uefau17.com

Dari Ma'ruf Amin hingga Anwar Ibrahim, Begini Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek Pemimpin Dunia - Global

, Jakarta - Para pemimpin dan pejabat dunia mengirimkan ucapan selamat Tahun Baru Imlek saat China menyambut Tahun Kelinci.

Tahun Kelinci, menurut Zodiak Cina, berlangsung dari 22 Januari 2023 hingga 9 Februari 2024.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa menyampaikan salam Tahun Baru Imlek kepada rakyat Tiongkok, berharap mereka sehat, makmur, dan sukses di Tahun Kelinci.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Zimbabwe, dan atas nama saya sendiri, saya ingin menyampaikan kepada Anda ucapan selamat yang hangat atas datangnya Tahun Baru Imlek yang menandai awal Tahun Kelinci yang melambangkan umur panjang, perdamaian dan kemakmuran," katanya dalam pesan video yang direkam.

Mnangagwa mengatakan musim baru menawarkan peluang untuk memperkuat ikatan persahabatan dan solidaritas yang kuat antara Zimbabwe dan China.

Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen menyampaikan salam Tahun Baru Imlek dan mendoakan orang-orang Tionghoa dan warga Kamboja keturunan Tionghoa kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam semua upaya mereka di Tahun Baru.

"Pada kesempatan Tahun Baru Imlek yang akan datang, Tahun Kelinci, saya ingin mengucapkan selamat dan ikut bersenang-senang dengan semua orang Tionghoa dan warga Kamboja keturunan Tionghoa, yang selalu hidup dan terjebak bersama melalui tebal dan tipis sejak zaman kuno," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan PM Thailand

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha mengirim ucapan Selamat Tahun Baru Imlek dalam bahasa Mandarin ketika dia menghadiri perayaan festival di Provinsi Ratchaburi, berharap semua orang makmur dan beruntung.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyapa komunitas Tionghoa negara itu menjelang perayaan Tahun Baru Imlek dengan pesan persatuan.

 

3 dari 3 halaman

Wapres Ma'ruf Amin: Imlek, Momentum Perkuat Solidaritas Bangsa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, yang diperingati pada Minggu, 22 Januari 2023 menjadi momentum penguatan solidaritas bangsa Indonesia.

Dia juga mengatakan Tahun Baru Masehi 2023 dan Tahun Baru Imlek 2574 seyogyanya dirayakan dengan rasa syukur dan semangat untuk terus bangkit meskipun tantangan yang dihadapi tidak ringan, agar bangsa Indonesia dapat terus bergerak maju bersama.

"Semangat perayaan Imlek kiranya senantiasa menjadi momentum bagi segenap bangsa Indonesia untuk memperkuat solidaritas dalam mewujudkan visi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan video yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/1/2023) dilansir Antara.

Ma'ruf juga mendoakan agar Tuhan senantiasa mempererat kerukunan dan persaudaraan bangsa Indonesia serta melimpahi dengan kekuatan dan pertolongan.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Amin juga menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili kepada seluruh umat Khonghucu dan warga Indonesia yang merayakan.

"Saudara-saudaraku umat Khonghucu di Tanah Air dan di mana pun berada, saya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat