uefau17.com

10 Negara Paling Damai di Dunia pada 2022, Ada 2 dari Asia - Global

, Jakarta - Semua orang pasti ingin kehidupan yang tentram dan damai. Tapi tahukah Anda di mana negara yang paling aman sedunia?

Global Peace Index (GPI) atau Indeks Perdamaian Global mengeluarkan daftar negara mana saja yang paling damai pada 2022.

Diproduksi oleh Institute for Economics and Peace (IEP), GPI adalah ukuran terdepan dunia untuk perdamaian global. Laporan tersebut menyajikan analisis berbasis data yang paling komprehensif hingga saat ini tentang tren perdamaian, nilai ekonominya, dan bagaimana mengembangkan masyarakat yang damai.

Indikator-indikator tersebut nantinya digabungkan menjadi satu skor GPI.

GPI kemudian menemukan bahwa tingkat kedamaian global memburuk pada 2022 dengan skor rata-rata negara turun sebesar 0,3 persen.

Meskipun kecil, ini adalah penurunan kesebelas dalam perdamaian dalam empat belas tahun terakhir, dengan 90 negara membaik, 71 memburuk dan dua tetap stabil dalam perdamaian, menyoroti bahwa negara cenderung memburuk jauh lebih cepat daripada perbaikannya.

Berikut ini adalah 10 daftar negara terdamai di dunia pada 2022 dua di antaranya dari Asia, dilansir dari Vision of Humanity, Rabu (22/3/2023).

1. Islandia

Di urutan pertama ada Islandia. 

Islandia menjadi negara paling damai di kawasan Eropa dan juga di dunia pada GPI 2022, dengan peningkatan skor sebesar 3,4 persen.

Demonstrasi kekerasan dan persepsi indikator kriminalitas membaik. Islandia juga mencatat penurunan skor demonstrasi kekerasan sebesar 55 persen setelah mencatat skor tertingginya pada 2021, sementara skor persepsi kriminalitasnya kini berada di urutan kesepuluh terendah secara global.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Selandia Baru

Selandia Baru menjadi negara paling damai di kawasan Asia-Pasifik dan negara paling damai kedua secara keseluruhan di GPI 2022.

Selandia Baru mencatat sedikit peningkatan skor pada GPI 2022, sebagai akibat dari penurunan tingkat penahanan, pengeluaran militer, dan dampak terorisme.

Peningkatan dicatat di semua domain kecuali saat konflik yang sedang berlangsung, yang tetap stabil antara tahun 2021 dan 2022.

3. Irlandia

Irlandia menduduki peringkat sebagai negara paling damai ketiga di dunia dan negara paling damai kedua di Eropa, menurut GPI 2022.

Kedamaian meningkat sebesar 0,019 persen dengan peningkatan besar di seluruh domain keselamatan dan keamanan, serta dan militerisasi.

4. Denmark

Denmark mencatat peningkatan dalam domain keselamatan dan keamanan. Namun, turun satu peringkat dan menduduki peringkat keempat di antara 163 negara di GPI 2022.

5. Austria

Kedamaian keseluruhan di Austria meningkat sebesar 0,018 persen menjadikannya negara paling damai kelima di dunia.

Domain keselamatan dan keamanan meningkat sebesar 0,086.

3 dari 4 halaman

6. Portugal

Di peringkat keenam pada GPI 2022 adalah Portugal sebagai salah satu negara paling damai di dunia.

7. Slovenia

Skor GPI 2022 keseluruhan Slovenia memburuk sebesar 0,021 persen.

Negara ini turun dua peringkat dari tahun 2021 dan menempati peringkat ketujuh di antara 163 negara dalam peringkat GPI 2022.

8. Republik Ceko

Republik Ceko mengklaim posisi kedelapan pada GPI 2022 dengan peningkatan di seluruh domain militerisasi dan keselamatan dan keamanan.

9. Singapura

Untuk di posisi kesembilan, ada negara dari Asia yang menempati, yakni Singapura.

Singapura naik selangkah lebih tinggi dari peringkat GPI 2021 dan berada di peringkat kesembilan negara paling damai pada GPI 2022.

Singapura pun menjadi negara paling damai kedua di kawasan Asia Pasifik selama tiga tahun berturut-turut.

Posisi Singapura meningkat secara signifikan dalam domain militerisasi, dengan peningkatan besar terutama dalam senjata nuklir dan berat serta ekspor senjata antara tahun 2021 dan 2022.

10. Jepang

Jepang mendapatkan urutan ke-10 sebagai negara paling damai di GPI 2022.

Posisi Jepang meningkat secara signifikan dalam domain militerisasi dengan peningkatan besar terutama dalam senjata nuklir dan berat.

4 dari 4 halaman

Negara dengan Penduduk yang Selalu Merasa Damai, Mana Saja?

Bicara soal negara paling damai, penduduk negara mana saja yang merasa damai?

Pada 2023, 17 persen orang memutuskan untuk "berbahagia" menurut jajak pendapat YouGov terhadap 1.000 orang dewasa. Sekitar 12 persen memutuskan untuk meningkatkan kesehatan mental dan 11 persen lagi ingin fokus pada "masalah spiritual".

Sasaran-sasaran itu mungkin tampak tinggi, tetapi di beberapa negara tercipta perdamaian yang tidak biasa, menurut jajak pendapat Gallup baru-baru ini.

Saat ditanya, "Seberapa sering Anda merasa damai dengan pikiran dan perasaan?", sebanyak 73 persen responden di Nikaragua mengatakan "Selalu". Itu membuktikan bahwa Nikaragua menjadi salah satu negara yang penduduknya selalu merasa damai.

Di samping itu, Nikaragua juga memiliki "indeks pengalaman positif" yang tinggi, menurut jajak pendapat terpisah Gallup. Ini berarti peserta yang disurvei memiliki emosi positif tentang persepsi standar hidup, kebebasan pribadi, dan kehidupan sosial mereka.

Baca selebihnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat