uefau17.com

Desta Gugat Cerai Natasha Rizki, Apakah Perbedaan Usia Tingkatkan Risiko Perpisahan? - Health

, Jakarta - Belakangan beberapa pasangan di kalangan artis Tanah Air mengalami keretakan rumah tangga. Alhasil, topik perceraian kerap ramai jadi perbincangan di jagat maya.

Terbaru aktor sekaligus pelawak Desta Mahendra yang baru dikabarkan menggugat cerai sang istri, Natasha Rizki. Desta yang berusia 47 tahun dan Natasha yang baru akan berusia 30 tahun menjadikan orang tua tiga anak ini memiliki jarak usia sekitar 16 tahun.

Lantas, apakah jarak usia yang jauh dapat meningkatkan risiko cerai?

Mari kita tengok berbagai studi terkait hal ini. Sebuah studi di Universitas Emory, Atlanta, Amerika Serikat (AS) mengungkap, perbedaan usia antara pasangan merupakan salah satu penyebab tersering perceraian.

Studi tahun 2014 tersebut menunjukkan bahwa pasangan yang memiliki jarak usia lima tahun 18 persen lebih mungkin untuk bercerai.

Sementara itu, pasangan dengan jarak usia 10 tahun sebanyak 39 persen lebih mungkin bercerai. Lalu, pasangan yang berjarak usia 20 tahun lebih mungkin 95 persen untuk bercerai.

Pasangan dengan Jarak Usia Jauh Punya Banyak Perbedaan

Menurut seorang psikoterapis di California, Amerika Serikat (AS), Fran Walfish, banyaknya perbedaan dari pasangan suami istri menjadi pemicunya. 

Lantaran dari generasi yang berbeda, minat dan kesukaan dalam banyak hal pun juga kerap tak sejalan. Misalnya, budaya dan nilai yang dimiliki, selera musik dan film yang berlawanan. Tak hanya itu, pendekatan yang berbeda dalam kehidupan seks juga merupakan faktor penting.

"Ini mengingat gairah seks meningkat pada wanita di usia paruh baya, tetapi fungsi seksual menurun pada pria,” lanjut Fran kepada New York Post.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jarak Usia Suami Istri yang Ideal

Studi yang sama juga mengungkap usia suami istri yang ideal dan dapat mengurangi risiko perceraian.

Peluang terbaik untuk memiliki pernikahan yang langgeng adalah menikah dengan pasangan yang hanya berjarak usia 12 bulan alias setahun. 

Studi tersebut menyatakan, pasangan dengan jarak sekitar 12 bulan hanya memiliki peluang 3 persen untuk berakhir dengan perceraian. 

3 dari 3 halaman

Perbedaan Visi Misi Jadi Alasan Cerai Desta dan Natasha Rizky

Dari antara beberapa kabar tak mengenakan dari rumah tangga figur publik, kabar perceraian Desta dan Natasha Rizky jadi salah satu yang paling mengejutkan.

Sebab, keduanya tampak harmonis dan baik-baik saja jika tampak di media sosial.

Kuasa hukum Desta, Hendra Siregar mengatakan, seringnya terjadi cekcok menjadi salah satu alasan proses perceraian itu terjadi. Sayangnya, Hendra tak merinci permasalahan yang terjadi antara Desta dan Natasha Rizki karena sudah masuk dalam materi perkara.

"Tidak ada. Cuma sudah enggak sejalan lagi visi misi, sehingga ada ini (proses cerai). Mereka juga kan sudah sepakat sebenarnya," ujarnya.

Pernyataan Hendra tampaknya membuktikkan hasil penelitian di atas. Desta dan Natasha, sebagai pasangan yang memiliki jarak usia jauh, berpisah lantaran banyaknya perbedaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat