uefau17.com

Roller Coaster di Swedia Tergelincir dari Rel Picu Penumpang Jatuh dari Ketinggian 6 Meter - Global

, Stockholm - Kereta roller coaster yang beroperasi di dalam sebuah taman hiburan di Swedia tergelincir dari rel pada Minggu 25 Juni 2023.

Kecelakaan ini menyebabkan beberapa penumpang jatuh ke tanah. Satu orang tewas, dan sembilan lainnya cedera, kata polisi dan petugas taman.

Melansir dari AP News, Senin (26/6/2023), saksi menggambarkan suasana kacau saat kejadian di taman hiburan Gröna Lund. Bagian depan kereta tampak keluar dari rel sebelum akhirnya berhenti total, dengan satu gerbong miring ke tanah.

"Bagian depan kereta tergelincir sebagian dan berhenti di lintasan pada ketinggian antara 6 dan 8 meter," kata kepala eksekutif taman Jan Eriksson. "Total ada 14 orang di dalamnya, satu orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka."

Pemerintah daerah mengatakan sembilan orang dibawa ke rumah sakit, salah satunya dalam kondisi serius. Tiga dari yang terluka adalah anak-anak, semuanya dengan luka ringan, katanya.

Saksi lain bernama Ziba Assadi, mengatakan bahwa dia berdiri tepat di bawah roller coaster Jetline ketika dia melihat rakitan roda salah satu gerbongnya jatuh ke tanah.

“Kemudian roller coasternya berhenti dan orang-orang terbang keluar berjatuhan,” katanya.

Dikabarkan oleh saksi mata bahwa ada dua atau tiga orang yang jatuh dari gerbong, salah satunya berhasil bertahan di lintasan. Foto dari tempat kejadian menunjukkan seorang pria duduk di balok di bawah gerbong yang berhenti.

“Jadi dia duduk di sana mengangkangi balok dan menunggu,” kata Assadi. "Benar-benar panik."

Taman hiburan kemudian dikosongkan setelah kecelakaan itu.

Kabarnya akan lanjut ditutup selama tujuh hari ke depan untuk memungkinkan penyelidik mengetahui apa yang salah. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Taman Hiburan Tertua di Swedia

Saat ini, polisi sedang melakukan penyelidikan kriminal atas kemungkinan tuduhan pembunuhan tidak disengaja, menyebabkan cedera tubuh dan bahaya pada orang lain.

"Ini seharusnya tidak bisa terjadi," kata juru bicara Gröna Lund, Annika Troselius. "Keselamatan adalah hal yang paling penting bagi kami. Dan kami tidak akan pernah membuka atraksi jika kami tidak yakin akan keamanannya, jadi ini adalah sesuatu yang perlu kami selidiki secara menyeluruh."

Roller coaster Jetline sepanjang 800 meter dibuka pada tahun 1988 dan direnovasi pada tahun 2000. Menurut Gröna Lund, ini memiliki ketinggian maksimum 30 meter dan kecepatan tertinggi 56 mph.

Dibuka pada tahun 1883, Gröna Lund adalah taman hiburan tertua di Swedia.

3 dari 4 halaman

2 Roller Coaster di Legoland Jerman Tabrakan

Tahun lalu, kecelakaan roller coaster pernah terjadi juga di taman hiburan Legoland di Jerman selatan, melukai 31 orang.

"Satu orang menderita luka parah tetapi tidak mengancam jiwa, dan 15 orang dibawa ke rumah sakit dengan luka ringan setelah insiden di Kota Bavarian Günzburg, Jerman," kata seorang juru bicara polisi kepada CNN yang dikutip Jumat (12/8/2022).

Insiden itu adalah kecelakaan roller coaster kedua baru-baru ini di negara itu.

Sebelumnya pada hari Sabtu, seorang wanita berusia 57 tahun meninggal ketika dia jatuh dari rangkaian roller coaster di Klotten, Rhineland-Palatinate, kata polisi setempat kepada CNN. Penyidik belum mempresentasikan temuan mereka tentang penyebab kecelakaan maut tersebut.

Mengutip situs DW.com, dua kereta roller coaster saling bertabrakan di Legoland Kota Günzberg, kata pihak berwenang.

Polisi mengatakan orang dewasa dan anak-anak termasuk di antara mereka yang terluka di roller coaster "Fire Dragon".

Setelah insiden itu, pihak berwenang meluncurkan operasi penyelamatan skala besar, termasuk tiga helikopter. Orang-orang harus dibawa turun dari ketinggian setidaknya lima meter (16 kaki), menurut laporan setempat.

4 dari 4 halaman

Operasional Taman Berlanjut

Menurut laporan DW, operator taman tidak mengevakuasi taman, dan pengunjung melaporkan tidak ada pengumuman yang dibuat untuk para tamu. Daerah itu ditutup, tetapi wahana lain di taman itu terus beroperasi secara normal.

Wartawan diblokir dari lokasi kecelakaan, kantor berita DPA melaporkan.

Menurut pihak taman, roller coaster bergerak dengan kecepatan hingga 29 kilometer per jam (18 mil per jam).

Taman ini dibuka pada tahun 2002, dan memiliki 10 area bertema dengan lebih dari 60 atraksi dan wahana.

Untuk baca selengkapnya, klik di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat