uefau17.com

Tata Cara Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal Dunia - Health

, Jakarta - Ketika memanjatkan doa untuk orangtua yang telah meninggal dunia, ada tata cara atau adab yang perlu diperhatikan umat Muslim. Doa ini pun merupakan manifestasi permohonan seorang hamba kepada Tuhan, termasuk kepada orangtua yang sudah tiada.

Seseorang berdoa juga senantiasa dipanjatkan karena karunia, kemurahan, dan pertolongannya, mengutip buku Kumpulan Doa-Doa Pilihan karya Muhammad Anwar.

Beberapa tata cara doa untuk orangtua yang meninggal dunia, antara lain:

  1. Dimulai dengan membaca tahmid, didahului dengan membaca taawudz, dan basmalah. Selanjutnya, diiringi dengan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad, beserta kepada keluarga dan para sahabatnya.
  2. Menyebut nama orangtua yang akan didoakan
  3. Ditutup dengan terlebih dahulu memohon ampunan kepada Allah SWT kepada orangtua yang telah meninggal dunia. Kemudian memohon keselamatan di dunia dan di akhirat
  4. Berdoa hendaklah dengan rendah hati dan suara lembut
  5. Berdoa dengan khusyuk dan penuh harap
  6. Berdoa dengan sabar dan salat. Allah SWT berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 45. Artinya: Minta tolonglah kamu dengan sabar dan salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sangat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Orangtua yang Meninggal Dunia

Adapun bacaan doa yang dipanjatkan untuk orangtua yang sudah meninggal dunia, sebagai berikut:

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya:

Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

3 dari 3 halaman

Infografis Muslim Cyber Army

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat