uefau17.com

Bangunan Tempat Toilet Tertua di Jepang Rusak Tertabrak mobil - Global

, Kyoto - Seorang pria yang tugasnya membantu melestarikan warisan budaya Jepang secara tidak sengaja menabrakkan mobilnya ke toilet tertua di negara itu. Benda bersejarah di sebuah kuil Buddha yang berusia berabad-abad.

Toilet komunal di Tofukuji di Kyoto berasal dari abad ke-15 dan ditetapkan sebagai aset budaya yang penting.

"Pintu kunonya hancur setelah karyawan itu menginjak gas tanpa menyadari mobil itu mundur," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Rabu (19/10/2022).

Tidak ada yang terluka dan jamban yang ada di dalamnya tetap utuh.

Pria yang tidak disebutkan namanya, yang bekerja di Kyoto Heritage Preservation menelepon polisi segera setelah kecelakaan itu, memberi tahu mereka bahwa dia telah menabrak kuil. Dia dikatakan mengunjungi kuil untuk urusan bisnis, menurut surat kabar Sankei Shimbun.

Sebuah foto di surat kabar menunjukkan apa yang tampak sebagai mobil setelah menabrak pintu kayu dan pilar toilet berusia 700 tahun.

Toilet umum yang tidak digunakan - dikenal sebagai tōsu - dibangun pada paruh pertama periode Muromachi (1336-1573) dan terletak di dalam kuil Tofukuji.

Dijuluki "hyakusecchin", yang berarti toilet 100 orang, karena digunakan oleh lebih dari 100 biksu magang di kuil yang mempraktikkan disiplin diri religius, surat kabar Asahi Shimbun melaporkan.

Surat kabar Asahi Shimbun menggambarkannya sebagai struktur yang berisi barisan batu yang menahan sekitar 20 lubang melingkar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toilet Kuno di Yerusalem

Toilet kuno lainnya ada di Yerusalem.

Balok batu kapur persegi dengan lubang di tengahnya ini adalah toilet yang merupakan bagian dari tanah kerajaan megah di abad ke-7 SM, menurut Otoritas Barang Antik Israel. Di bawah tanah itulah mereka menemukan tangki septik yang dipahat dari batu.

Temuan langka, kata direktur penggalian Jaakov Billig, hanya orang kaya yang mampu membeli toilet.

Selain itu, Bangsa Sumeria di Mesopotamia antara 3.500 dan 3.000 SM. Foto ini menunjukkan toilet Romawi kuno di situs arkeologi Leptis Magna di Libya.

Bagi bangsa Romawi, pergi ke kamar mandi jauh dari sekadar urusan pribadi, melainkan sudah seperti acara sosial. Jamban-jamban itu tidak memiliki partisi, menawarkan ruang untuk 60 orang sekaligus.

3 dari 4 halaman

Toilet Seni

Sementara itu, ada juga toilet unik dengan karya seni.

Arsitek ternama Belanda Rem Koolhaas merancang toilet unisex ini pada tahun 2006 sebagai proyek seni "A Star is born" di Groningen.

Selain itu arsitek dan seniman kelahiran Austria Friedensreich Hundertwasser mendesain kamar mandi ini dengan gaya khasnya yang unik, penuh warna, dan menyenangkan. Ini hanyalah satu dari banyak ruangan di bangunan yang dia berikan, di sebuah kota Kawakawa, Selandia Baru, tempat dia tinggal bertahun-tahun hingga kematiannya pada tahun 2000.

Para Wisatawan yang mengunjungi Mongolia Dalam pasti akan menemukan toilet gurun pasir ini di Teluk Xiangsha, tempat penginapan pertama di timur Gurun Kubuqi, China. Lebih dari 40% populasi dunia kekurangan fasilitas kebersihan sanitasi yang memadai. "Tidak akan ada masa depan yang berkelanjutan tanpa toilet," dikutip dari situs PBB.

4 dari 4 halaman

Toilet Unik

Pada tahun 2020, NASA menghabiskan $23 juta (327 miliar rupiah) untuk membuat dua toilet di luar angkasa, toilet termahal yang pernah ada. Berbeda dengan model sebelumnya, toilet 2003 dalam modul "Zvezda" Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS, model terbarunya dirancang untuk perempuan.

Sementara pada 2016/2017, pengunjung Museum Guggenheim di New York dapat menggunakan toilet emas 18 karat berjudul "Amerika", yang dipasang oleh seniman Italia Maurizio Cattelan.

"Apa pun yang Anda makan, makan siang seharga 200 dolar atau hot dog 2 dolar, hasilnya sama dari sudut pandang toilet," kata sang seniman. Namun karya seni itu dicuri pada 2019, ketika sedang dipamerkan di Inggris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat