uefau17.com

6 Cara Ini Bisa Kelabui Anda Supaya Tertidur - Health

 

, Jakarta Minum segelas susu hangat atau mandi dengan air hangat, seharusnya dapat membuat Anda rileks sebelum tidur. Namun mungkin sebagian dari kita tetap saja sulit tidur nyenyak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tidur nyenyak?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelabui diri supaya bisa tidur, seperti dilansir dari Mirror, Senin (02/07/2018):

1. Bernapas lewat lubang hidung sebelah kiri

Metode yoga ini dapat menurunkan tekanan darah dan menenangkan Anda. “Coba berbaring menyamping ke arah kiri, letakkan jari Anda pada pada lubang hidung sebelah kanan dan tekan. Ambil napas secara dalam dan perlahan-lahan lewat lubang hidung kiri Anda,” ujar terapis holistik tidur, Peter Smith.

2. Tegangkan dan lemaskan otot

“Cobalah berbaring, lalu ambil napas secara dalam melalui hidung Anda dan di saat yang bersamaan, tekuk jari-jari kaki Anda, lalu lepaskan. Kemudian ambil napas lagi, lalu tegangkan otot-otot lain di tubuh Anda di setiap tarikan napas, hingga semua otot di tubuh Anda sudah dikencangkan dan dilepaskan satu persatu,” ujar ahli kecemasan, Charles Linden.

Menurutnya, ketika Anda sudah melakukannya dari jari kaki hingga ke kepala, napas Anda seharusnya sudah stabil dan tubuh pun siap untuk tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingat hari terbalik

3. Ingat hari yang sudah Anda lalui

Mengingat semua detail yang telah Anda lalui sepanjang hari dalam urutan yang terbalik dapat membersihkan pikiran Anda dari kekhawatiran.

“Ingat semua percakapan, pemandangan, dan semua suara yang sudah Anda lalui sepanjang hari. Ini akan membantu Anda siap secara mental untuk tidur,” ujar penulis The Good Sleep Guide, Samy Margo.

4. Imajinasi

Meditasi dengan cara visualisasi, sangat baik dan membantu memudahkan tidur, jika Anda menggunakan setidaknya tiga indera.

"Coba bayangkan Anda bisa merasakan, melihat, dan mendengar semua hal yang berada di dalam imajinasi tersebut. Misalnya jika Anda memikirkan tempat seperti berjalan di ladang bunga atau berlayar di perairan yang tenang, coba bayangkan dan rasakan wangi bunganya atau suara gemericik airnya. Hal ini akan membuat Anda merasa relaks dan mengantuk," ujar Sammy.

5. Mendengung

"Bentuk meditasi yoga ini menciptakan rasa tenang di tubuh Anda,” ujar direktur dari Edinburgh Sleep Centre, Dr Chris Idzikowski.

Caranya, duduk dengan posisi yang nyaman, tutup mata Anda, lemaskan bahu, rahang, namun tetap jaga mulut tertutup. Kemudian bernapas dalam-dalam dan perlahan-lahan melalui hidung, sampai tubuh merasa nyaman. Tapi pastikan dada tidak naik saat sedang mengambil napas.

“Keluarkan udara secara perlahan lewat mulut, sehingga suara yang keluar mendengung. Kemudian cobalah mendengung hingga napas dalam perut habis dan perhatikan bagaimana suara yang Anda keluarkan tersebut bergetar di dada Anda. Fokus sepenuhnya pada getaran tersebut selama lebih dari enam kali tarikan napas, lalu dudu diam sejenak. Katakan pada diri Anda, ‘saya siap untuk tidur’, bangun perlahan lalu coba untuk tidur,” ujarnya,

6. Buatlah daftar khawatir

Kekhawatiran tentang hal-hal yang harus dilakukan keesokan harinya adalah penyebab utama insomnia.

“Seringkali hal ini karena Anda takut melupakan apa yang harus dilakukan keesokan harinya. Jadi sebelum tidur, tulis daftar apa saja yang harus Anda lakukan esok di atas kertas, sehingga Anda dapat melupakan sementara hal-hal tersebut selama tidur. Dengan begini Anda akan lebih tenang dan mudah untuk tertidur," ujar hipnoterapis, Sharon Stiles.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat