uefau17.com

Alasan Tukang Bakso Selalu Tajir Mendadak Ketika Lebaran Idul Fitri, Bikin Lidah Segar Kembali - Health

, Jakarta - Suasana usai Lebaran Idul Fitri masih terasa begitu lekat. Hari raya yang satu ini memiliki begitu banyak ciri khas, termasuk dalam hal makanan-makanannya.

Ternyata, selain opor ayam, ketupat, rendang, dan kawan-kawannya, bakso juga menjadi makanan yang kerap dicari ketika Lebaran Idul Fitri. Tukang bakso disebut ramai dan tajir melintir ketika momentum Lebaran.

Pembahasan tersebut diangkat oleh seorang pengusaha food and bavarage sekaligus podcaster, Esha Mahendra melalui sebuah video unggahannya di TikTok. Esha menyebut bahwa tukang bakso selalu ramai menjadi fenomena yang menarik.

"Gue mau ngebahas fenomena menarik nih setiap Lebaran, kenapa tukang bakso selalu ramai ketika Lebaran? Yuk kita bahas," ujar Esha Mahendra mengutip video yang diunggah melalui akun TikTok @eshamahendra, Rabu (26/4/2023).

Sudah Diyakini Tukang Bakso Ramai Saat Lebaran

Esha mengungkapkan bahwa fenomena tukang bakso ramai saat Lebaran sudah sama-sama diyakini. Pasalnya, sudah menjadi hal lumrah omset tukang bakso naik tiba-tiba saat Lebaran.

"Dari sisi bisnis, ini sudah sama-sama kita yakini kalau ketika Lebaran tukang bakso omsetnya langsung meroket. Tapi yang lebih menarik di mata gua, selain dari sisi bisnis adalah kenapa kita cenderung lebih memilih makan bakso atau yang berkuah bening," kata Esha.

Menurut Esha, fenomena tukang bakso bisa dilihat melalui sebuah chart. Chart yang digunakannya membahas tentang rasa yang bisa dirasakan melalui lidah manusia dari sebuah makanan.  

"Ketika Lebaran, gua akan tunjukin satu chart di  mana ini adalah chart rasa ya yang sudah lo lihat. Ada manis, ada pahit, ada berlemak, dan juga asam. Ini yang paling sederhana sebenarnya," ujar Esha.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Lebaran Bikin Reseptor Lidah Tertutup, Orang pun Memilih Makan Bakso

Lebih lanjut Esha mengungkapkan bahwa saat Lebaran, kebanyakan orang sudah pasti akan makan makanan yang mengandung lemak. Seperti opor ayam dan kawan-kawannya.

"Ketika Lebaran sudah pasti makan opor. Opor itu sudah pasti kaya akan fat, lemak. Ada dari santan, belum lagi rempah-rempah yang ada di dalamnya. Mulai dari kunyit, jahe, wah, kaya rempah deh. Namanya Indonesia ya. Pasti sudah kaya rempah," kata Esha.

"Belum lagi, dengan lauk-lauk tambahannya ya. Dari opor ayam, biasanya ada rendang kalau di rumah gua. Terus juga ada semur," sambungnya.

Menurut Esha, makanan yang tinggi lemak itu kemudian akan menutup reseptor lidah untuk mengecap rasa. Dari sanalah keinginan untuk makan bakso atau makan makanan berkuah bening dimulai.

"Nah, lidah kita ketika kita makan opor, yang namanya lemak akan melapisi lidah kita dan menutup reseptor lidah kita untuk mengecap rasa," ujar Esha.

3 dari 4 halaman

Makanan Berkuah seperti Bakso Bikin Lidah Segar Kembali

Esha mengungkapkan bahwa dari diagram yang sama, dapat terlihat bahwa lawan dari fat atau makanan berlemak adalah acid atau yang mengandung asam.

Itulah yang membuat tukang bakso biasanya ramai, karena bakso punya kuah yang mengandung asam lebih tinggi ketimbang opor ayam dan sejenisnya.

"Lawannya lemak kalau kita lihat dari diagram ini adalah acid, asam. Kuah sanan itu kan agak blenek ya istilahnya ya. Nah, bakso ini memiliki kuah yang memang dia juga cenderung berlemak, tapi tidak se-solid atau tidak sekental opor ayam, rendang, dan kawanannya," kata Esha.

Sehingga, menurut Esha, bakso atau makanan berkuah bening lainnya dapat meningkatkan keasaman yang akhirnya membuat lidah segar kembali.

"Karena tadi yang gua bilang, lawannya fat adalah acid. Jadi kalau misalnya bakso, soto mie, you name it lah yang kuahnya bening pasti akan mengandung tingkat keasaman yang membuat kita lebih segar," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet Soal Penyebab Tukang Bakso Ramai

Unggahan Esha terkait penyebab tukang bakso ramai ketika Lebaran pun mengundang komentar warganet. Ada yang menyebut bahwa sebenarnya inti dari makan bakso berkaitan dengan lidah yang bosan makan makanan Lebaran.

"Penjelasan bikin pusing bang. Intinya udah bosen makan ketupat, opor, rendang, sambel goreng ati sama sayur pepaya udah gitu aja," tulis seorang warganet lengkap dengan emoticon tertawa.

"Mumpung ada duitnya bang, beli yang gak ada di rumah," ujar warganet lain.

"Kaya udah tradisi bang, habis lebaran ngebakso. Dari bakso yang biasa sampe premium selalu rame," kata warganet yang setuju.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat