uefau17.com

Gembong Narkoba Tse Chi Lop 'El Chapo Asia' Diekstradisi ke Australia, Terancam Penjara Seumur Hidup - Global

, Melbourne - Tersangka gembong narkoba yang paling dicari di Asia telah diekstradisi ke Australia. Dia menghadapi potensi penjara seumur hidup.

Tse Chi Lop dituduh memimpin operasi narkoba bernilai miliaran dolar yang menjangkau beberapa negara di Asia Pasifik, dari Jepang hingga Selandia Baru.

Sosok terkenal yang statusnya di Asia telah lama dibandingkan dengan gembong narkoba Meksiko El Chapo, dia ditangkap di bandara Belanda tahun lalu oleh Interpol.

Setelah kasusnya berjalan hampir dua tahun, dia akhirnya diekstradisi pada Kamis (22/12/2022), demikian seperti dilaporkan BBC.

Polisi Australia merilis foto-foto petugas bersenjata yang mengawalnya turun dari pesawat di bandara Melbourne dengan borgol. Dia akan menghadapi pengadilan lokal pada hari Kamis.

Pria berusia 59 tahun itu diduga sebagai kepala salah satu sindikat narkoba bernilai miliaran dolar terbesar di dunia.

Perusahaan, juga dikenal sebagai Sindikat Sam Gor, mendominasi pasar obat-obatan terlarang di seluruh Asia. Polisi Australia memperkirakan sindikat itu bertanggung jawab atas 70% dari obat-obatan yang masuk ke Australia saja.

Mereka mengatakan kelompok itu menyelundupkan narkoba dalam jumlah besar - khususnya methamphetamine, juga heroin dan ketamine - ke negara itu dalam kemasan teh.

Tuduhan Australia terhadap Tse terkait dengan dugaan operasi dari 2012 hingga 2013, di mana muatan metamfetamin senilai A$4,4 juta (£2,45 juta; $2,98 juta) diperdagangkan ke negara tersebut.

Tindakan keras polisi pada saat itu menemukan hasil perdagangan narkoba di sebuah rumah di Melbourne termasuk uang tunai lebih dari A $ 4 juta, 99 tas desainer dan Lamborghini kuning.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diburu Satu Dekade

Skala dugaan perusahaannya adalah mengapa Tse dibandingkan dengan gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman.

Polisi Australia telah memburunya selama lebih dari satu dekade. Mereka mengatakan sebagian besar obatnya mengalir ke Sydney dan Melbourne.

Tse ditahan di Bandara Schiphol Amsterdam pada Januari 2021 saat mencoba naik pesawat.

Tse membantah tuduhan narkoba. Dia mengklaim bahwa penangkapannya diatur oleh otoritas Australia, dan berargumen bahwa polisi Australia telah secara ilegal mengatur pengusirannya dari Taiwan ke Kanada termasuk singgah di Belanda sehingga dia dapat ditangkap di sana.

 

3 dari 4 halaman

Penangkapan Melibatkan 20 Lembaga Lintas Benua

Upaya untuk menangkap Tuan Tse, Operasi Kungur, melibatkan sekitar 20 lembaga lintas benua dengan polisi Australia yang memimpin. Dia dikabarkan telah tinggal di Makau, Hong Kong dan Taiwan dalam beberapa tahun terakhir.

Dia sebelumnya menghabiskan sembilan tahun di penjara setelah ditangkap atas tuduhan perdagangan narkoba di AS pada 1990-an.

Polisi Australia mengatakan pria lain, berkebangsaan Inggris-China, juga akan diadili bersama Tse sebagai terdakwa bersama. Pria berusia 66 tahun itu diekstradisi dari Thailand pada Juni lalu.

4 dari 4 halaman

Istri Gembong Narkoba El Chapo Divonis 3 Tahun Penjara

Sementara itu, istri gembong narkoba Meksiko Joaquin “El Chapo” Guzman pada Selasa (30/11) dijatuhi hukuman tiga tahun penjara setelah mengaku bersalah membantu suaminya menjalankan organisasi kriminal bernilai miliaran dolar itu.

Emma Coronel Aispuro juga membantu suaminya merencanakan pelarian dramatis melalui terowongan yang digali di bawah sebuah penjara di Meksiko pada 2015 dengan menyelundupkan jam tangan yang memiliki penunjuk arah atau GPS kepadanya, yang disamarkan sebagai makanan. Demikian seperti dilansir dari laman VOA Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Tim jaksa memaparkan hal itu dalam sidang di pengadilan federal di Washington. Jam tangan itu membantu mereka yang menggali terowongan untuk menentukan lokasi El Chapo dan menghubunginya.

Pemimpin kartel Sinaloa itu kembali ditangkap setahun kemudian.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat