uefau17.com

Didakwa 27 Dakwaan Termasuk Korupsi, Menteri Transportasi Singapura Resign Meski Bebas dengan Jaminan Rp9,3 M - Global

, Singapura City - Mantan menteri transportasi S Iswaran didakwa dengan 27 dakwaan pada Kamis 18 Januari 2024, termasuk dugaan menerima tiket dari taipan properti Ong Beng Seng untuk menonton pertunjukan seperti Harry Potter And The Cursed Child.

Beberapa dakwaan terkait dengan dugaan insiden yang terjadi antara tahun 2015 dan 2021, termasuk menerima dua tiket pertandingan sepak bola antara West Ham United dan Everton.

Seorang petugas pengadilan mengatakan kepada pengadilan bahwa dakwaan telah dibacakan kepadanya sebelum sidang.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (18/1/2024), Menteri Transportasi S Iswaran kemudian resign atau mengundurkan diri dari parlemen dan Partai Aksi Rakyat (PAP).

Prime Minister's Office (PMO) atau Kantor Perdana Menteri Singapura mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis (18 Januari) bahwa Iswaran mengajukan pengunduran dirinya kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada hari Selasa (16/1).

PM Lee mengatakan hal ini terjadi setelah Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) atau Biro Investigasi Praktik Korupsi memberikan pemberitahuan resmi kepada Iswaran tentang tuntutan pidana yang diajukan terhadapnya.

Iswaran dikenai 27 dakwaan di pengadilan pada Kamis pagi. Ia mengaku tidak bersalah atas semua dakwaan - dua tuduhan korupsi berdasarkan Undang-Undang Pencegahan Korupsi, satu tuduhan menghalangi keadilan, dan 24 tuduhan menerima barang berharga sebagai pegawai negeri berdasarkan KUHP.

"Dia menulis kepada saya untuk mengundurkan diri sebagai Menteri Kabinet dan sebagai anggota People's Action Party (PAP) atau Partai Aksi Rakyat. Dia juga memberi tahu saya bahwa dia mengundurkan diri sebagai Anggota Parlemen untuk West Coast Group Representation Constituency (Konstituensi Perwakilan Kelompok Pantai Barat)," kata Lee.

Sebelumnya, Iswaran sudah memberi tahu Perdana Menteri pada hari Rabu (17/1) bahwa ia akan mengembalikan semua uang yang diterima melalui gajinya sebagai menteri dan tunjangan sebagai anggota parlemen, sejak dimulainya penyelidikan CPIB pada bulan Juli tahun 2023 lalu.

"Karena Tuan Iswaran telah mengundurkan diri, dia tidak lagi menerima gaji atau tunjangan apa pun dari pemerintah," kata PM Lee.​

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bebas dengan Jaminan S$800.000 atau Sekitar Rp9,3 M

Iswaran, yang ditangkap pada Juli 2023 oleh Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) atau Biro Investigasi Praktik Korupsi, tiba di Pengadilan Negeri Singapura sekitar pukul 08.00 pada tanggal 18 Januari. Dia bersama tim hukumnya, termasuk Penasihat Senior Davinder Singh dari Davinder Singh Chambers, dan tidak berkomentar ketika The Straits Times mendekatinya.

Tim penuntut dipimpin oleh Kepala Jaksa Tan Kiat Pheng, yang dibantu oleh dua wakil jaksa penuntut umum, Jiang Ke Yue dan Kelvin Chong.

Ketika hakim bertanya kepada Iswaran bagaimana dia ingin mengajukan pembelaan, dia menjawab: "Tidak bersalah."

Iswaran kini dibebaskan dengan jaminan S$800.000 atau sekitar Rp9,3 miliar.

Pengadilan mendengar bahwa dakwaan yang diajukan adalah dua dakwaan korupsi, 24 dakwaan mendapatkan barang dari seseorang yang mempunyai urusan bisnis dengannya sebagai pegawai negeri, dan satu dakwaan menghalangi jalannya peradilan.

Anggota tim hukum Iswaran, Penasihat Senior Davinder Singh mengatakan kepada pengadilan bahwa Iswaran awalnya didakwa pada tanggal 15 Januari dengan 36 dakwaan dan pernyataan yang hati-hati diambil atas dakwaan tersebut. Dia mengatakan pihak pembela mengetahui pada pagi hari tanggal 18 Januari bahwa kini terdapat 27 dakwaan, dan menanyakan apakah penuntutan akan melanjutkan sembilan dakwaan lainnya.

Jaksa mengatakan tidak.

Dokumen pengadilan menunjukkan bahwa sebagian besar pelanggaran yang dihadapi Iswaran melibatkan Ong, yang membawa Formula Satu ke Singapura pada tahun 2008.

 

3 dari 4 halaman

Dugaan Gratifikasi dari Tuan Ong

Pada September 2022, Iswaran diduga melakukan korupsi memperoleh gratifikasi dari Tuan Ong dengan nilai total sekitar $145.434 sebagai insentif untuk memajukan kepentingan bisnisnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan kontrak antara GP Singapura dan Singapore Tourism Board (STB).

Dugaan gratifikasi tersebut antara lain 10 tiket Green Room, delapan tiket Twenty3, dan 32 tiket tiket masuk umum Grand Prix Formula 1 Singapura 2022.

Iswaran juga diduga memperoleh gratifikasi dari Tuan Ong senilai $20,848.03 pada bulan Desember 2022 karena memajukan kepentingan bisnisnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan kontrak antara GP Singapura dan STB dan proposal kontrak dengan STB.

Dugaan suap tersebut termasuk penerbangan berangkat dengan pesawat pribadi Ong dari Singapura ke Doha senilai sekitar US$7.700 (S$10.410,40), menginap satu malam di Four Seasons Doha senilai sekitar $4.737,63, dan penerbangan kelas bisnis dari Doha ke Singapura senilai sekitar $5.700.

Iswaran juga diduga memperoleh, sebagai pegawai negeri, barang-barang berharga dengan nilai total sekitar $218,058.95 dari Tuan Ong sebanyak 24 kali antara November 2015 dan Desember 2021. Dia diduga menerimanya melalui Tuan Ong secara langsung, perusahaan Tuan Ong, Como Holdings (Inggris) atau GP Singapura.

Iswaran juga diduga melakukan hal tersebut karena mengetahui bahwa Ong memiliki hubungan dengan jabatannya sebagai ketua Komite Pengarah F1.​

4 dari 4 halaman

Kronologi Penangkapan Iswaran

Iswaran yang berusia 61 tahun ditangkap CPIB pada 11 Juli 2023 setelah dilakukan penyelidikan terhadap kasus terpisah. Dia kemudian dibebaskan dengan jaminan.

Dia diperintahkan oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong untuk mengambil cuti sampai penyelidikan selesai.

Gaji bulanannya dikurangi menjadi S$8.500.

Pada tanggal 9 Januari 2024, Menteri Pendidikan Chan Chun Sing memberikan kabar terbaru sebagai jawaban atas pertanyaan parlemen. Dia mengatakan CPIB telah menyelesaikan penyelidikannya terhadap Iswaran dan masalah tersebut telah diajukan ke Attorney-General’s Chambers (AGC) atau Kamar Jaksa Agung.

AGC mempunyai kebijaksanaan penuntutan untuk memutuskan apakah seseorang akan didakwa dan dakwaan yang mendasarinya.

Iswaran terpilih menjadi anggota Parlemen pada tahun 1997 sebagai anggota parlemen untuk West Coast GRC (GRC Pantai Barat), di mana ia menjabat selama 26 tahun terakhir. Ia dipromosikan menjadi menteri penuh di Kantor Perdana Menteri pada tahun 2011, dan telah memegang posisi menteri di kementerian pendidikan, urusan dalam negeri, serta komunikasi dan informasi.

Adapun Ong juga ditangkap pada 11 Juli sebagai bagian dari penyelidikan korupsi.

Pada tanggal 18 Januari, sebagai tanggapan terhadap pertanyaan media, juru bicara AGC mengatakan Ong termasuk di antara orang-orang yang diselidiki dalam kasus tersebut. Dia menambahkan: "Dewan Jaksa Agung akan mengambil keputusan sehubungan dengan penyelidikan terhadap Tuan Ong dan lainnya, setelah kasus terhadap S. Iswaran selesai, termasuk penyerahan bukti di pengadilan."

Konferensi pra-sidang Iswaran dijadwalkan pada 1 Maret 2024.​

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat