uefau17.com

Rusia Diduga Lakukan 58.000 Kejahatan Perang di Ukraina - Global

, Kyiv - Pemerintah Ukraina terus mencatat dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh Rusia selama invasi berlangsung sejak 2022. Totalnya ada lebih dari 58 ribu dugaan kejahatan perang.

Berdasarkan laporan AP News, Minggu (1/1/2023), Ukraina menginvestigasi kejahatan perang berupa pembunuhan, penculikan, pengeboman membabi-buta, hingga serangan seksual.

Sementara, media AP dan Frontline telah memverifikasi lebih dari 600 insiden yang terlihat melanggar hukum-hukum perang, termasuk pembantaian lusinan atau ratusan warga sipil. Totalnya bisa ada ribuan kejahatan perang.

Jaksa ketua di International Criminal Court di Den Haag, Karim Khan, juga telah mengakui bahwa Ukraina adalah "lokasi kejahatan".

Namun, Ukraina diprediksi sulit menghukum orang-orang yang bersalah, sebab mayoritas terduga penjahat perang tak berhasil ditangkap dan masih berada di garis pertahanan Rusia.

Dikhawatirkan pula yang diadili bukan level tinggi. Contohnya pada kasus Vadim Shishimarin. Ia merupakan komandan tank yang masih berusia 21 tahun dan ditangkap oleh Ukraina. Ia terkena vonis 15 tahun penjara.

Perang di Rusia juga menyerang sejumlah infrastruktur sipil, seperti pembangkit energi. Ini terjaid di Kyiv, Odesa, Lviv, Kirovohrad, Kharkiv, Cherkasy, dan Dnipro.

Duta Besar Rusia di PBB, Vassily Nebenzia, membantah bahwa ada rakyat sipil yang menjadi korban jiwa di invasi Rusia.

"Tidak ada satu pun warga lokal yang menjadi korban operasi militer Rusia. Diplomat Rusia itu pun menuding adanya aksi tipu-tipu yang dilakukan warga Ukraina.

<p>Marina Yatsko tampak berlari ketika putranya yang masih bayi digendong ke rumah sakit oleh kekasihnya pada Maret 2022. Bayi itu adalah korban serangan Rusia di Mariupol, Ukraina. (AP Photo/Evgeniy Maloletka, File)</p>

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden Ukraina kepada Orang Rusia: Vladimir Putin Menghancurkan Anda

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengatakan kepada Rusia bahwa pemimpin mereka menghancurkan negara mereka.

Berbicara setelah Vladimir Putin menyampaikan pidato Tahun Baru yang dihadiri oleh orang-orang berseragam militer, Zelensky mengatakan presiden Rusia bersembunyi di belakang pasukannya, bukan memimpin mereka. 

Sabtu menyaksikan hari serangan mematikan di seluruh Ukraina, dan Zelensky mengatakan Ukraina tidak akan memaafkan Rusia.

Setidaknya satu orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/1/2023).

Ada serangan rudal lebih lanjut di Kyiv hanya beberapa jam memasuki tahun baru pada hari Minggu, kata para pejabat. Tidak ada laporan langsung tentang korban.

Kepala angkatan bersenjata Ukraina, Valerii Zaluzhny, mengatakan pertahanan udara telah menembak jatuh 12 dari 20 rudal jelajah Rusia pada Sabtu.

Serangan itu terjadi dua hari setelah salah satu serangan udara terbesar sejak dimulainya perang. Puluhan serangan dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan pemadaman listrik berulang kali.

Moskow telah berulang kali membantah menargetkan warga sipil, tetapi Putin baru-baru ini mengakui memukul fasilitas energi kritis.

3 dari 4 halaman

Serangan Tidak Manusiawi

Dalam sebuah pidato di saluran Telegram-nya, Zelensky mengatakan mereka yang melakukan serangan hari Sabtu tidak manusiawi.

Beralih dari Ukraina ke Rusia, ia kemudian menyerang Putin.

"Pemimpin Anda ingin menunjukkan kepada Anda bahwa dia memimpin dari depan, dan militernya ada di belakangnya," katanya.

"Tapi nyatanya dia bersembunyi. Dia bersembunyi di balik militernya, rudalnya, dinding tempat tinggal dan istananya.

"Dia bersembunyi di belakangmu, dan dia membakar negaramu dan masa depanmu. Tidak ada yang akan memaafkan Anda atas teror. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang akan memaafkan Anda untuk itu. Ukraina tidak akan memaafkan."

Mr Zelensky kemudian memberikan pidato tahun baru kepada rakyat Ukraina, berterima kasih kepada mereka atas upaya "luar biasa" mereka dalam memukul mundur kemajuan Rusia.

"Kami berjuang sebagai satu tim - seluruh negara, semua wilayah kami. Saya mengagumi Anda semua. Saya ingin berterima kasih kepada setiap wilayah Ukraina yang tak terkalahkan," katanya.

4 dari 4 halaman

Pidato Putin

Putin juga mengeluarkan pidato tahun baru yang disiarkan untuk masing-masing dari 11 zona waktu Rusia seperti yang mereka lihat pada tahun 2023.

Pemimpin Rusia itu mencoba mengumpulkan orang-orang di belakang pasukannya yang bertempur di Ukraina, dengan mengatakan masa depan negara itu dipertaruhkan.

Dalam suasana hati yang agresif, Putin berkata: "Kami selalu tahu, dan hari ini dikonfirmasi kepada kami lagi, bahwa masa depan yang berdaulat, merdeka, dan aman bagi Rusia hanya bergantung pada kami, pada kekuatan dan kemauan kami."

Dia mempresentasikan invasi wilayah kedaulatan Ukraina sebagai "membela rakyat kami dan tanah bersejarah kami" dan mengatakan "kebenaran moral, sejarah ada di pihak kami".

Putin juga menuduh Barat "memprovokasi" Moskow untuk melancarkan invasinya ke Ukraina pada 24 Februari.

"Barat berbohong tentang perdamaian. Itu sedang mempersiapkan agresi ... dan sekarang mereka dengan sinis menggunakan Ukraina dan rakyatnya untuk melemahkan dan memecah Rusia," katanya.

Ukraina dan Barat menolak klaim Rusia tentang dimulainya agresi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat