uefau17.com

Seperti Kim Seon Ho, Mengapa Seseorang Punya Lesung Pipi? - Health

, Jakarta - Bintang drama Korea Kim Seon Ho adalah satu dari sedikit orang di dunia ini yang memiliki lesung pipi. Mengingat tidak semua orang punya lesung pipi, hal ini membuat pemiliknya jadi menarik apalagi saat tersenyum.

Banyak yang bertanya-tanya, kok bisa sih seseorang memiliki lesung pipi? Kim Seon Ho juga pernah mendapat pertanyaan ini.

Dalam sebuah video behind the scene, pemeran Hong Du-sik dalam seri Hometown Cha Cha Cha sendiri mengatakan bahwa lesung pipinya merupakan faktor genetik.

"Semua anak pria dari pihak ibuku berlesung pipi. Menarik, kan?" kata Kim Seon Ho pada video Compliment Me di akun YouTube The Swoon yang tayang pada 11 Desember 2020.

Melansir MedlinePlus, orang dengan lesung pipi, seperti Kim Seon Ho, memang cenderung memiliki anak dengan lesung pipi. Ini menunjukkan bahwa itu adalah sifat dominan yang diwariskan. 

Namun, tidak setiap pasangan berlesung pipi pasti memiliki anak berlesung pipi.

“Hal yang pasti adalah, lesung pipi disebabkan oleh kelainan otot zygomaticus mayor. Otot ini terlibat dalam ekspresi wajah, salah satunya untuk mengangkat sudut mulut saat tersenyum,” ujar dokter Dyah Novita mengutip Klik Dokter.

“Pada orang dengan lesung pipi, otot tersebut terbelah di lokasi yang sama dari tulang pipi hingga sudut mulut. Meski disebut kelainan, hal ini bukanlah indikasi suatu penyakit atau hal yang berbahaya. Jadi, tidak perlu diapa-apakan lagi,” kata Dyah.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Semua Orang Ingin Lesung Pipi

Tidak semua orang menginginkan memiliki lesung pipi. Dokter bedah plastik asal Michigan, Anthony Youn mengatakan bahwa sebagian pasiennya menginginkan menghilangkan lesung pipi.

"Lesung pipi itu permanen kehadirannya. Beberapa pasien saya ada yang bertanya apa bisa menghilangkan lesung pipi? Saya jawab bawha itu hampir tidak mungkin. Bahkan dengan facelift, lesung pipi tidak akan hilang," kata Youn dilansir dari Smithsonian Mag.

Sementara itu, pada orang yang tidak punya, malah ingin memiliki lesung pipi. Dalam dunia medis hal itu bisa diusahakan dengan metode dimpleplasty.

"Nanti akan dibuat sayatan di bagian dalam pipi. Dokter bedah akan melakukan suatu tndakan di otot buccinator lalu membuat terowongan kecil sampai ke permukaan bawah kulit pipi," kata Youn.

Namun, sangat tidak mudah untuk mendapatkan dua lesung pipi buatan yang simetris. Bisa salah satu terlalu besar atau terlalu kecil.

"Saya pernah melihat lesung pipi buatan yang tidak begitu bagus kelihatannya. Dan, sayangnya usai pembedahan, tidak dapat dihilangkan," kata profesor bedah plastik asal California, Brent Moelleken.

 

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat