uefau17.com

Gelombang Panas Mematikan di Jepang Picu 6 Orang Tewas, Suhu Sampai 40 Derajat Celcius - Global

, Tokyo - Gelombang panas tengah melanda Jepang. Enam orang dilaporkan tewas akibat sengatan panas di Tokyo saat Jepang dilanda panas terik yang jarang terjadi pada musim hujan, sehingga mendorong pihak berwenang mengeluarkan banyak peringatan kesehatan.

Selama akhir pekan, wilayah Shizuoka tengah menjadi wilayah pertama di Jepang yang mengalami suhu mencapai 40 derajat Celcius (104 Fahrenheit) tahun 2024 ini, jauh melampaui ambang batas 35 derajat yang diklasifikasikan oleh pejabat cuaca sebagai “sangat panas”.

"Panas ekstrem di tengah musim hujan di Jepang agak jarang terjadi. Sebagian disebabkan oleh sistem tekanan tinggi yang kuat di Pasifik Selatan," kata seorang pejabat badan cuaca kepada AFP yang dikutip Rabu (10/7/2024).

Suhu juga mencapai rekor tertinggi mendekati 40 derajat Celcius pada hari Senin (8/7) di pos pengamatan di Tokyo dan di wilayah selatan Wakayama, menurut media lokal.

Beberapa hari terakhir ini pihak berwenang mengeluarkan peringatan heatstroke alerts (sengatan panas) di sebagian besar negara, mendesak warga untuk menghindari berolahraga di luar ruangan dan menggunakan AC.

Ibu kota Jepang mencatat tiga kematian terkait sengatan panas pada hari Sabtu (6/7) dan tiga kematian lainnya pada hari Senin (8/7), ketika suhu mencapai sekitar 35 derajat Celcius pada tengah hari, menurut kantor pemeriksaan medis kota tersebut.

“Tanpa AC menyala, saya merasa sulit untuk bertahan hidup,” kata Sumiko Yamamoto, 75, warga Tokyo, kepada AFP, seraya menambahkan bahwa dia merasa “panasnya menjadi jauh lebih panas” sejak tahun lalu.

“Melalui nasihat yang diberikan di TV, saya berusaha untuk tetap terhidrasi sebanyak mungkin. Karena saya sudah tua, saya berhati-hati agar tidak pingsan,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Panas Mematikan di Jepang Karena Punya Populasi Tertua Kedua di Dunia

Serangan panas sangat mematikan di Jepang, yang memiliki populasi tertua kedua di dunia setelah Monaco.

Adalah Yamamoto, yang usianya telah  menempatkannya dalam kelompok demografis yang oleh para ahli kesehatan ditandai sebagai kelompok sangat rentan terhadap sengatan panas, begitu juga dengan bayi dan mereka yang tinggal sendirian atau yang terlalu miskin untuk membeli AC.

Asosiasi Pengobatan Akut Jepang pada hari Senin memperingatkan peningkatan angka kematian akibat kelelahan panas secara nasional, yang meningkat dari hanya beberapa ratus per tahun pada dua dekade lalu menjadi sekitar 1.500 pada tahun 2022.

Banyaknya jumlah korban jiwa menunjukkan bahwa sengatan panas kini menimbulkan bahaya yang setara dengan “bencana alam besar,” kata kelompok tersebut, sambil memperingatkan agar tidak melakukan aktivitas yang tidak penting.

 

3 dari 4 halaman

Tokyo 50 Tahun Lalu Berbeda dengan Saat Ini Sangat Mencolok

Eksekutif bisnis Tokyo Mikio Nakahara, 67 tahun, mengatakan perbedaan antara Tokyo 50 tahun lalu dan sekarang sangat mencolok. “Tokyo tidak sepanas sekarang,” katanya kepada AFP.

Namun belakangan ini, “Saya berusaha sebisa mungkin bekerja dari jarak jauh sehingga saya tidak perlu keluar rumah.”

Dengan semakin panasnya musim panas yang menjadi hal biasa di seluruh dunia, wisatawan seperti Ainhoa ​​Sanchez, 29, tidak terlalu terkejut dengan suhu di Tokyo.

“Jadi rencananya jalan-jalan sebentar. Minum banyak cairan. Mungkin saat cuaca terlalu panas, kami bisa pergi ke toko, melihat-lihat, bersantai sebentar, lalu kembali ke jalan,” katanya kepada AFP.

4 dari 4 halaman

Peringatan Sengatan Panas Dikeluarkan di Seluruh Penjuru Jepang

Heatstroke alert atau peringatan sengatan panas dikeluarkan di seluruh Jepang karena gelombang panas awalnya menyebabkan empat kematian.

Jumlah rata-rata kematian akibat sengatan panas setiap tahunnya meningkat enam kali lipat sejak tahun 1995.

The Guardian melaporkan bahwa Badan meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan sengatan panas untuk 26 dari 47 prefektur di negara tersebut, dan mendesak masyarakat untuk tidak keluar rumah kecuali benar-benar diperlukan, menggunakan AC di siang dan malam hari, dan minum banyak air.

Pihak berwenang di Jepang mengeluarkan peringatan panas ekstrem setelah suhu mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya tahun ini pada hari Minggu (7/7), ketika negara itu kembali terik dalam cengkeraman gelombang panas.

Shizuoka di Jepang tengah melaporkan suhu mencapai 40 derajat Celcius pada Minggu (7/7) sore, sementara 244 lokasi lainnya mengalami kenaikan suhu hingga 35 derajat Celcius atau lebih – tingkat yang secara resmi diakui sebagai extremely hot (sangat panas).

Suhu di Shizuoka, yang tercatat setelah pukul 1 siang, merupakan suhu tertinggi di kota tersebut sejak pencatatan dimulai pada tahun 1940, menurut Japan Times.

Badan meteorologi memperingatkan awal tahun ini bahwa suhu diperkirakan akan lebih tinggi dari rata-rata lagi pada musim panas ini, mungkin melebihi suhu musim panas lalu – yang merupakan rekor terpanas.

Musim panas yang panas dan lembab merupakan hal yang normal di Jepang, terutama setelah musim hujan berakhir pada pertengahan hingga akhir Juli, namun suhu menjadi sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari pemanasan global dan faktor iklim lainnya, menurut para ahli.

Ada kekhawatiran khusus terhadap kesejahteraan sebagian besar penduduk lanjut usia di negara ini, yang lebih rentan terhadap serangan panas. Badan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana mengatakan bahwa dari 2.276 orang yang dilarikan ke rumah sakit karena serangan panas pada minggu terakhir bulan Juni, lebih dari setengahnya berusia di atas 65 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat