagai bahan masak, ternyata mint juga sering digunakan dalam pembuatan produk sehari-hari seperti pasta gigi, permen karet, sampo, dan masih banyak lagi. Ini karena mint memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan hingga kecantikan.

Nah, di balik sensasi dingin yang diberikan, ternyata tanaman ini juga memiliki bermacam-macam khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh lho. Mulai dari cocok buat diet hingga mampu melegakan tenggorokan akibat batuk. Mau tahu apa saja manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari daun mint? Simak dulu informasi pentingnya!

1. Cocok untuk Diet

Tak banyak orang tahu bahwa daun mint sangat efektif untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Pasalnya, daun mint sendiri memiliki kadar kalori yang rendah dan kaya akan serat. Kandungan serat yang ada di dalamnya bahkan memiliki peran penting dalam membantu merancang enzim pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk yang sedang dalam program diet, kamu bisa mengonsumsi teh mint sehari dua kali, di waktu pagi dan sore hari.

2. Meredakan Stress dan Depresi

Manfaat daun mint lainnya adalah untuk meredakan stress dan depresi. Faktanya, mint memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan sehingga bisa dijadikan sebagai aromaterapi untuk mengurangi rasa stress dan menenangkan pikiran. Untuk mendapatkan khasiat seperti ini, kamu bisa menambahkan ekstrak teh ke dalam teh ataupun menggunakan humidifier agar stress dan depresi yang diderita bisa segera hilang.

3. Melegakan Tenggorokan Saat Sedang Batuk

Saat batuk menyerang, tenggorokan bisa saja sangat gatal dan tak nyaman. Meski begitu, kamu bisa mengatasinya dengan daun mint yang berikan sensasi dingin serta melegakan pada tenggorokan. Kondisi tenggorokan yang tadinya sangat mengganggu, bisa lebih nyaman jika kamu mengonsumsi daun mint dalam jumlah tertentu.

Untungnya, saat ini sudah terdapat banyak produk obat batuk dan permen pelega tenggorokan yang memanfaatkan daun mint sebagai salah satu bahan pembuatannya. Tak cuma itu, kandungan mint yang terdapat di dalam produk-produk ini juga mampu mengurangi ambang rangsang batuk. Dengan begitu, keluhan batuk bisa semakin berkurang.

4. Mengatasi Sakit Kepala

Mengatasi sakit kepala juga bisa dilakukan dengan menggunakan daun mint. Pasalnya, daun mint punya kandungan senyawa aktif bernama menthol yang dipercaya dapat mengurangi sakit kepala akibat migrain maupun sakit kepala tegang atau tension headache. Dalam proses meredakan sakit kepala, kandungan menthol pada daun mint ini bekerja dengan meningkatkan aliran darah yang ada di kepala dan memberikan sensasi dingin. Sehingga, rasa nyeri yang dirasakan kepala bisa semakin berkurang.

Demikian beberapa khasiat baik dari daun mint untuk kesehatan tubuh manusia. Meskipun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, namun ada baiknya juga jika kamu tak berlebihan dalam mengonsumsi daun mint. Sebab, penggunaan yang berlebihan sudah pasti akan memberikan efek negatif, khususnya bagi orang-orang yang punya riwayat asam lambung, sedang hamil, dan sebagainya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat