uefau17.com

Pesawat Jetstar di Jepang Mendarat Darurat Akibat Ancaman 100 Kg Bom - Global

, Fukuoka - Gara-gara ancaman bom, sebuah pesawat penerbangan Jepang mendarat darurat.

"Sebuah pesawat yang diterbangkan oleh maskapai murah Jetstar melakukan pendaratan darurat di Jepang tengah pada Sabtu (7/1/2023), setelah pihak berwenang menerima ancaman bom dari penelepon internasional," lapor penyiar publik NHK mengutip sumber polisi.

"Bandara Narita Tokyo menerima telepon pada pukul 06.20 pagi waktu Jepang dari seorang pria di Jerman yang mengatakan dalam bahasa Inggris bahwa dia telah meletakkan bom di pesawat," lapor NHK, mengutip sumber polisi.

Penerbangan domestik dari Narita ke kota barat daya Fukuoka itu kemudian dialihkan ke Bandara Chubu, kata juru bicara bandara Chubu kepada CNN.

"136 penumpang dan enam awak di dalamnya dievakuasi dari pesawat di sana," lapor NHK.

Mengutip sumber kepolisian, NHK mengatakan pria pengancam bom itu mengklaim telah menempatkan 100 kilogram (220 pon) bahan peledak plastik di ruang kargo pesawat dan menuntut untuk berbicara dengan "manajer" atau dia akan meledakkannya.

"Tidak ada bahan peledak yang ditemukan di dalam pesawat," kata NHK.

Satu orang terluka ringan saat meninggalkan pesawat menurut NHK, yang menyiarkan rekaman penumpang yang dievakuasi dari pesawat melalui saluran darurat.

Gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan sebuah Airbus A320, yang dioperasikan oleh Jetstar, dengan parasut dikerahkan dan penumpang dievakuasi di sekitar pesawat.

Juru bicara Bandara Chubu mengatakan insiden itu sedang diselidiki dan bandara telah menangguhkan penerbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dugaan Bom Picu Pesawat EasyJet dari Polandia ke Inggris Mendarat Darurat di Ceko

Kasus serupa pernah dialami penerbangan EasyJet dari Polandia ke Inggris dialihkan ke Republik Ceko setelah "kemungkinan bom" dilaporkan di pesawat.

Menurut laporan BBC, Senin 5 Desember 2022, penerbangan dari Krakow ke Bristol itu mendarat darurat dengan selamat setelah dialihkan ke Bandara Praha pada Minggu 4 Desember 2022 malam waktu setempat.

Polisi Ceko mengatakan teknisi piroteknya mendatangi tempat kejadian untuk menyelidiki.

Bandara Praha kemudian mentweet: "Tidak ada benda berbahaya yang ditemukan di pesawat setelah pemeriksaan piroteknik."

Penerbangan - EZY6276 - sudah terbang selama satu jam dari 2,5 jam waktu perjalanan ketika pesawat Airbus A320 mendarat di Bandara Vaclav Havel Praha.

Pejabat Bandara Praha mentweet: "Pada pukul 22.50 sebuah pesawat yang dialihkan mendarat dengan selamat di rute Bandara Praha Krakow-Bristol.

"Dilaporkan ada kemungkinan bom di dalam pesawat. Semua tindakan untuk memastikan keselamatan penumpang dan semua lalu lintas udara saat ini dilakukan oleh Kepolisian Republik Ceko."

3 dari 4 halaman

Ancaman Bom ke Pesawat Singapore Airlines SQ33 Picu Pengawalan Jet Tempur, 1 Orang Ditangkap

Sementara itu, seorang pria berusia 37 tahun ditangkap karena diduga membuat ancaman bom di atas pesawat Singapore Airlines (SIA) dari San Francisco yang mendarat di Singapura pada Rabu 28 September 2022 dini hari.

Menurut The Straits Times yang dikutip Kamis 29 September 2022, pria yang ditangkap terkait ancaman bom itu adalah warga negara asing.

Penerbangan SQ33, yang meninggalkan San Francisco pada pukul 22.26 pada Senin 26 September (Selasa 27 September pukul 13.26 waktu Singapura) dengan 209 penumpang dan 17 awak di dalamnya, dikawal oleh dua jet tempur RSAF sebelum mendarat di Bandara Changi pada Rabu 28 September sekitar pukul 05.50. Demikian menurut Angkatan Udara dan polisi Republik Singapura dalam sebuah pernyataan.

Polisi diberitahu tentang ancaman itu pada hari Rabu sekitar pukul 2.40 pagi, tambah pernyataan itu.

Seorang juru bicara SIA dalam menanggapi pertanyaan mengatakan SQ33 menuju ke bagian terisolasi dari bandara untuk pemeriksaan keamanan setelah mendarat, dan kemudian ditarik ke Terminal 3 setelah pemeriksaan keamanan selesai.

Defence Ministry (Mindef) atau Kementerian Pertahanan Singapura dalam sebuah posting Facebook pada hari Rabu mengatakan: "“Tim dari Kelompok Pertahanan Kimia, Biologi, Radiologi dan Bahan Peledak Angkatan Darat Singapura dan Divisi Polisi Bandara berada di lokasi untuk memverifikasi klaim tersebut."

"Ancaman itu kemudian diverifikasi sebagai palsu, dan orang yang mencurigakan telah ditangkap."

Menteri Pertahanan Ng Eng Hen dalam sebuah posting Twitter mengatakan angkatan udara mengaktifkan dua jet tempur F-16 untuk mengawal penerbangan pesawat SQ33.

Pernyataan polisi mengatakan penyelidikan awal menunjukkan bahwa penumpang diduga mengklaim bahwa ada bom di tas jinjing, dan telah menyerang kru.

"Dia ditahan oleh kru, dan kemudian ditangkap … karena dicurigai mengonsumsi obat-obatan terlarang. Penyelidikan polisi sedang berlangsung," tambah polisi.

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Pesawat Malaysia Airlines Dapat Ancaman Bom di Bandara Bangladesh

Sebelumnya, pihak berwenang Bangladesh menyisir pesawat Malaysia Airlines setelah mendarat di Bandara Internasional Hazrat Shahjalal Dhaka, di tengah laporan dugaan ancaman bom di dalam pesawat.

Meski demikian, pencarian tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan, Otoritas Penerbangan Sipil Bangladesh mengumumkan pada konferensi pers pada Kamis (2/12/2021) dini hari.

Penerbangan menuju Dhaka dari Kuala Lumpur mendarat di bandara Shahjalal sekitar pukul 21.48 pada Rabu 1 Desember.

Pesawat kemudian digiring ke taxiway di mana regu penjinak bom Angkatan Udara melakukan pencarian menyeluruh terhadap pesawat setelah mengevakuasi penumpangnya, demikian dikutip dari laman bdnews24.com.

"Informasi itu ternyata tidak berdasar tetapi kami tidak menganggapnya enteng," kata Kapten Grup AHM Touhid-ul Ahsan, direktur bandara kepada wartawan.

"Kami melakukan pencarian rinci setelah pesawat mendarat. Pertama, kami menurunkan penumpang dan menggeledah mereka sesuai dengan Standar Prosedur. Tapi kami tidak menemukan bahan berbahaya atau mirip bom."

Touhid-ul mengatakan, pihaknya menerima petunjuk dalam panggilan telepon dari nomor Malaysia tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang masalah tersebut.

Selanjutnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat