uefau17.com

Curah Hujan Ekstrem Picu Banjir Terparah dalam Beberapa Dekade di Somalia, 29 Orang Tewas dan 300 Ribu Warga Tinggalkan Rumah - Global

, Mogadishu - Warga Somalia sedang berjuang mengatasi banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang telah menewaskan puluhan orang dan memaksa ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka, menyusul curah hujan ekstrem yang melanda sebagian besar Afrika Timur.

Setelah hujan deras berhari-hari, sedikitnya 29 orang tewas dan lebih dari 300.000 orang meninggalkan rumah mereka demi keselamatan, Somalia’s National Disaster Management Agency (SoDMA) atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana Somalia mengatakan pada Rabu 8 November 2023, menyebut fenomena tersebut sebagai fenomena yang paling parah dalam "dekade".

"Apa yang terjadi saat ini adalah yang terburuk selama beberapa dekade,” kata Hassan Isse, direktur pelaksana SoDMA seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (9/11/2023). 

"Saya tidak ingat ada banjir seperti ini dalam hidup saya," kata Mohamed Farah, seorang tetua setempat di kota Baidoa, di barat daya Somalia. "Orang-orang terus mengungsi untuk mencari tempat yang tinggi."

Hujan ekstrem menghadirkan tantangan baru bagi negara Tanduk Afrika tersebut, yang masih belum pulih dari rekor kekeringan yang melumpuhkan pertaniannya dan menewaskan sebanyak 43.000 orang pada tahun 2022 lalu.

Kini, pihak berwenang Somalia sedang mencari ribuan orang yang mungkin terdampar akibat banjir Somalia terkini. Setidaknya 2.400 orang telah terputus aksesnya di Kota Luuq saja setelah Sungai Jubba meluap, demikian PBB memperingatkan.

“Tempat penampungan sementara kami hanyut. Anak-anak hilang sekarang. Kami tidak tahu apakah mereka hidup atau mati”, Fadumo Abdulkadir, yang mengungsi akibat banjir, mengatakan kepada Al Jazeera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banjir Regional

Banjir di Somalia merupakan bagian dari banjir regional yang terkait dengan pola cuaca yang dikenal sebagai El Nino dan Dipole Samudera Hindia – yang berdampak pada suhu permukaan laut dan menyebabkan curah hujan ekstrem, kata para ahli.

"Dampak banjir jauh lebih buruk karena kerusakan tanah akibat kekeringan yang belum pernah terjadi sebelumnya – konflik bertahun-tahun dan kehadiran milisi Al-Shabab juga membuat pembangunan pertahanan dan ketahanan terhadap banjir menjadi lebih rumit dan mahal", kata Nazanine Moshiri, seorang analis iklim. di Kelompok Krisis Internasional.

Fenomena ini telah memicu kekacauan di negara tetangga, Kenya dan Ethiopia.

Di Kenya, hujan lebat selama akhir pekan menewaskan sedikitnya 15 orang, menghancurkan 97 hektar (240 acre) lahan pertanian dan memusnahkan lebih dari 1.000 hewan ternak, demikian laporan Masyarakat Palang Merah Kenya pada Minggu.

Ribuan orang juga dilaporkan mengungsi di wilayah Somalia di Ethiopia karena banjir yang sedang berlangsung.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim menyebabkan kejadian cuaca ekstrem yang lebih intens dan lebih sering terjadi, terutama di Tanduk Afrika yang rentan.

"Siklus banjir dan kekeringan ini akan terus berlanjut. Dan kita akan melihat lebih banyak hal seperti ini kecuali kita melakukan sesuatu dalam skala global,” Christophe Hodder, penasihat keamanan iklim di Program Lingkungan PBB mengatakan kepada Al Jazeera.

3 dari 4 halaman

Banjir Melanda New York, Picu Keadaan Darurat dan Peringatan Perjalanan

Adapun sebelumnya, curah hujan tinggi memicu banjir yang menutup jalan-jalan, sekolah, hingga kereta bawah tanah di New York City, Amerika Serikat (AS), pada Jumat (29/9/2023).

Para ilmuwan meyakini bahwa tingginya curah hujan ini merupakan gejala perubahan iklim, di mana atmosfer yang lebih hangat bertindak seperti spons besar, yang mampu menyerap lebih banyak uap air dan kemudian memerasnya dalam semburan yang kuat sehingga dapat dengan mudah mengalahkan perlindungan terhadap banjir yang sudah ketinggalan zaman.

 "Secara keseluruhan, seperti yang kita ketahui, perubahan pola cuaca ini adalah akibat dari perubahan iklim," kata Rohit Aggarwala, Chief Climate Officer New York City dalam konferensi pers pada Jumat pagi, seperti dilansir CNN, Sabtu (30/9).

"Dan kenyataan yang menyedihkan adalah iklim kita berubah lebih cepat daripada kemampuan infrastruktur kita untuk meresponsnya."

Curah hujan setinggi 3 hingga 6 inci turun di seluruh New York City pada Jumat sore. Hujan akan lebih banyak turun sepanjang malam, namun secara bertahap akan berkurang.

Gubernur New York Kathy Hochul mengumumkan keadaan darurat untuk New York City, Long Island, dan Lembah Hudson pada Jumat pagi. Dalam wawancara dengan WNBC-TV di New York, dia mendesak warga untuk tinggal di rumah karena meluasnya kondisi perjalanan yang berbahaya.

"Ini adalah peristiwa cuaca yang sangat menantang," kata Hochul. "Ini peristiwa yang mengancam jiwa. Dan saya ingin semua warga New York memperhatikan peringatan itu agar kita bisa menjaga mereka tetap aman."

Gubernur New Jersey Phil Murphy juga mengumumkan keadaan darurat di negara bagiannya pada Jumat sore.

Sementara itu, Departemen Pemadam Kebakaran New York City menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyelamatan di enam ruang bawah tanah.

School Chancellor New York City David Banks mengungkapkan, air juga membanjiri 150 dari 1.400 sekolah di New York City.

Satu sekolah di Brooklyn dilaporkan terpaksa dievakuasi ketika banjir menyebabkan ketel uap sekolah mengeluarkan asap.

"Anak-anak kami aman dan kami terus memantau situasinya," kata Banks.

Selanjutnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Banjir di Libya, Dampak Perubahan Iklim yang Memperparah Tragedi Kemanusiaan

Banjir besar yang melanda wilayah timur Libya pada 11 September 2023 telah menelan ribuan korban jiwa. Merujuk pada data World Health Organization (WHO), Minggu 17 September, setidaknya 3.958 orang tewas dan 9.000 orang dinyatakan masih hilang.

Runtuhnya dua bendungan menyebabkan sekitar 30 juta meter kubik air lepas ke Kota Derna, kota-kota lain juga terdampak. Hujan ekstrem yang setara dengan curah hujan selama setahun turun dalam waktu 24 jam menjadi penyebab utamanya.

World Meteorological Organization (WMO) yang berbasis di Jenewa, Swiss, mencatat bahwa banyak wilayah di Libya menerima antara 150 hingga 240 milimeter curah hujan. Kota Al-Bayda bahkan mencatat 414,1 milimeter dalam 24 jam, mencetak rekor tertinggi.

Secara rata-rata, Derna biasanya menerima 274 milimeter hujan dalam setahun menurut German Weather Service.

Dalam sebuah diskusi dengan Nature.com seperti dikutip dalam situsnya, Senin (18/9/2023), peneliti menyebutkan bahwa bencana ini semakin memburuk karena adanya kombinasi antara perubahan iklim dan akibat dari perang saudara yang berlangsung selama enam tahun di Libya, juga krisis pemerintahan yang menyertainya.

Mark Zeitoun, direktur jenderal dari pusat penelitian Geneva Water Hub, menyebut hal ini sebagai "kutukan antara perang dan cuaca."

Klik selanjutnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat