uefau17.com

Beda Inseminasi dan Bayi Tabung Apa Sih? - Health

, Jakarta Inseminasi intrauterin adalah salah satu prosedur reproduksi berbantu dimana sperma suami dicuci (dipreparasi) kemudian dimasukkan ke dalam rahim istri melalui kateter kecil. Prosedur ini memerlukan saluran telur yang berfungsi normal, kuantitas dan kualitas sperma yang baik dan sel telur matang (diameter minimal 18 mm) saat masa subur.

Pada Inseminasi, pembuahan atau fertilisasi (bertemunya sel sperma dengan sel telur) terjadi secara alami. Tingkat keberhasilan kehamilan dengan prosedur ini kurang lebih sekitar 15% pada kondisi saluran telur, sperma dan sel telur yg baik.

Pada tahap awal pasangan infertilitas yg akan melakukan prosedur Inseminasi harus melakukan pemeriksaan dasar Fertilitas yang meliputi HSG (Histerosalpingografi) untuk menilai apakah ada sumbatan di saluran telur, Analisis Sperma untuk menilai konsentrasi, kecepatan dan bentuk sperma serta pemeriksaan profil hormon reproduksi istri. Berdasarkan hasil pemeriksaan dasar fertilitas ini (HSG, Analisis Sperma dan profil hormon) barulah ditentukan protokol stimulasi untuk Inseminasi. Stimulasi ovarium adalah proses pembesaran sel telur di indung telur (ovarium) dengan menggunakan obat khusus stimulasi ovarium yg macam dan dosisnya akan ditentukan berdasarkan penilaian respons indung telur pada hari ke 11 dari siklus haid. Biasanya proses stimulasi dimulai pada hari ke 3 dan akan dilakukan USG transvaginal untuk menilai respons indung telur terhadap obat stimulan pada hari ke 11.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dilakukan bertahap

Stimulasi ovarium akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan obat-obat stimulan yang paling sederhana dan dapat ditingkatkan dosisnya atau diganti dengan obat stimulan lain yang lebih kuat tergantung dari respons indung telur masing-masing individu. Respons baik yang diharapkan adalah didapatkannya sel telur matang (diameter minimal 18 mm) berjumlah satu atau lebih dari satu pada hari ke 11 siklus haid yang terlihat dengan pemeriksaan USG transvaginal. Jika respons baik ini tidak didapatkan maka obat stimulan akan ditingkatkan dosisnya atau diganti dan dievaluasi ulang pada siklus berikut.

Sesudah didapatkan sel telur matang pada hari ke 11 maka pasangan akan dianjurkan  untuk berhubungan alami 2 hari sekali atau dapat juga mencoba prosedur Inseminasi jika dengan berhubungan alami selama beberapa bulan tidak hamil juga. Jika akan lanjut Inseminasi maka di saat sel telur matang dengan jumlah lebih dari satu didapatkan, akan disuntikkan obat pemecah sel telur dan prosedur Inseminasi akan dilakukan 36 sampai 40 jam setelah obat pemecah sel telur disuntikkan.

Pada hari inseminasi, suami mengeluarkan sperma yg akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan preparasi atau pencucian sperma. Prosedur preparasi sperma ini dapat berlangsung antara 2 sampai 3 jam. Setelah selesai maka speram yang telah selesai dipreparasi akan dimasukkan ke dalam rahim istri melalui kateter kecil. Setelahnya, istri akan istirahat baring 1 jam dan boleh langsung pulang. Hasilnya akan didapatkan kurang lebih 2 minggu setelah inseminasi. Jika haid lagi berarti prosedur Inseminasi gagal dan jika ingin mengulang program, pasien dianjurkan kontrol saat haid hari 1 atau 2. Sebaliknya jika telat haid 1 minggu, lakukanlah pack test atau tes kehamilan melalui urin . Jika hamil akan didapat 2 garis yag menandakan terjadinya kehamilan.

3 dari 5 halaman

Bayi tabung

Bayi tabung

Berbeda dengan Inseminasi, Bayi Tabung ataun IVF (In Vitro Fertilization) dilakukan dengan prosedur yang lebih kompleks melibatkan laboratorium khusus bayi tabung, prosedur stimulasi dengan obat suntikan di perut setiap hari, prosedur Panen Sel Telur atau Ovum Pick Up (OPU) yang memerlukan anestesi atau pembiusan dan terakhir Embrio Transfer (ET) atau dimasukkannya embrio atau calon janin kecil ke dalam rahim istri.

Sebelum memulai prosedur bayi tabung maka pasien harus melengkapi pemeriksaan dasar fertilitas yang telah disebutkan di atas berikut beberapa pemeriksaan tambahan lain untuk prosedur OPU dan ET. Berdasarkan hasil pemeriksaan ini akan ditentukan protokol stimulasi apakah akan digunakan Long Protocol atau protokol panjang dimana suntikan sudah dilakukan sejak hari ke 21 dari siklus haid. Atau Short Protocol (protokol pendek) dimana suntikan sudah dimulai dari hari ke 2 haid.

Pada haid hari 1 akan dilakukan USG transvaginal dan pemeriksaan hormon dari darah untuk memastikan tidak ada kista di indung telur dan kadar hormon dasar sebelum proses stimulasi dimulai. Proses stimulasi ovarium dilakukan dengan obat stimulan yang disuntikkan sekali setiap hari pada jam yang sama di lemak perut yang biasanya dapat dilakukan sendiri oleh pasien. Setelah 5 hari pasien akan melakukan kontrol dengan pemeriksaan hormon darah dan USG transvaginal untuk melihat respons indung telur. Berdasarkan respons yang didapat ini maka akan ditentukan apakah obat stimulan akan ditambah dosisnya atau tetap. Setelahnya kontrol dan penilaian dilakukan tiap 2 hari sampai didapatkan sel telur matang (minimal diameter 19 sampai 20 mm) dengan jumlah minimal 3 buah. Selanjutnya akan disuntikkan obat pemecah telur dan prosedur OPU atau panen sel telur akan dilakukan 36 sampai 40 jam setelah obat pemecah telur disuntikkan.

4 dari 5 halaman

Prosedur OPU

Prosedur OPU dilakukan di ruang tindakan dengan pembiusan melalui pembuluh darah. Lamanya sekitar 30 menit sampai 1 jam. Setelah observasi 2 jam, pasien boleh pulang. Pada hari OPU, suami juga harus menampung sperma pada pagi harinya untuk dilakukan prosedur preparasi di laboratorium. Sel sperma dan sel telur yang didapat akan diproses di laboratorium bayi tabung untuk proses fertilisasi atau pembuahan antara lain melalui ICSI (Intra Cytoplasmic Sperm Injection) dimana sel sperma disuntikkan ke dalam sel telur agar terjadi pembuahan atau fertilisasi yang akan menghasilkan embrio.

Pada pasien dengan kondisi sperma Azoospermia atau tidak didapatkan sel sperma dalam ejakulat maka sperma akan diambil langsung dari testis melalui prosedur MESA-TESE yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis Bedah urologi ahli Fertility.

Dua atau tiga hari setelah OPU akan dilakukan prosedur ET atau Embrio Transfer dimana embrio akan dimasukkan ke dalam rahim istri melalui kateter kecil. Sesudahnya pasien istirahat baring 1 jam dan boleh pulang. Jumlah embrio yang dimasukkan ditentukan berdasarkan pertimbangan usia, kualitas embrio dan riwayat kegagalan prosedur sebelumnya. Jika masih ada sisa maka embrio akan dibekukan untuk ditransfer di kemudian hari tanpa harus mengulang prosedur stimulasi dari awal. Angka keberhasilan berkisar antara 10 sampai 50% tergantung usia pasien dan ada atau tidaknya penyakit penyerta seperti PCO (Polycystic Ovary), Endometriosis dan tumor kandungan seperti polip, mioma dan kista.

5 dari 5 halaman

Tabel perbedaan

Secara ringkas perbedaan Inseminasi dan Bayi tabung dapat diringkas pada tabel berikut

 

Inseminasi

Bayi Tabung

Pembuahan (fertilisasi)

Alami

Di lab bayi tabung, ICSI

Saluran telur yg terbuka

Mutlak diperlukan

Tidak diperlukan

Sperma yg baik

Mutlak diperlukan

Tidak mutlak

Proses stimulasi

Sederhana

Lebih kompleks

Pemantauan sel telur

Hanya pada hari ke 11

Pada hari ke 1,6,8,10 dan 12

Yang dimasukkan ke dalam rahim

Sperma yang telah dipreparasi

Embrio

Angka keberhasilan

10 – 15%

10-50%

Perkiraan biaya

3 sampai 6 juta

60 sampai 80 juta

 

Dr Caroline Tirtajasa SpOG(K)

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan

Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat