uefau17.com

21 Desember 2012: Oppa Gangnam Style Cetak Sejarah di YouTube - Global

, Seoul - Pada tanggal 21 Desember 2012, video musik untuk "Gangnam Style", sebuah lagu dari rapper Korea PSY, menjadi video YouTube pertama yang ditonton satu miliar kali.

Mengutip History, Selasa (20/12/2022), popularitas global video tersebut adalah studi kasus tentang kekuatan dan ketidakpastian konten viral internet. PSY telah terkenal di Korea selama satu dekade, serta mendapatkan penghargaan dan pengakuan, termasuk reputasinya yang kontroversial.

Meskipun musik pop Korea, atau K-pop, semakin populer di luar Korea Selatan, PSY bukanlah bintang internasional saat itu, hingga "Gangnam Style" dirilis pada 15 Juli 2012 sebagai single utama dari albumnya PSY 6 (Six Rules), Part 1. Video itu lah yang akhirnya membuat Psy menjadi sensasi global.

"Gangnam Style" adalah lelucon dari "posers and wannabes" yang diamati PSY di Distrik Gangnam yang modis di Seoul. Meskipun liriknya lucu, video itulah yang membuat lagu tersebut menjadi sensasi di luar Korea.

PSY dan lainnya menampilkan tarian "kuda tak terlihat", di mana penyanyi tersebut berpura-pura menunggang kuda dan sesekali melempar laso di berbagai lokasi termasuk kandang kuda, bus, lapangan tenis, dan tempat-tempat lain di sekitar Seoul.

Bagian refrain yang mengesankan dari "Hey sexy lady!" dan kesan video yang berlebihan, secara umum sukses menarik atensi pemirsa global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menginspirasi Banyak Parodi

Orang-orang seperti T-Pain, Britney Spears, dan Katy Perry memperhatikan video tersebut dan menarik perhatian ke media sosial.

Pada akhir Agustus 2012, video itu mengumpulkan lebih dari 3 juta tampilan YouTube dalam sehari, dan pada bulan Desember mencapai satu miliar tampilan — ini belum pernah terjadi sebelumnya di masa itu.

Seperti video viral lainnya, "Gangnam Style" menginspirasi banyak parodi, video reaksi, dan flash mob. Atlet, tokoh televisi, bahkan politisi — anggota dewan AS John Lewis merekam video dirinya melakukan tarian, dan Perdana Menteri Inggris saat itu David Cameron dilaporkan melakukannya bersama calon PM Boris Johnson di sebuah konferensi — bergabung dalam kegilaan viral tersebut.

Meskipun tidak lagi menjadi video yang paling banyak ditonton di YouTube, "Gangnam Style" adalah fenomena budaya yang tak terhindarkan, menjadi pengantar K-pop bagi jutaan orang di seluruh dunia dan sebagai contoh abadi dari kepopuleran internet.

3 dari 4 halaman

Paling Populer di Dunia, PSY Singkirkan Lee Min Ho dan BTS

Kendati demikian, kepopuleran "Gangnam Style" bertahan cukup lama. Bahkan, pada 2018, ketenaran PSY mengalahkan Lee Min Ho.

Berkat Lee Min Ho, budaya K-Pop dianggap makin merajalela di dunia, diwartakan KoreaHerald, Senin (23/7/2018).

Namun, Lee Min Ho ternyata tak cukup kuat menyingkirkan PSY. Rupanya pelantun "Gangnam Style" yang dianggap paling berpengaruh di dunia K-Pop era itu.

PSY berada di posisi teratas sebagai artis K-Pop paling populer di dunia. Lembaga Pertukaran Budaya Internasional mengeluarkan daftar "Artis Korea Selatan Terpopuler Menyebarkan Hallyu Wave" di dunia.

Hasilnya, PSY dengan lagu "Gangnam Style" ada di posisi pertama, diwartakan Korea Herald, Senin (23/7/2018). 

PSY dianggap sebagai fenomena di industri musik internasional. PSY dengan mudah berada di deretan tangga lagu ternama Billboard.

PSY menempati posisi pertama untuk Dance/Electronic Streaming Songs Artist, Rap Streaming Songs Artist dan World Digital Songs Artist. Selain itu, "Gangnam Styles" juga berhasil menyabet Dance/Electronic Streaming Songs, Rap Streaming Songs dan World Digital Songs.

Sementara itu, Lee Min Ho berada di posisi kedua dalam daftar ini. Lee Min Ho yang selalu tampil memesona dalam drama yang diperankannya, termasuk Boys Over Flowers (2009), The Heirs (2013), hingga Legend of the Blues Sea (2016-2017).

Lee Min Ho disebut-sebut berhasil mengumpulkan penggemar di Asia dan Timur Tengah. Hal itu yang membuat Lee Min Ho juga menjadi kunci penting dalam hallyu wave di era modern.

4 dari 4 halaman

Lirik Lagu That That dari PSY dan Suga BTS Trending Nomor 2, Belum 24 Jam Ditonton 25 Juta Kali

Di tahun 2022 ini, PSY kembali ramaikan dunia K-pop dengan lagu terbarunya yang berkolaborasi dengan salah satu anggota BTS.

Salah satu kolaborasi paling ditunggu tahun ini akhirnya diperkenalkan ke publik dan disambut hangat. PSY dan Suga BTS merilis single baru bertajuk “That That” yang energik.

Menyinggung soal rindu karena lama tak jumpa, 2022, dan pandemi yang mewarnai dunia, “That That” menyita perhatian khalayak setelah video klipnya meluncur di YouTube, pada Jumat (29/4/2022).

Pada April lalu, video musik “That That” telah ditonton 25 juta kali dalam waktu kurang dari 24 jam. Pencapaian ini menempatkannya di peringkat kedua dalam daftar trending kategori musik.

Video klipnya yang meriah merefleksikan gelora semangat yang menancap pada larik lirik. 

 

Penulis: Safinatun Nikmah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat