uefau17.com

Kerusuhan Prancis: Viral Kebakaran Dekat Apartemen di Kota Selatan Paris, Diduga Ulah Perusuh - Global

, Grigny - Kota Grigny di Prancis menjadi salah satu lokasi tempat demonstrasi dan kerusuhan setelah kematian pemuda bernama Nahel Merzouk (17) yang ditembak polisi. Penghancuran dan penjarahan tempat usaha juga terjadi. 

Dikutip dari News18 (2/7/2023), kebakaran terjadi di dekat sebuah apartemen di Grigny. Video kebakaran itu viral di media sosial, beserta narasi bahwa api disebabkan oleh demonstran. 

Belum jelas siapa sebenarnya yang memicu api besar di dekat apartemen tersebut.

Seorang jurnalis Prancis yang meliput kerusuhan, Clément Lanot, membalas tweet tersebut dan berkata yang terbakar adalah pohon.

"Apinya padam, itu hanya sebuah pohon," ujarnya.

Sebuah video viral lain yang beredar menampilkan sisi berbeda dari gedung. Terlihat bahwa nyala api berada tepat di samping gedung. 

"Di Grigny, orang-orang lewat berteriak kepada penghuni untuk keluar agar tidak terjebak di kebakaran, sebuah pohon di sebelah gedung itu dilalap api," ujar seorang netizen.

Nahel Merzouk telah dimakamkan pada Sabtu (1/7). Ibu dari Nahel Merzouk juga ikut protes ke pemerintah atas kematian anaknya, tetapi wanita itu mengatakan ia hanya meminta pertanggungjawaban polisi yang menembak.

Pemerintah Prancis telah menangkap lebih dari 1.000 orang terkait kerusuhan yang terjadi selama sepekan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serang dan Lukai Keluarga Wali Kota di Paris, Total 719 Orang Ditangkap

Para perusuh di Prancis menabrakkan mobil yang terbakar ke rumah seorang walikota sebuah kota di luar Paris, melukai istri dan anaknya dalam apa yang dia sebut sebagai 'upaya pembunuhan'.

Prancis telah diguncang oleh gelombang protes dan kerusuhan menyusul kematian Nahel Merzouk (17) yang diduga 'dieksekusi' oleh polisi saat berhenti lalu lintas. 

Polisi juga melakukan 719 penangkapan secara nasional Minggu 2 Juli 2023 waktu setempat setelah pengerahan keamanan massal, tetapi kekerasan secara keseluruhan tampaknya berkurang dibandingkan dengan malam-malam sebelumnya.

Walikota L'Hay-les-Roses, Vincent Jeanbrun, menulis di Twitter bahwa pengunjuk rasa telah "menabrakkan mobil" ke rumahnya sebelum "terbakar" pada saat keluarganya tidur. Setelah serangan itu, dia bersumpah untuk "tidak mundur" dan mengatakan "tekadnya untuk melindungi dan melayani Republik lebih besar dari sebelumnya".

Jeanbrun mengecam kerusuhan pada hari Minggu setelah rumah keluarganya menjadi sasaran demonstrasi terbaru.

"Tadi malam tonggak sejarah dicapai dengan ngeri dan memalukan," tulisnya. "Istri dan salah satu anak saya terluka.

"Itu adalah percobaan pembunuhan pengecut," ujar sang wali kota dikutip dari The Daily Mail (2/7/2023).

Para pengunjuk rasa menargetkan rumahnya sekitar pukul 1.30 pagi ketika dia berada di Balai Kota dan istrinya berada di rumah bersama dua anak mereka, menurut pernyataannya yang telah diterjemahkan dari bahasa Prancis.

3 dari 3 halaman

Kengerian

Jeanbrun mengatakan dia tidak memiliki 'kata-kata yang cukup kuat' untuk menggambarkan emosinya setelah 'kengerian' serangan itu.

Dia berkata: "Satu-satunya cara untuk membuat apa yang tidak dapat diterima dapat ditanggung adalah bahwa semua ini tidak terjadi-."

Jeanbrun mengatakan prioritasnya hari ini adalah untuk "mengurus keluarga saya" tetapi menambahkan: "Tekad saya untuk melindungi dan melayani Republik lebih besar dari sebelumnya."

Beberapa sekolah, kantor polisi, balai kota dan toko telah menjadi sasaran kebakaran atau vandalisme dalam beberapa hari terakhir tetapi serangan pribadi seperti itu di rumah walikota tidak biasa.

Kekacauan yang menyebar cepat menimbulkan tantangan baru bagi kepemimpinan Presiden Emmanuel Macron dan mengungkap ketidakpuasan mendalam di lingkungan berpenghasilan rendah atas diskriminasi dan kurangnya kesempatan.

Kematian Merzouk pada hari Selasa 27 Juni telah menimbulkan kemarahan di seluruh negeri. Dia dimakamkan Sabtu dalam sebuah upacara Muslim di kampung halamannya di Nanterre, pinggiran kota Paris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat