uefau17.com

5 Cara Self Care Terbaik, Salah Satunya dengan Istirahat dari Aktivitas Apapun - Health

, Jakarta - Di tengah sibuknya menjalani aktivitas, kegiatan untuk merawat diri atau self care jadi hal yang kerap dianjurkan. Mungkin muncul dalam benak Anda tentang mandi busa, menggunakan masker wajah, dan lainnya.

Akan tetapi, tak semua orang memiliki waktu apalagi uang untuk itu. Kabar baiknya, hal tersebut tidak berarti bahwa Anda harus mengabaikan diri sendiri atau kebutuhan. Terdapat berbagai cara yang gratis sebagai upaya merawat diri.

"Perawatan diri dalam bentuk apapun sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Nampaknya kita lebih sering berada pada budaya hustle dimana kita senang beralih dari satu hal ke hal lainnya tanpa pernah benar-benar menghargai apa yang sebelumnya telah kita capai," ujar life and career coach, Kea Meyers Duggan mengutip Elite Daily, Selasa (6/9/2022).

Menurut Kea, banyak pula yang hanya mengisi kalender dengan daftar pekerjaan, pertemuan sibuk, dan acara sosial lainnya. Padahal hal tersebut berpotensi membuat Anda merasa terkuras dan berujung burn out.

Lalu, cara terbaik apakah yang bisa dilakukan untuk merawat diri? Berikut beberapa diantaranya.

1. Berhenti Sejenak dari Aktivitas Apapun

Seperti yang tertera pada judul, salah satu cara untuk merawat diri sendiri sebenarnya dapat dilakukan tanpa melakukan aktivitas apapun. Pada cara ini, Anda bisa memulai dengan mempertanyakan 'Kapan terakhir kali Anda tidak melakukan apapun dan benar-benar menikmati setiap detiknya tanpa rasa bersalah?'.

"Itu sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mempraktikkan self care. Buatlah jadwal dan berikan prioritas untuk beristirahat sama seperti janji temu Anda lainnya," ujar dokter naturopati, Pamela Reilly.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tidak Main Gadget Saat Sarapan

Menurut terapis dan pelatih kesehatan, Sarah Thacker, praktik self care yang sederhana namun dapat sangat membantu adalah dengan berhenti bermain gadget terutama di pagi hari saat sarapan.

"Misalnya saat Anda menikmati kopi atau teh di pagi hari, luangkan waktu sejenak untuk bernapas dalam-dalam. Itu dapat membantu Anda untuk memulai hari dengan benar-benar tenang, tanpa merasa khawatir tentang apa yang perlu dilakukan atau apa yang akan terjadi selanjutnya," kata Sarah.

3. Unfollow Akun Media Sosial yang Tak Sejalan

Tidak mengikuti sebuah akun media sosial mungkin terdengar sepele. Namun dampak yang ditimbulkan dapat cukup besar lho. Hal ini dapat membantu Anda mem-filter apa yang Anda saksikan nantinya.

"Panduan untuk menjalani hidup yang paling bebas stres, berhenti mengikuti akun Instagram yang membuat Anda merasa buruk tentang diri Anda dengan cara atau bentuk apapun," ujar founder M List, Sara Weinreb.

Sebaliknya, ikutilah akun-akun media sosial yang dapat berkontribusi secara baik pada diri dan mental Anda.

3 dari 4 halaman

4. Ciptakan Batasan Sehat

Kapan terakhir kali Anda menetapkan batasan yang jelas dalam berbagai situasi? Menurut pekerja sosial klinis sekaligus penulis buku Cruising Through Caregiving, Jennifer L FitzPatrick, saran untuk perawatan diri terbaik adalah dengan lebih memperhatikan batasan.

"Banyak dari kita membutuhkan lebih banyak batasan dalam hidup kita. Menetapkan batasan sangat penting untuk perawatan diri, jadi berkomitmenlah untuk menetapkan batasan tegas dengan semua orang dalam hidup Anda," kata Jennifer.

Menurut Jennifer, penting untuk mempertimbangkan kapan harus mengatakan tidak untuk mengurangi stres. Entah itu dalam hubungan romantis, di tempat kerja, sahabat, atau bahkan keluarga.

"Ketika kita tidak menetapkan batasan, jadwal kita menjadi tidak terkendali dan kita menguras diri kita sendiri," ujar Jennifer.

"Inilah mengapa penetapan batas yang sehat sangat penting untuk kesehatan mental yang baik," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

5. Utamakan Tidur yang Berkualitas

Terakhir, cara self care terbaik adalah dengan mengutamakan tidur yang berkualitas. Lisa Akers, seorang herbalis yang bekerja khusus menangani self care pun mendukung cara yang satu ini.

"Menjadikan tidur sebagai prioritas mungkin adalah bentuk perawatan diri yang paling penting. Tidurlah yang memungkinkan Anda untuk mengisi ulang dan membangun kembali diri sendiri. Anda tidak dapat terus minum kopi sepanjang waktu," ujar Lisa.

Menurut Lisa, energi yang Anda miliki pada hari ini sebenarnya bergantung pada hari kemarin. Energi yang dihabiskan pada hari inipun dapat membuat Anda merasa lelah keesokan harinya.

"Sebenarnya kita semua kurang tidur dari yang kita kira, dan menambahkan hanya tambahan 15 sampai 20 menit di tempat tidur merupakan cara yang baik dan dapat membuat kita merasa lebih istirahat dan energik di pagi hari," kata Lisa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat