uefau17.com

Tajikistan Gempa Besar Magnitudo 6,8 Tapi Tak Ada Korban, Mengapa? - Global

, Xinjiang - Gempa cukup besar mengguncang Tajikisan yang berada dekat wilayah China. Tapi dilaporkan tak ada korban jiwa. Mengapa bisa?

"Gempa berkekuatan magnitudo 6,8 mengguncang bagian Tajikistan yang berpenduduk sedikit dan terpencil pada Kamis pagi, di dekat wilayah Xinjiang barat jauh China," kata para pejabat seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (24/2/2023).

Tidak ada cedera atau kerusakan yang dilaporkan.

Pusat gempa Tajikistan berada 67 kilometer (41 mil) barat Murghob, dan 20 kilometer (12 mil) di bawah tanah, menurut Survei Geologi AS.

Mughrob adalah ibu kota distrik dengan populasi beberapa ribu orang, lokasinya tinggi di Pegunungan Pamir.

Gempa itu sangat terasa melintasi perbatasan di beberapa daerah prefektur Kashgar dan prefektur otonom Kizilsu Kyrgyz di Xinjiang, tetapi sejauh ini tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan, kata media pemerintah CCTV, mengutip petugas informasi setempat.

China Earthquake Networks Center (Pusat Jaringan Gempa China) mengatakan gempa itu berkekuatan 7,2 dan kedalamannya 10 kilometer (6 mil). Kendati demikian pengukuran oleh lembaga yang berbeda seringkali berbeda.

Lima gempa susulan mulai dari berkekuatan magnitudo 4,6 hingga 5 menyusul kemudian pada Kamis pagi, dengan pusat gempa juga terletak di sebelah barat Murghob, lapor Khovar Agency milik pemerintah Tajikistan.

"Gempa berkekuatan magnitudo 5 lebih lanjut tercatat pada sore hari 86 kilometer (53 mil) barat kota," kata juru bicara Komite Darurat Negara Tajik Umeda Yusufi. Tidak ada yang menyebutkan cedera atau kerusakan apa pun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Wilayah Terdampak Gempa Turki

Sebelumnya, gempa bumi dahsyat melanda Turki Tenggara, dekat perbatasan Suriah yang menewaskan ratusan warga saat tidur dan menjebak banyak lainnya, Senin, 6 Februari 2023. Pejabat pemerintah Turki menyebutkan, 10 kota terkena dampak gempa Turki.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleymon Soylu menuturkan, 10 kota terkena dampak antara lain Gaziantep, Kahramanmaras, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir dan Kilis.

The US Geological Survey atau Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyebutkan gempa berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat pada kedalaman 17,9 KM di dekat kota Gaziantep. Berdasarkan pembaruan terkini, pusat gempa Turki berada di distrik Pazarcik, Provinsi Kahranmaras. Demikian mengutip BBC, Senin (6/2/2023).

Seorang koresponden BBC Turki di Diyarbakir melaporkan sebuah pusat perbelanjaan di kota tersebut runtuh. Getaran juga terasa di Lebanon dan Siprus.

"Saya sedang menulis sesuatu dan tiba-tiba di seluruh gedung mulai berguncang dan saya benar-benar tidak tahu apa yang saya rasakan,” ujar Mahasiswa di Ibu Kota Lebanon, Mohamad El Chamaa kepada BBC.

 El Chamaa menyebutkan berada di tepat di sebelah jendela. Ia pun takut jendela itu akan pecah. "Itu berlangsung selama empat-lima menit, dan sangat mengerikan. Itu sangat mengejutkan,” ujar dia.

Produser BBC di Jalur Gaza, Rushdi Abualouf menuturkan, ada getaran sekitar 45 detik di rumah tempat dia tinggal. Seismolog Turki memperkirakan, kekuatan gempa berkekuatan 7,4 skala richter. Ia menuturkan, gempa kedua terjadi beberapa menit kemudian.

Adapun Turki terletak di salah satu zona gempa paling aktif di dunia. Pada 1999, lebih dari 17.000 orang tewas setelah gempa kuat mengguncang barat laut negara itu. 

3 dari 4 halaman

Korban Tewas Gempa Terbaru Turki-Suriah 8 Orang, Guncangannya Dirasakan 5 Negara

Sementara itu, Turki sempat diguncang gempa terbaru pada Senin 21 Februari 2023.

Korban tewas akibat gempa Turki dan Suriah yang terbaru itu dilaporkan delapan orang. Ini merupakan gempa baru dan kuat yang melanda dua minggu setelah lindu dahsyat menewaskan hampir 45.000 orang, kata pihak berwenang dan media Selasa 21 Februari 2023.

"Otoritas manajemen bencana Turki mengatakan enam orang tewas dan 294 lainnya terluka, dengan 18 di antaranya dalam kondisi kritis setelah gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang pada Senin 20 Februari. Di Suriah, seorang wanita dan gadis meninggal akibat panik selama gempa bumi di Provinsi Hama dan Tartus", kata media pro-pemerintah seperti dikutip dari AP, Selasa (21/2/2023).

Pusat gempa berada di Kota Defne, Provinsi Hatay Turki, yang berbatasan dengan Suriah. Getaran gempa juga dilaporkan terasa di lima negara; Yordania, Siprus, Israel, Lebanon dan sejauh Mesir, diikuti oleh gempa kedua berkekuatan megnitudo 5,8 dan puluhan gempa susulan.

Hatay adalah salah satu provinsi yang paling terpukul di Turki akibat gempa bermagnitudo 7,8 yang terjadi pada 6 Februari. Ribuan bangunan hancur di provinsi itu dan gempa hari Senin semakin merusak bangunan yang sudah rentan ambruk. Kantor gubernur di Antakya, jantung sejarah Hatay, juga rusak.

Pejabat telah memperingatkan korban gempa untuk tidak pergi ke puing bangunan rumah mereka, tetapi orang-orang melakukannya untuk mengambil apa yang mereka bisa manfaatkan. Akhirnya mereka terjebak dalam gempa baru.

Mayoritas kematian dalam gempa besar 6 Februari, yang diikuti oleh gempa berkekuatan magnitudo 7,5 sembilan jam kemudian, terjadi di Turki dengan sedikitnya 41.156 orang tewas. Pusat gempa berada di Provinsi Kahramanmaras selatan.

 

4 dari 4 halaman

Gempa M 6,8 Guncang Maluku Utara Jumat Dini Hari, Berpusat di Laut

Sementara di Indonesia, gempa Magnitudo 6,8 mengguncang wilayah Daruba, Kepulauan Morotai, Maluku Utara, Jumat (24/2/2023) pukul 03.02.52 WIB. Laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, lokasi gempa 3.20 LU - 127.94 BT Barat Laut Daruba, pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 112 km.

BMKG menyebut, gempa Maluku Utara ini juga dirasakan daerah lain, antara lain Tahuna, Melonguane, Manado, Minahasa Utara, hingga Tondano dan Minahasa Tenggara.

Belum ada laporan kerusakaan hingga saat ini, meski begitu warga diimbau tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat