uefau17.com

Pendaftaran Beasiswa Chevening Angkatan 2024 Akan Buka September 2023, Berikut Syarat Pentingnya - Global

, Jakarta - Beasiswa Chevening akan kembali dibuka untuk angkatan 2024. Berdasarkan informasi resmi situs Chevening, Jumat (4/8/2023), peminat bisa mulai daftar beasiswa unggulan itu pada pertengahan September 2023. 

Belum ada tanggal resmi kapan bisa mendaftar Chevening, namun lebih baik jika bersiap dari jauh-jauh hari ketimbang buru-buru, terutama karena pendaftar harus menulis empat esai.

Berikut sejumlah informasi penting bagi yang ingin daftar Chevening: 

1. Tidak Diskriminatif 

Chevening sangat mendukung keragamaan dari awardee mereka. Beasiswa ini tidak akan melihat latar belakang kehidupan personal pihak pendaftar, baik itu status pernikahan, agama, kasta, budaya, hingga orientasi seksual. Enaknya lagi, beasiswa Chevening adalah tidak ada diskriminasi usia. 

Alhasil, pendaftar usia 40 tahun ke atas masih punya kesempatan untuk belajar S2 dengan Chevening.

Tak ada syarat minimal IELTS di Chevening. Tetapi, pelamar tetap harus tes Bahasa Inggris sebagai syarat diterima universitas di Inggris yang dituju. 

2. Syarat Kerja 

Persyaratan penting Chevening adalah punya pengalaman kerja selama dua tahun. Jumlah itu adalah kumulatif, sehingga tak perlu di satu pekerjaan selama dua tahun. 

Ingat, hati-hati saat mengetik data pekerjaan di situs pendaftaran Chevening. Perhatikan baik-baik data apa yang diinginkan Chevening.

Biasanya situs Chevening menanyakan jam kerja per pekan. Jangan sampai kamu gugur karena salah menulis angka kerja.

3. Cek Kampus dan Jurusan 

Saat mendaftar Chevening, kamu harus mengajukan tiga jurusan atau kampus yang jadi tujuan belajarmu. Pastikan kampus dan jurusan yang kamu cari memiliki kerja sama bersama Chevening.

Klik di sini untuk mencari jurusan dan kampus yang bisa dibiayai Chevening. 

Pada umumnya, Chevening membuka kesempatan kuliah di berbagai jurusan, mulai dari politik, ekonomi, sains, diplomasi, sastra, hingga film dan teater. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menulis Esai Chevening

Persyaratan paling menantang di Chevening adalah menulis empat esai dalam Bahasa Inggris. Biasanya esai itu terdiri atas: Leadership, Networking, Studying in the UK, dan Career Plan.

Situs Chevening mengungkap sejumlah kesalahan yang umumnya dibuat saat mengisi esai. Klik di sini untuk membacanya. 

Salah satu sarannya adalah agar fokus pada kemampuan dan kontribusi individu saat menulis bagian Leadership. Pastikan penjelasan kamu spesifik. 

Ketika menulis bagian Studying in the UK, tuliskan dengan jelas alasan kamu memilih tiga jurusan tersebut. Cobalah agar tiga jurusan itu punya keterkaitan dan jangan terlalu random. Berikan paragraf khusus untuk membahas jurusan serta mata kuliahnya.

Sebagai saran, cobalah untuk to the point saat menulis esai. Jangan repetitif, bertele-tele, atau bercerita tentang kisah kehidupan dari kecil hingga dewasa.

Carilah topik yang relevan dengan hubungan Indonesia dan Inggris, hal itu bisa ditemukan di media massa atau situs Kedutaan Besar Inggris. Setelah itu, jelaskan mengapa beasiswa Chevening bisa membantumu berkontribusi pada topik tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Dua Surat Rekomendasi

5. Surat Rekomendasi Chevening

Chevening membutuhkan dua surat referensi dari pelamar. Surat itu harus dituliskan dalam Bahasa Inggris.

Penulis surat referensi atau rekomendasi haruslah orang yang mengetahui kapasitas profesional atau akademis kamu. Mereka tidak boleh teman dekat atau saudara.

Berikut hal-hal yang perlu ada di surat referensi:

1. Kontak penulis surat rekomendasi: alamat, email, dan nomor telepon.

2. Tulis berapa lama telah mengenal pihak pelamar Chevening.

3. Kapasitas relasi dengan pelamar Chevening (profesional, pendidikan, supervisor, relawan, keagamaan, dan sebagainya).

4. Tulis kapan terakhir kali menghubungi pelamar Chevening.

5. Jelaskan secara singkat soal kemampuan di kepemimpinan dan berjejaring; kualitas personal, intelektual, dan interpersonal; kemampuan untuk menyelesaikan program akademik di Inggris yang menantang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat