uefau17.com

Bom Meledak di Jalanan Turki, 8 Polisi Terluka - Global

, Ankara - Delapan petugas polisi Turki terluka pada Jumat (16/12) setelah sebuah bom meledak di sebuah kendaraan pinggir jalan.

Kala itu sebuah minibus mereka melintas di jalan raya di tenggara provinsi Diyarbakir, kata sumber keamanan Turki.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan, dua orang telah ditahan dan diyakini sebagai pelaku ledakan tersebut.

"Ada ledakan di sebuah kendaraan yang diparkir pada pukul 05.10 pagi saat sebuah kendaraan polisi akan bekerja di Diyarbakir," katanya.

Kantor gubernur Diyarbakir mengatakan, bom itu tidak melukai siapa pun secara kritis, tetapi sembilan orang yang berada di dalam minibus lapis baja telah dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan.

Ledakan itu terjadi di dekat pasar ternak sekitar 10 km selatan pusat Diyarbakir, kota terbesar di kawasan itu, kata sumber itu.

Tidak ada klaim tanggung jawab atas ledakan ini.

Sebelumnya, sebuah bom menewaskan enam orang dan melukai puluhan lainnya di kota terbesar Turki, Istanbul, bulan lalu.

Puluhan orang, termasuk seorang wanita Suriah, ditahan sebagai tersangka.

Turki menyalahkan militan Kurdi atas ledakan itu, tetapi tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab saat itu. Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi membantah terlibat.

PKK melancarkan pemberontakan melawan negara Turki pada tahun 1984, sebagian besar terfokus di tenggara Turki yang sebagian besar adalah Kurdi. Lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik tersebut.

Itu dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ledakan di Tambang Batu Bara Turki

Sementara itu, ledakan tambang batu bara pernah terjadi di Turki. Puluhan orang dilaporkan meninggal dunia.

"41 orang tewas setelah ledakan di tambang batu bara di Turki utara," kata presiden negara itu seperti dikutip dari BBC.

Penemuan jasad terakhir yang hilang mengakhiri operasi penyelamatan, lebih dari 20 jam setelah ledakan mematikan Jumat 14 Oktober.

Sebelumnya menteri dalam negeri Turi mengatakan 58 orang yang bekerja di tambang batu bara ketika ledakan terjadi diselamatkan atau keluar sendiri.

Suleyman Soylu mengatakan 10 orang masih dirawat di rumah sakit dan satu lainnya telah dipulangkan.

 

3 dari 3 halaman

110 Orang di Lokasi Tambang

Sekitar 110 orang berada di tambang pada saat ledakan Jumat, hampir setengah dari mereka berada di kedalaman lebih dari 300 meter (984 kaki).

Kru darurat telah bekerja sepanjang malam, menggali batu untuk mencoba menjangkau orang yang selamat.

Rekaman video menunjukkan para penambang muncul dengan mata  hitam dan kemerahan disertai penyelamat di fasilitas di Amasra, di pesisir Laut Hitam.

Keluarga dan teman-teman yang hilang juga terlihat di tambang, dengan cemas menunggu kabar dari orang yang mereka cintai.

Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengunjungi situs di Provinsi Bartin, bersama dengan menteri lainnya, dan memastikan orang terakhir yang hilang telah ditemukan tewas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat