uefau17.com

Sempat Adem Ayem Pasca Kunjungan Menlu AS ke China, Biden Kini Sebut Xi Jinping Diktator - Global

, Washington- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut Presiden China Xi Jinping diktator. Hal tersebut dilakukan Biden saat acara penggalangan dana di California pada Selasa (20/6/2023) malam waktu setempat.

Tidak hanya itu, Biden juga menyebut Xi Jinping malu atas insiden balon mata-mata China.

"Alasan mengapa Xi Jinping sangat kesal, ketika saya menembak jatuh balon... yang penuh peralatan mata-mata di dalamnya, adalah dia tidak tahu bahwa balon itu ada di sana," ujar Biden seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/6).

"Itu sangat memalukan bagi para diktator. Ketika mereka tidak tahu apa yang terjadi."

Pernyataan Biden itu muncul sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Xi Jinping di Beijing. Lawatan dua hari Blinken ke China sendiri bertujuan meredakan ketegangan antara kedua negara adidaya tersebut.

China sejauh ini belum merespons pernyataan Biden.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilpres AS 2024 dan China

Kunjungan Blinken ke Beijing, yang pertama oleh seorang menlu AS dalam hampir lima tahun, memulai kembali komunikasi tingkat tinggi antara kedua negara yang sempat mandek. Baik Biden maupun Xi Jinping memuji kunjungan tersebut sebagai perkembangan yang disambut baik.

Xi Jinping mengatakan beberapa kemajuan telah dibuat di Beijing, namun dia tidak merincinya. Sementara Blinken mengindikasikan kedua belah pihak terbuka untuk pembicaraan lebih lanjut.

Namun, bagaimanapun, Blinken tetap menyinggung perbedaan mencolok antara keduanya. China menolak tawaran AS untuk melanjutkan sarana komunikasi militer-ke-militer menyusul sanksi yang dijatuhkan AS terhadap Menteri Pertahanan Li Shangfu atas pembelian pesawat dan peralatan tempur dari eksportir senjata utama Rusia, Rosoboronexpor.

Washington dan Beijing telah lama berselisih tentang berbagai isu termasuk perdagangan, hak asasi manusia, dan Taiwan.

Hubungan keduanya pun terus memburuk dalam setahun terakhir. Jelang Pilpres AS 2024 dan ketegangan dengan China muncul sebagai masalah politik, beberapa senator Republik telah menyerang pemerintahan Biden karena bersikap "lunak" terhadap China.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat